Pencari Karir Pencari Kandidat

8 Pekerjaan Freelance Yang Cocok Untuk Mahasiswa

01 Desember 2022 16:12 1781 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

 

Saat ini tidak sedikit mahasiswa yang bekerja sebagai freelance, selain dinilai bisa memberikan uang jajan tambahan. Bekerja sebagai freelance juga akan memberikan pengalaman bekerja yang nyata serta menjadi portofolio untuk mahasiswa.

 

Seperti yang kita tahu bahwa pekerjaan freelance saat ini bisa dikerjakan oleh siapa saja dan kapan saja, termasuk oleh mahasiswa. Mungkin kamu juga merupakan salah satunya.

 

Alasan lain kenapa mahasiswa bekerja freelance biasanya karena mereka ingin sekalian mengasah skill yang sudah mereka punya di bangku kuliah, maka kamu tidak usah heran jika saat memesan jasa freelance kebanyakan yang mengerjakannya akan anak mudah atau mahasiswa.

 

Ada beberapa pekerjaan yang Cocok untuk dikerjakan oleh mahasiswa baik itu mahasiswa semester awal atau akhir, biasanya pekerjaan freelance ini akan relate dengan jurusan yang diambil atau juga bisa dikerjakan oleh setiap jurusan perkuliahan. Lalu apa saja pekerjaannya? Mari simak hingga akhir dibawah.

 

8 Pekerjaan Freelance Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Dengan ada banyaknya lowongan freelance tentu akan sangat membantu bagi para mahasiswa, baik itu untuk membayar kuliah, membayar kosan, atau bahkan untuk uang jajan tambahan.

 

Setidaknya ada 8 jenis pekerjaan yang bisa kami rekomendasikan untuk kamu para mahasiswa, untuk pekerjaannya yaitu sebagai berikut.

 

Desain Grafis

 

 

Pekerjaan freelance yang cocok untuk mahasiswa yang pertama adalah bekerja sebagai freelance desain grafis. Pekerjaan ini bisa dikerjakan oleh mahasiswa dari jurusan apapun selama kamu memiliki skill dalam mendesain serta menguasai setidaknya satu tools editing.

 

Desain grafis sendiri identitas dengan pekerjaan yang sering diambil oleh para mahasiswa desain atau DKV, namun tidak menutup kemungkinan jurusan lain seperti Teknik Informatika, Sistem informasi, bahkan jurusan pendidikan sekalipun bisa mengerjakan pekerjaan freelance ini.

 

Untuk cakupan dari pekerjaan desain grafis sendiri cukup beragam, mulai dari membuat sebuah poster, desain sosial media, hingga banner sebuah event. Mungkin jika kamu mahasiswa yang sering membuat beberapa desain tersebut dalam organisasi kemahasiswaan maka kamu bisa mengimplementasikan nya dalam dunia freelance dan menjadi seorang freelance desain grafis.

 

Penghasilan yang akan kamu dapatkan dari hasil menjadi seorang freelance desain grafis cukup beragam tergantung dari tingkat kesulitan desain yang kamu buat, namun biasanya jasa ini akan diberikan Harga Rp. 50 ribu - Rp 1 juta. Namun tidak menutup kemungkinan bisa lebih besar.

 

Admin Sosial Media 

 

 

Jika kamu seorang mahasiswa yang suka main sosial media maka pekerjaan freelance yang satu ini bisa cocok untuk kamu, pekerjaannya yaitu menjadi seperti admin sosial media.

 

Menjadi admin sosial media kamu akan bertugas untuk membalas setiap komentar, hingga pesan yang masuk dari client. Pekerjaan ini bisa dikerjakan oleh setiap jurusan kuliah asalkan mahasiswa tersebut memiliki minat dalam sosial media.

 

Pendapatan dari seorang admin sosial media sendiri cukup besar bagi seorang mahasiswa, dan untuk kisaran harga dari jasanya yaitu Rp. 100 ribu - Rp. 1 juta. Nominal harga jasa tersebut akan berubah tergantung dari seberapa lama kamu menjadi admin dalam projects tersebut.

 

Developer

 

 

Pekerjaan freelance yang menghasilkan banyak uang dan cocok dikerjakan oleh seorang mahasiswa adalah pekerjaan freelance menjadi seorang developer. Freelance developer sendiri biasanya identik dengan mahasiswa jurusan komputer atau teknik informatika.

 

Yang mana biasanya mahasiswa jurusan tersebut mempelajari mengenai bahasa pemrograman untuk membuat website, mobile aplikasi, hingga aplikasi untuk PC.

 

Biasanya mahasiswa jurusan komputer ini sering membuka jasa freelance developer saat masih menjadi mahasiswa, hal ini karena selain bisa mendapatkan uang dari hasilnya. Mereka juga bisa menambah jam terbang dan pengalaman dalam dunia Programing.

 

Selain itu hasil dari Project nya bisa dibuat untuk menjadi portofolio yang akan berguna saat nantinya mereka melamar pekerjaan disuatu perusahaan. Pendapatan seorang freelance developer sendiri cukup besar jika dibandingkan dengan pekerjaan freelance lain.

 

Dalam satu kali projects bisa mencapai Rp. 2 juta - Rp 10 juta dalam satu kali projects, harga tersebut sebanding dengan pekerjaan seorang developer yang pekerjaannya merupakan salah satu pekerjaan yang rumit.

 

Accounting

 

 

Pekerjaan freelance yang cocok untuk mahasiswa berikutnya adalah bekerja sebagai freelance accounting, setelah sebelumnya pekerjaan yang identik untuk mahasiswa komputer adalah Programmer, pekerjaan accounting ini menjadi pekerjaan yang identik dengan mahasiswa jurusan akuntansi.

 

Bekerja menjadi seorang freelance accounting kamu akan bertanggung jawab untuk memeriksa serta melakukan verifikasi transaksi keuangan dari perusahaan. Tidak hanya itu kamu juga harus bisa melakukan pencatatan serta pendokumentasian, dan bertugas untuk menyusun laporan keuangan perusahaan.

 

Gaji seorang accounting ini cukup besar dan bisa sangat membantu mahasiswa untuk membayar uang semester mereka, untuk harga jasanya adalah sekitar Rp. 500 ribu - Rp. 3 juta. Dan untuk gaji ini biasanya tergantung dari tempat atau perusahaan yang memberikan pekerjaan.

 

Voice Over

 

 

Berikutnya adalah menjadi freelance voice over, jika kamu mahasiswa yang memiliki hobi mengolah suara maka pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu. Kebanyakan dari mahasiswa yang bekerja sebagai freelance Voice Over biasanya mahasiswa dari jurusan seni. Namun tidak menutup kemungkinan mahasiswa dari jurusan lain juga bisa karena Voice Over merupakan keahlian yang bisa diasah dengan berlatih.

 

Saat kamu bekerja sebagai freelance voice over nantinya kamu akan mengerjakan sebuah Project pengisi suara karakter dalam suatu film atau video. Dan untuk bayarannya tergantung dari film apa yang kamu perankan.

 

Untuk jenis film pendek episode biasanya setiap episode nya kamu akan dibayar Rp. 500 ribu - Rp 1 juta. Dan untuk film movie bayarannya akan lebih besar bisa mencapai Rp. 4 juta - Rp 10 juta. Bayaran tersebut juga akan tergantung dari pihak yang mengeluarkan pekerjaan. Jika kamu mendapatkan projects voice over untuk film internasional atau luar negeri bisa saja gaji yang didapat lebih besar.

 

Content Writer 

 

 

Bagi kamu mahasiswa yang hobi menulis maka bekerja sebagai freelance content writer bisa kamu coba. Freelance content writer akan bekerja membuat sebuah tulisan baik itu untuk website atau sosial media perusahaan.

 

Untuk jenis content nya bisa saja membuat sebuah artikel untuk blog atau juga sebagai Copywriting untuk ide content sosial media. Pekerjaan ini menjadi salah satu pekerjaan yang mudah untuk dikerjakan dan bisa dikerjakan oleh siapapun bahkan oleh mahasiswa.

 

Setiap mahasiswa dari berbagai jurusan bisa menjadi seorang content writer selama mereka menyukai dan hobi menulis. Untuk pendapatan yang bisa kamu dapat dari bekerja sebagai freelance content writer cukup beragam. Namun biasanya jasa freelance content writer akan mematok harga jasa dari jumlah tulisan yang dibuat.

 

Per 1000 kata ada yang mematok harga Rp 100 ribu dan ada juga yang mematok harga lebih kecil atau lebih besar dari itu, semua tergantung dari perusahaan yang memberikan pekerjaan dan kualitas dari tulisan.

 

Penonton Bayaran Live Streaming 

 

 

Pekerjaan freelance berikutnya yang cocok dikerjakan oleh mahasiswa adalah menjadi penonton bayaran live streaming, menjadi seorang penonton bayaran live streaming bisa kamu coba untuk mendapatkan uang jajan tambahan. 

 

Biasanya pekerjaan ini sering dibuka oleh perusahaan yang sedang mengadakan sebuah event namun penontonnya masih minim atau sedikit. Pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang cukup mudah dikerjakan karena kita hanya perlu menyiapkan internet saja dan menonton hingga acaranya selesai.

 

Uang yang akan didapatkan dari hasil bekerja sebagai freelance penonton bayaran biasanya sekitar Rp 50 ribu - 200 ribu dalam satu kali live streaming.

 

Responden Survei 

 

 

Pekerjaan freelance cocok untuk mahasiswa yang terakhir adalah bekerja sebagai freelance responden survei. Seperti yang kita ketahui bahwa di kampus merupakan tempat terjadinya banyak penelitian yang dilakukan baik itu oleh dosen atau mahasiswa.

 

Biasanya untuk membuat penelitian tersebut valid dibutuhkan sebuah data dari hasil survei atau Kuesioner, dari adanya kesempatan ini sebagai mahasiswa kamu bisa memanfaatkan nya dengan cara membuat jasa responden survei. Kamu bisa mematok harga untuk satu kali mengisi survey, misalnya seharga Rp. 1000 - Rp 5000 dalam satu kali mengisi survey. 

 

Penutup 

Nah mungkin hanya itu saja pembahasan kali ini mengenai 8 pekerjaan freelance yang cocok untuk mahasiswa, jika kamu seorang mahasiswa dan ingin mendapatkan uang jajan tambahan maka kamu bisa mencoba beberapa pekerjaan freelance di atas tadi.

 

Untuk bisa mendapatkan pekerjaan tersebut kamu bisa mencari informasi mengenai lowongan kerja freelance di atas melalui TopKarir. Disini kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya seputar pengembangan karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

Komentar