Pencari Karir Pencari Kandidat

Freelance Voice Over Hasilkan Uang Dari Mengisi Suara Karakter!

10 November 2022 13:11 2689 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 2 KALI DIBAGIKAN

Freelance Voice Over merupakan pekerjaan yang yang mungkin belum banyak orang tahu, namun meskipun demikian pekerjaan sebagai freelance voice over ini cukup menjanjikan.

 

Menjadi seorang freelance dalam bidang kreator dan membuat sebuah karya tentunya bisa dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menjadi seorang Voice Over atau Dubber. Kamu bisa langsung terlibat dalam pembuatan sebuah karya film dan berkarir menjadi seorang Voice Over profesional di masa depan.

 

Saat kamu terjun dalam dunia kreator dan bekerja sebagai Voice Over professional tentu akan menjadi salah satu pekerjaan yang diimpikan karena, berkarir dalam bidang kreator khususnya voice over memiliki pendapatan yang besar serta karya kita sebagai Voice Over dalam sebuah film akan tetap ada dan dikenang.

 

Untuk menjadi seorang kreator profesional dalam bidang pengisi suara, kamu bisa memulai dengan menjadi seorang freelance Voice Over dan terlibat dalam pembuatan karya film bersama para kreator lain. Selain itu kamu juga harus bisa menguasai beberapa kemampuan seperti pendalaman karakter hingga menguasai Intonasi suara.

 

Bagi kamu yang ingin mengetahui mengenai pekerjaan yang satu ini, kamu bisa menyimak pembahasan dibawah hingga akhir. 

 

Apa Itu Freelance Voice Over? 

Freelance Voice Over singkat merupakan orang yang melakukan proses pengisian suara karakter, Voice Over akan melakukan proses pengisian suara dari sebuah karakter pada film atau video sesuai dengan naskah film yang sudah disediakan oleh produser. 

 

Jadi voice over hanya perlu mengikuti naskah saja dalam bekerja, meskipun begitu para voice over juga harus bisa improvisasi jika ada adegan yang memang tidak ada di naskah film.

 

Lalu apa bedanya Voice Over dengan Dubber? Jawabannya tentu saja berbeda. Untuk Dubber berperan dalam Mengisi suara dari yang awalnya bahasa dari karakter film tersebut menggunakan bahasa asli, misalnya bahasa Inggris. Maka seorang Dubber berperan mengganti bahasa dari suara karakter tersebut misal menjadi bahasa Indonesia dengan cara melakukan rekaman ulang suara dengan bahasa tertentu.

 

Sedangkan untuk voice over merupakan orang yang memang mengisi suara dari karakter dari awal film hingga akhir dengan membaca naskah, dan menjadikan suara karakter tersebut sepenuhnya suara dari Voice Over itu sendiri.

 

Cara Menjadi Freelance Voice Over 

Menjadi seorang freelance Voice Over tentunya memiliki berbagai cara, serta kita harus melalui beberapa proses atau tahapan, dan untuk caranya yaitu sebagai berikut.

 

1. Berlatih Intonasi

Cara pertama agar kamu bisa menjadi seorang freelance Voice Over adalah harus menguasai Intonasi suara, oleh karena itu kamu harus mulai berlatih dan mengikuti beberapa pelatihan yang memang bisa mengupgrade skill kamu.

 

Selain itu kamu juga bisa berlatih Intonasi secara otodidak dengan mengandalkan tutorial dari YouTube atau google, lalu mempraktekkannya.

 

Intonasi ini sangat penting bagi seorang freelance Voice Over, karena agar suara kamu bisa masuk pada karakter yang akan kamu isi suaranya maka wajib rasanya Intonasi harus dikuasai dengan benar.

 

2. Bisa Edit Video

Karena menjadi seorang freelance Voice Over tidak sama dengan menjadi Voice Over profesional yang memiliki tim banyak, seorang freelancer Voice Over harus bisa untuk mengikuti minimal basic dari skill editing video.

 

Dengan kamu menguasai skill editing video maka hasil pengisian suara karakter bisa kamu edit sendiri. Saat ini ada berbagai software editing yang bisa kamu pelajari untuk menunjang pekerjaan sebagai freelance voice over mulai dari, Adobe premiere hingga menggunakan aplikasi CapCut di handphone.

 

3. Harus Mendalami Karakter

Cara menjadi seorang freelance Voice Over berikutnya adalah kamu harus bisa mendalami karakter, sebagai seorang freelance Voice Over yang akan mengisi suara dari karakter. Tentu kamu mengetahui dan mendalami karakter tersebut.

 

Cara mudah untuk bisa mendalami karakter yang akan kamu isi suaranya adalah dengan memahami Naskah yang dibaca serta membayangkan kejadian yang ada pada naskah benar-benar terjadi di dunia nyata.

 

Ini bertujuan agar saat kamu Mengisi karakter tersebut bisa lebih totalitas dan menjiwai, alhasil jika kamu menguasai hal ini para penonton film yang kamu isi suaranya nanti akan lebih menghayati dan terbawa emosi.

 

4. Bisa Mengolah Audio

Sama halnya dengan menguasai skill editing video, freelance Voice Over juga harus bisa mengolah audio hasil rekaman suara.

 

Agar hasil dari proses rekaman suara Memiliki kualitas yang baik tentunya suara yang dihasilkan juga hasil diolah kembali, misalnya kamu bisa menyesuaikan volume dari tiap-tiap Intonasi hingga meningkatkan kualitas dari suara agar lebih jernih.

 

Saat kamu menguasai bagaimana cara mengolah audio tentunya hasil dari rekaman suara menjadi lebih enak di dengar oleh penonton dari video atau film yang kamu isi suaranya.

 

5. Gabung Komunitas Voice Over 

Untuk bisa menambah networking dalam dunia freelance Voice Over tentunya kamu juga harus bergabung dalam beberapa komunitas voice over, selain mendapatkan networking, kamu juga bisa mendapatkan informasi mengenai projects freelance Voice Over dari anggota komunitas lain.

 

Selain itu kita juga bisa mendapatkan informasi terbaru seputar dunia Voice Over yang tentunya dapat membantu kita dalam meningkatkan skill pengisian suara.

 

Untuk bisa bergabung dalam komunitas Voice Over tersebut caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mencari group pada sosial media, contohnya pada sosial media Facebook yang menghadirkan banyak sekali komunitas bagi para Voice Over di Indonesia.

 

6. Buat Mini Projects Voice Over Untuk Portofolio 

Cara terakhir untuk menjadi seorang freelance Voice Over adalah dengan membuat mini projects untuk portofolio jasa freelance kamu. 

 

Saat kamu memiliki sebuah Project yang pernah dikerjakan sebelumnya, tentu hal ini akan menjadi suatu nilai tambah bagi kamu.

 

Karena biasanya para client saat merekrut seorang freelance akan melihat juga apakah Freelancer tersebut sudah memiliki projects serupa yang pernah dikerjakan sebelumnya atau tidak, Dan hal tersebut dibuktikan dari portofolio milik freelancer.

 

Penghasilan Seorang Freelance Voice Over Dalam Satu Kali Projects 

Menjadi seorang freelance Voice Over tentunya menjadi salah satu peluang pekerjaan yang memiliki prospek bagus, meskipun saat ini masih belum banyak dikenal orang namun profesi ini ternyata memberikan penghasilan yang cukup besar dalam satu kali projects nya.

 

Untuk penghasilan dari seorang Voice Over sendiri tergantung dari Project yang sedang dikerjakan, dan tiap Project tersebut cukup bervariasi tergantung dari client dan tempat Voice Over bekerja.

 

Jika kamu menjadi seorang Voice Over dalam sebuah proyek film yang memiliki episode, maka biasanya penghasilan yang akan kamu dapatkan dihitung per episode dan untuk satu episode nya seorang Voice Over akan mendapatkan penghasilan sekitar Rp. 600.000 - Rp. 5 juta

 

Sedangkan jika kamu mengisi Voice Over untuk film movie maka akan dihitung dari durasi film tersebut, biasanya dalam satu kali film kamu bisa mendapatkan penghasilan Puluhan hingga Ratusan juta dalam satu kali projects.

 

Gimana Tertarik Untuk Menjadi Seorang Voice Over atau Dubber?

Bagi kamu yang tertarik untuk menjadi seorang Voice Over atau Dubber kamu bisa mengikuti program TOP VOICE TALENT” yang diselenggarakan oleh TopKarir berkolaborasi secara eksklusif bersama ACTPRO Indonesia.

 

Disini kamu bisa mendapatkan penghasilan dari pekerjaannya sebagai pengisi suara. Dan dalam perjalanan karir kamu menjadi seorang Voice Over profesional tidak menutup kemungkinan bisa menjadi salah satu pengisi suara di film-film box office internasional.

 

Cara daftarnya cukup mudah kamu hanya perlu mendaftar diri pada link berikut TOP VOICE TALENT dan masukan kode sahabat : cumicumi

 

Jadi tunggu apalagi ayo daftarkan diri kamu sekarang!

Komentar