KANDIDAT PERUSAHAAN

Tulis Kelebihanmu Sebelum Interview, Ini Manfaatnya

24 Maret 2021 20:03 4369 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 4 KALI DIBAGIKAN

Sesi interview pasti selalu menjumpai pertanyaan untuk mendeskripsikan kelebihanmu dalam dunia kerja. Pertanyaan tersebut memang dibuat untuk mengetahui seberapa besar potensi kamu dan seberapa besar dapat digali lebih dalam. Pasalnya HRD akan menilai seberapa jauh keterlibatan dan peranan penting kamu dalam histori pekerjaan kamu sebelumnya. Untuk itu kamu perlu menuliskan kelebihan kamu sebelum interview.

 

Untuk Menghindari Keluarnya Kata “umm”

 

Dalam interview keluarnya kata “umm” memiliki arti bahwa kamu kurang jujur dalam menjawab pertanyaan. Selain itu kamu juga memiliki rasa percaya diri yang kurang. Sehingga hal ini perlu menjadi catatan pribadi kamu untuk berubah dalam rencana pekerjaan kamu selanjut

 

Mendeskripsikan Diri Apa Adanya

 

Dengan mendeskripsikan diri kamu secara jujur, maka kamu akan memiliki catatan sendiri akan nilai kejujuran. Selain itu kamu akan mampu mengontrol adanya bentuk kelemahan yang ada di diri kamu.

 

Menggali Potensi Baru

 

Dengan menuliskan kelebihan, kamu dapat menemukan serta menggali potensi baru yang ada dalam diri kamu. Potensi baru kamu pasti bisa menjadi soft skill yang terpendam dan menjadikan aset yang berharga untuk karir kamu di kemudian hari.

 

Menjadi Lebih Mengenali Diri Sendiri

 

Dalam menulis kelebihan kamu sebelum interview kerja, hal tersebut mampu membuat kamu lebih mengenali diri sendiri. Ini artinya kamu mampu intropeksi dan mengontrol diri kamu agar tidak berlebihan dan memiliki etika bekerja yang baik. Serta mampu menghargai atasan serta rekan kerja kamu tanpa memberikan streotype sebagai pesaing kerja.

 

Bisa Memulai Membuat Career Plan

 

Kamu memiliki kesempatan ekstra dan langka dalam menentukan career plan. Seluruh rencana karir ke depannya akan terlihat lebih tertata dan rapih. Kamu juga akan semakin mengerti bagaimana kamu dalam jangka waktu minimal 2 tahun ke depan. Dengan mengetahui seluruh kelebihan kamu maka kamu akan lebih paham kapasitas kamu dalam keterlibatan industri yang sedang kamu geluti ini.

 

So, Ceritakan dan tulis dengan seksama kelebihan dari diri kamu, karena itu semua adalah potensi emas Sahabat TopKarir.

Komentar