Pencari Karir Pencari Kandidat

Tips Menjadi Karyawan Baru Biar Oke di Bulan Pertama

24 Maret 2021 20:03 1942 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 2 KALI DIBAGIKAN

Mendapatkan pekerjaan adalah sesuatu hal yang sangat membahagiakan, hal lumrah jika kamu merasa grogi saat bekerja di hari pertama. Hal yang paling umum yaitu adaptasi dengan lingkungan kerja, rekan kerja, bos dan pekerjaan itu sendiri. Nah cara beradaptasi di tempat kerja baru pun ada strateginya, berikut ini beberapa tips saat menjadi karyawan baru yang bisa kamu terapkan, yuk disimak ya!

 

  • beradaptasi dengan rekan kerja

Di hari pertama kerja, jangan terlalu mencemaskan rasa takut atau respon rekan kerja kamu nantinya. Coba untuk memberanikan diri dengan turut bergabung bersama karyawan lain pada saat-saat jam makan siang, agar kamu bisa lebih cepat akrab dengan rekan kerjamu. Jangan ragu untuk membuka percakapan atau bertanya ya. 

 

  • Usahakan datang tepat waktu

Usahakan datang sebelum bos dan karyawan lainnya datang, kamu bisa memiliki waktu banyak untuk menyiapkan atau mempelajari lebih banyak tentang pekerjaan yang akan kamu kerjakan. karena hal itu pastinya akan memberikan kesan negatif baik dari bos maupun dari rekan sekerja.

 

  • Pilih seseorang menjadi mentor

Pilihlah seorang senior yang bisa kamu jadikan tempat bertanya, baik tentang pekerjaan, lingkungan kerja, atau bahkan politik kantor dan mintalah saran-saran untuk percepatan karirmu. Mentor tersebut tidak harus dengan karyawan di departemen yang sama, tapi carilah seseorang yang pengetahuan atau keahlian ingin kamu serap darinya.

 

  • Berbaur setelah jam pulang kantor

Salah satu cara terbaik untuk berbaur dengan rekan kerja adalah setelah jam kerja. Bisa dengan bermain  game bareng, olahraga bareng, minum kopi bareng atau sekedar nonton bioskop. Sebagai karyawan baru, jika mendapat ajakan untuk bergabung dengan mereka, jangan ragu untuk menerimanya.

 

Nah, itulah empat hal yang perlu diperhatikan ketika menjadi karyawan baru, menjadi karyawan baru tak setakut itu kok. Yuk temukan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya! 

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
5 Tips Jitu Menjadi Barista Idaman

5 Tips Jitu Menjadi Barista Idaman

Masih ingat nggak pas Pak Jokowi ikutan minum ‘kopi susu tetangga”? Iya, betul Bapak Presiden  ke-7 ini lagi giat dengan semangat rintisan UMKM dan menduniakan produk lokal. Dalam kunjungan, ke salah satu kedai UMKM tersebut Jokowi menyarankan ini ide bagus yang harus dikembangkan. Nah, tentunya dalam suksesnya rasa yang khas dan sesuai dengan selera pelanggan ada seorang barista yang tidak bisa dilupakan jasanya.   Kamu harus tau menjadi barista tidaklah mudah. Seorang barista harus paham dan mengetahui selera pelanggan. Untuk kamu yang memiliki passion karir menjadi barista, harus memahami 5 langkah ini biar kamu tidak dilupakan jasanya sebagai barista.   Tebar Senyum   Modal terbar senyum itulah yang diharuskan untuk profesi sebagai barista. Barista wajib untuk senyum karena senyum adalah bahasa universal untuk melebur suasana kaku. Kamu bisa jamin kalau saja bertemu barista yang tidak murah senyum, maka sudah dipstikan rasa kopi yang dibuat akan sangat berbeda rasanya.   Bertanya Hal Kecil   Sebagi seorang barista, kamu harus peduli dengan penikmat kopi yang datang. Kamu bisa bertanya hal kecil, seperti “gimana kabarnya bro?”. Pertanyaan ini tidak merugikan kamu, justru nilai ramah akan menjadikan kamu untuk tidak dilupakan jasanya sebagai barista.   Tanyakan Rasa Kopi Buatan Kamu   Kamu bisa menanyakan kepuasan rasa yang didapat oleh pembeli kopi. Tujuannya adalah untuk mendapatkan feed back dari konsumen. Dengan ini pelanggan juga akan merasa diperhatikan untuk kualitas rasa yang disajikan.     Bercerita Tentang Varian Kopi Kepada Pelanggan   Kamu pernah ingat dengan Film AADC2, dimana rangga diajak berbicara tentang kopi oleh barista. Teknik ini bisa dicoba untuk kamu yang ingin tidak dilupakan jasanya menjadi barista terkenal. Memberi informasi mengenai ragam kopi yang ada di lokal maupun dunia kepada pencinta kopi tiadak ada ada salahnya Sahabt TopKarir, justru konsumen kamu akan semakin percaya bahwa kamu memanglah ahli dalam urusan meracik kopi.   Point Terpenting: Ingat Nama Konsumen Setia   Kamu harus banget nih ingat nama konsumen setia kamu. Ketika dia memesan kopi di meja kamu, kamu harus menyapa dia dengan nama ya. Teknik ini tentunya teknik untuk menciptakan repeat order, karena pelanggan kamu merasa seperti ada keramahan rumah di kedai kopi tempat kamu bekerja.   Itulah tips menjadi barista yang tentunya tidak akan dilupakan jasanya. Selamat mencoba, semoga menjadi barista sukses!        
Komentar