Pencari Karir Pencari Kandidat

Tips Mengelola Gaji Bagi Kamu yang Hobi Travelling

24 Maret 2021 20:03 2565 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Apakah kamu termasuk Sahabat TopKarir yang mempunyai hobi traveling? Dan selalu memiliki rencana untuk melakukan perjalanan disaat ada waktu libur dari tempat kerja, namun kesusahan dalam mengelola gaji agar bisa melakukan traveling? Tenang, kamu bisa mencoba tips berikut ini supaya hobi traveling kamu dapat tersalurkan dengan baik.

 

  • Tentukan Keuangan Kamu

 

Jika kamu memiliki banyak tanggungan, dan memiliki keperluan yang berhubungan dengan uang. Kamu bisa membagi anggaran gaji kamu dengan hobi kamu.

 

Katakanlah, setiap kamu menerima gaji yang berkisar Rp 3 juta per-bulan, kamu harus bisa membagi 10% untuk tabungan dan 10% nya lagi untuk keperluan hobi kamu. Jika kamu mempunyai tunjangan lebih, kamu bisa memperbesar persenan gaji yang bisa kamu habiskan pada hobi traveling kamu.

 

  • Rencanakan

 

Rencanakan setiap detail keuangan kamu, prioritaskan hal yang terpenting terlebih dahulu, misalnya kwajiban membayar tagihan rumah, listrik, atau kepentingan lainnya. Kamu bisa merencanakannya secara detail dari segi angka, hingga perencanaan keuangan yang akan digunakan pada kegiatan hobi kamu.

Rencanakan dari jauh hari sebelum kamu memutuskan untuk melakukan perjalanan, dengan perencanaan yang cukup baik, perjalanan kamu akan lancar dan tidak akan terhalang karena masalah uang. Tidak ada salahnya menggunakan uang hasil kerja keras kamu untuk dihabiskan pada hobi yang membuat kamu bahagia, asal tidak berlebihan dan sesuai dengan perencanaan.

 

  • Menyesuaikan Budget

 

Setelah semua selesai dan pas dari segi perencanaan, inilah saatnya kamu menentukan tujuan perjalanan kamu dengan budget yang telah ditentukan dan sesuai dengan perencanaan anggaran.

 

Untuk traveling, masalah budget memang memerlukan penyesuaian terhadap kebutuhanmu saat melakukan perjalanan nanti. Apalagi jika kamu melakukan perjalanan ke luar negeri, kamu harus bisa menghitung harga umum produk makanan atau apapun yang ada disana atau biaya transportasi yang ada diluar negeri, secara detail.

 

 

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Tips Irit Buat Kamu Yang Hobi Belanja Online

Tips Irit Buat Kamu Yang Hobi Belanja Online

Perkembangan teknologi semakin mempermudah kebutuhan, gak terkecuali urusan berbelanja. Hadirnya online shop (olshop), menyajikan beragam pilihan barang yang kamu inginkan. Apalagi dengan tawaran harga promo dan gratis ongkos kirim, gimana gak tergiur? Tapi membeli barang dari online shop juga harus hati-hati lho. Banyak kasus konsumen yang jadi korban penipuan atau barang yang datang nggak sesuai ekspektasi. Nah supaya gak terjadi sama kamu, cermati tips belanja online berikut ini.     Pilih olshop yang meyakinkan   Kamu harus memilih olshop dengan reputasi yang baik atau rating yang tinggi. Pastikan toko online itu ada, dan menjual produk-produk yang berkualitas. Kamu juga bisa lihat dari predikat star seller, toko resmi, dsb.     Lihat review pembeli   Dari ulasan pembeli yang sudah menggunakan produk, bisa jadi pertimbangan kamu sebelum memutuskan belanja. Apakah pembeli sebelumnya puas dengan produk dari olshop tersebut atau malah memberi komentar yang buruk. Biasanya di kolom review pembeli sebelumnya juga mengunggah foto produk yang diterima, dari situ kamu bisa lihat apakah barang yang dijual sesuai dengan wujud aslinya.     Teliti membaca deskripsi   Hal ini seringkali dilupakan banyak pembeli karena sudah terlanjur suka dengan tampilan produk di foto. Sebaiknya kamu baca dengan teliti deskripsi barang yang akan dibeli. Mulai dari material/bahan, ukuran, warna, sampai estimasi waktu pengiriman. Kalau dirasa ada yang kurang jelas, jangan ragu bertanya pada adminnya ya.     Jangan cepat-cepat melepas price tag   Saat barang sampai di rumahmu, kamu harus cek semuanya dengan teliti. Jangan terlalu cepat melepas label harga, supaya bisa kamu tukar/kembalikan kalau ternyata barang nggak sesuai atau ada kerusakan.     Itu tadi 4 hal yang perlu kamu cermati saat berbelanja online. Yuk temukan tips-tips dan informasi seputar karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang ya.
Komentar