Tips Membuat CV yang Menarik Tanpa Pengalaman Kerja

18 MAY 2020 09:33 LULUSAN BARU 160 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN
Tips Membuat CV yang Menarik Tanpa Pengalaman Kerja | TopKarir.com

Setelah lulus dari perkuliahan masa penantian akhirnya datang, mereka yang beruntung bisa langsung mendapat kerja, tapi sebagian orang juga yang harus menunggu cukup lama untuk bertemu pekerjaan impiannya. Nah, pada masa ini kamu harus aktif apply sana sini, gagal berulang kali itu wajar, tapi kamu harus bisa mengidentifikasi kira-kira apa sih yang kurang dari lamaran yang kamu kirim. Bisa jadi dari kurangnya atau tidak adanya pengalaman kerja.

 

Gimana ya sebagai fresh graduate yang masih awam dengan dunia kerja biar bisa lolos seleksi CV tanpa menjual pengalaman? Sebenarnya kamu bisa membuat CV yang menarik banyak perusahaan meski tanpa bermodalkan pengalaman kerja. Kamu harus bisa mengangkat aspek lain di dalam CV untuk bikin perusahaan jatuh hati.

 

Menjawab kegalauan fresh graduate dalam membuat CV, berikut TopKarir bagi tips menulis CV yang menarik HR meskipun tanpa pengalaman kerja, yuk disimak.

 

Deskripsikan diri dengan singkat tapi menarik

CV yang menarik umumnya dilengkapi dengan kolom deskripsi diri. Pada kolom ini kamu bisa menuliskan profil singkat tentang siapa diri kamu, pendidikan terakhir, karakter, keahlian dan kelebihan yang kamu miliki.

 

Kamu juga bisa menceritakan minat & bakat kamu pada suatu bidang secara singkat dan padat, angkat keunikan / kelebihan yang kamu punya untuk membangun kesan yang baik di mata HR saat pertama kali membaca.

 

Tulis riwayat pendidikan dengan lengkap

Karena belum adanya pengalaman kerja, kamu harus mencantumkan riwayat pendidikan yang pernah kamu jalani dengan lengkap. Latar belakang pendidikan yang kamu tulis akan memudahkan HR dalam menyeleksi dan menilai kecocokan jurusan/konsentrasi pendidikan dengan posisi kerja yang dipilih. 

 

Apalagi kalau kamu lulusan dari sekolah atau universitas ternama, hal ini akan jadi poin plus di mata HR lho. Jadi jangan lupa lengkapi riwayat pendidikan kamu dari awal sampai akhir ya!

 

Cantumkan pengalaman yang relevan

Meskipun tanpa pengalaman kerja, kamu bisa mencantumkan pengalaman dalam berorganisasi, keikutsertaan kompetisi, event atau volunteer. Tapi ingat, harus yang relevan sama posisi kerja yang kamu lamar ya. Misal nih kalau kamu apply untuk posisi fotografer, kamu bisa menambahkan pengalaman sebagai tim media dan dokumentasi di sebuah acara. Hal itu akan menambah nilai jualmu untuk lolos seleksi CV.

 

Dengan memiliki pengalaman berorganisasi di sekolah, kampus atau lingkungan masyarakat kamu akan dinilai punya kemampuan bekerja dalam tim dan keterampilan beradaptasi yang baik. Selebihnya bisa kamu ceritakan saat sesi interview nanti.

 

Sisipkan link portofolio

Yang nggak kalah penting agar CV-mu makin menarik meski tanpa pengalaman kerja adalah portofolio. Kamu bisa menambahkan link portofolio di dalam CV kamu. Portofolio bisa berupa karya tulis, desain, hasil terjemahan, hasil fotografi atau cetak biru bagi seorang arsitek. Portofolio ini punya pengaruh besar lho dalam seleksi CV, apalagi buat kamu yang melamar posisi di bidang kreatif, karyamu harus bisa diperhitungkan.

 

Masukkan semua informasi dengan jujur

Sering nih HR nemuin CV yang nggak sesuai dengan data yang sebenarnya, tepatnya pada proses interview. Beberapa orang memilih untuk memasukkan informasi palsu / berlebihan untuk menarik HR agar lolos seleksi CV.

 

Tentu hal ini fatal, sebab data yang kamu masukkan nggak bisa dipertanggungjawabkan saat sesi interview. HR akan tau benar tidaknya informasi yang diberikan hanya dari penjelasan dan bahasa tubuh yang kamu tunjukkan. Jadilah diri kamu apa adanya ya baik itu di dalam CV.

 

Buat simple dan to the point

CV itu nggak perlu berlembar-lembar, cukup satu lembar aja. HR nggak akan membaca halaman kedua dari CV kamu, jadi rangkum daftar riwayat hidup kamu dengan singkat dan padat, nggak bertele-tele. Buat poin-poin dari setiap informasi, mulai dari pendidikan, deskripsi singkat, pengalaman organisasi, kepribadian dan keterampilan. Buat dengan desain yang simple dan menarik, atau yang menggambarkan karakter kamu.

 

Itu tadi 6 tips membuat CV yang menarik HRD meski tanpa pengalaman kerja. Semoga tips di atas bisa menginspirasi Sahabat TopKarir yang membaca di rumah ya. Yuk temukan tips-tips dan informasi karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store!

 

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.