Pencari Karir Pencari Kandidat

Tips Kiat Membangun Bisnis Online Untuk Pemula

24 Maret 2021 20:03 1808 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Cara bisnis online dapat dipelajari siapa saja, termasuk kamu sebagai pemula. Di era digital seperti sekarang ini, teknologi sudah berkembang semakin pesat. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk mulai membangun bisnis kamu. Nah Untuk kamu para pemula yang ingin mulai membangun bisnis online, kamu bisa mencoba beberapa tips berikut ini. Simak ya!

 

  • Temukan peluang yang ada

Carilah produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Jadi ketika kamu memulai bisnis online. Kamu perlu melakukan observasi. Lalu pilih satu masalah yang punya potensi bisnis dan kamu punya solusinya.

 

  • Riset pasar

Kenapa harus riset pasar? Karena kamu membutuhkan data yang objektif sebagai fondasi bisnis online yang kuat. Nah dengan riset ini akan membantu kamu seperti bagaimana tren di media sosial, apa yang sering dicari oleh konsumen.

 

  • Analisis kompetitor

Untuk bisa mengalahkan kompetitor, kamu harus mempelajari bisnis mereka terlebih dahulu. Kamu bisa cari tahu tentang kelebihan & kekurangan mereka. Dengan informasi-informasi yang kamu dapat seperti market positioning, media sosial, harga dll. Setelah kamu dapatkan, kamu bisa membuat produk yang bisa bersaing dengan kompetitor.

 

  • Tentukan target pasar

Target pasar adalah sekelompok orang dengan karakteristik yang sama dan kemungkinan akan membeli produk yang kamu buat. Dengan target pasar yang lebih spesifik, kamu bisa mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar. 



Nah setelah tahapan diatas kamu lakukan, kini kamu bisa memilih produk yang sesuai untuk kamu mulai bangun. Yuk temukan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya! 




 

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Tips Membangun Bisnis Berbasis Teknologi

Tips Membangun Bisnis Berbasis Teknologi

Apa kamu punya keinginan untuk membangun bisnis berbasis teknologi? Sebelum memulai mewujudkan keinginan tersebut, ada baiknya kamu tau enam tips penting ini. Apa aja ya?   Jadi 'trendsetter Banyak anak muda kurang berani dan hanya ikut arus yang sudah ada. Soal era industri 4.0 bukan hanya soal big data, AI atau robotic aja, justru tantangan utama adalah berani menciptakan solusi dan berani mengeksekusi ide.   Efisiensi Salah satu hal yang kurang dipersiapkan dunia pendidikan kita adalah melatih soft skill untuk menghadapi kehidupan nyata. Padahal soft skill seperti kemampuan untuk bekerjasama, berkolaborasi, mempresentasikan dan mengomunikasikan ide sangat penting dan harus terus ditingkatkan agar efisiensi kerja tercapai.   Berkelanjutan Anak muda saat ini cenderung mudah menyerah sehingga apa yang dilakukan seringkali engga tuntas. Membangun bisnis berbasis teknologi bukanlah sebuah perlombaan lari sprint tetapi justru lari maraton yang membutuhkan stamina, kesabaran, ketekunan dan kegigihan jangka panjang.   Kolaborasi Gagasan Membawa STEM ke dalam bisnis dapat dilakukan dengan melakukan kolaborasi ide-ide. Saat ini bisnis engga bisa berjalan tanpa teknologi dan sebaliknya teknologi engga bisa berkelanjutan tanpa bisnis yang baik.   Memperluas spektrum Di Indonesia, bisnis yang berkembang memiliki spektrum luas, mulai dari bisnis teknologi 4.0 sampai industri 1.0. Ada banyak industri rempah, budaya, hasil bumi seperti kopi yang juga perlu juga dikembangkan secara keilmuan dan juga bisnis. Kita tetap mengejar bisnis berbasis teknologi tinggi untuk masa depan tetapi juga engga lupa untuk mengilmukan bisnis-bisnis tradisional.   Kemampuan organisasi Salah satu hal yang perlu ditingkatkan oleh kita adalah kemampuan organisasi, karena saat mendapatkan modal besar, banyak dari kita kemudian gagap bagaimana melakukan organization scaling dan organization excellent. Masih banyak anak muda yang belum siap dalam membesarkan dan mengatur unit bisnis secara baik.   Nah, saatnya kamu terapkan enam tips ini supaya bisnis berbasis teknologi yang kamu impikan bisa tercapai dengan baik! Yuk temukan tips lainnya di aplikasi TopKarir. Semangat Sahabat TopKarir!
Komentar