Pencari Karir Pencari Kandidat

Tips Bertahan Di Pekerjaan Yang Tidak Sesuai Jurusan

24 Maret 2021 20:03 5171 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 5 KALI DIBAGIKAN

Menjadi seorang pekerja, kadang suka dihadapkan pada bidang pekerjaan yang tidak sesuai dengan latar belakang kamu, lalu setelah itu bingung harus melakukan apa, melanjutkannya atau malah mengundurkan diri. Namun, kamu tidak perlu bingung memikirkan hal tersebut. Berikut ini ada tips agar kamu mampu bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan latar belakang kamu, sehingga kamu bisa mengatasi ini dan bisa survive. Simak tipsnya ya!



Tetap profesional

Sebagai pekerja, kamu harus bisa bersikap profesional, apapun bidang pekerjaan yang kamu ambil walaupun itu tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan kamu, kamu harus tetap berusaha mempelajarinya agar kamu bisa memahami pekerjaan tersebut. Kamu bisa mengambil hikmah lain dari kejadian yang sedang kamu dapatkan. Yakinlah jika kamu bisa mengerjakannya agar atasan dan rekan-rekan kantor kamu bisa bangga dan percaya terhadap kamu. 

 

Kesempatan belajar hal baru

Jika kamu mengambil pekerjaan yang bukan bidang kamu, memang tidak mudah untuk bisa menerima dan memulai hal tersebut. Tapi coba kamu pikirkan kembali, mungkin saja itu kesempatan untuk kamu bisa lebih berkembang, anggap saja ini bonus yang kamu dapatkan.

 

Berani ambil resiko

Tidak ada orang sukses yang tidak mau mengambil resiko. Semua bidang pekerjaan yang kamu ambil pasti mempunyai resiko. Jika pekerjaan yang kamu ambil tidak sesuai jurusanmu, coba lah untuk bisa bertahan di saat waktu-waktu limit. Nikmati saja apa yang ada dan cobalah bertahan di waktu-waktu yang membuat kamu sulit, dari situ kamu akan memahami bagaimana bertahan pada resiko yang sedang kamu alami. .

 

Jangan lupa jalan jalan

Jika weekend telah tiba, ada bolehnya jika kamu melakukan kegiatan untuk sekedar refreshing bersama keluarga atau teman. Ini akan membantu kamu untuk sejenak menghilangkan rasa stres kamu, dengan begitu kamu bisa kembali fokus terhadap pekerjaan mu.

 

Itu dia tipsnya, hal yang wajar ketika kamu merasa kurang pantas bekerja di luar bidang keahlian yang selama ini kamu pelajari. Namun jadikan itu sebagai hal yang bisa bikin kamu berkembang ya.  Yuk temukan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya! 

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Tips Memilih Penampilan yang Tepat Saat Interview Kerja.

Tips Memilih Penampilan yang Tepat Saat Interview Kerja.

Untuk memulai sebuah fase pekerjaan tidak bisa dipungkiri kamu harus melewati sebuah sesi interview. Sesi interview bukanlah hanya sekedar untuk mempresentasikan kepribadian kamu dalam mengerjakan pekerjaan. Dalam hal ini tentunya kamu harus memperhatikan tips memilih penampilan yang tepat saat interview kerja berikut ini.   Dimulai dari Tata Rambut Dengan Rapih   Gunakanlah cairan penata rambut yang mampu membuat rambut kamu lebih rapih. Hal ini dikarenakan kamu akan mendapatkan penilaian bahwa hasil pekerjaan kamu dikemudian hari. Jika rambut kamu berantakan maka calon atasan akan menilai bahwa hasil pekerjaan kamu tidaklah rapih.   Gunakan Pengharum Mulut   Selalu perhatikan kesegaran mulut karena ini adalah media utama yang digunakan pada saat interview. Kamu wajib melakukan gosok gigi agar terlihat bersih dan segar. Setelah itu kamu diwajibkan 5 menit sebelum waktu interview untuk menggunakan pengharum mulut. Ciptakanlah kenyamaan dalam suasana interview.     Semprotkan Parfum   Dalam berpenampilan saat interview kerja, aroma badan sangatlah berpengaruh. Jika Sahabat TopKarir  datang dengan tubuh yang penuh dengan peluh keringat adalah kesalahan yang sangat fatal.  Itu sebabnya dalam menghadiri sebuah interview kerja kamu diwajibkan untuk hadir 30 menit dari waktu yang telah ditentukan. Tujuannya adalah agar lebih siap untuk memiliki penampilan yang tepat saat interview kerja.   Hindari Penggunaan Baju Bercorak, Motif, dan Bergaris   Pemilihan baju yang digunakan untuk interview sangatlah penting. Sahabat TopKarir haruslah berhati-hati dan proper dalam memilih baju guna menjaga penamilan di saat interview kerja. Dalam hal ini kamu harus menghindari penggunan baju bercorak, motif, dan bergaris karena interview kamu akan merasa terganggu dengan adanya ketiga hal tersebut. Gunakanlah baju yang polos sesuai dengan warna yang mencerminkan pribadi kamu.   Pilihlah Perhiasan yang Sesuai  Dimana Mampu Menjadikan Pemanis   Penggunaan perhiasan yang terlalu berlebihan justru akan menggangu dan mencerminkan pribadi kamu bahwa sosok yang pamer dan berlebihan dalam segala hal termasuk pekerjaanmu dikemudian hari. Sebagai contoh, ketika kamu menggunakan jam tangan yang tidak terlalu mahal maka ini mampu mencerminkan bahwa kamu adalah pribadi yang simple dan tidak banyak basa basi dalam melakukan pekerjaan.   Bersihkan Sepatu Kamu   Membersihkan sepatu bukanlah hal yang sepele ternyata. Sepatu secara filosofis cenderung dikaitkan dengan langkah kamu. Jika kamu selalu menjaga kebersihan maka mencerminkan bahwa kamu sosok yang bersih dan cekatan dalam berbagai hal. Jangan pernah lupa membersihkan sepatu kamu ya sebagai salah satu pelengkap penampilan yang tepat saat interview kerja.      
Komentar