Pencari Karir Pencari Kandidat

Ternyata Ini Keterampilan Baru yang Harus Dikuasai Pekerja Saat New Normal

24 Maret 2021 20:03 4488 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 2 KALI DIBAGIKAN

Pandemi covid-19 yang datang membawa banyak perubahan termasuk dalam dunia kerja. Para pekerja diharuskan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan yang terjadi. Hal ini bertujuan agar pekerja dan perusahaan bisa tetap bertahan di masa sulit seperti sekarang ini.

 

Beberapa keterampilan baru juga harus dikuasai baik oleh pekerja maupun pencari kerja. Mereka harus bisa memberikan kontribusi lebih untuk perusahaan. Beberapa keterampilan yang harus dikuasai pekerja saat new normal bisa kamu simak di bawah ini.

 

Kemampuan menguasai teknologi digital

Berbagai layanan produk sudah beralih ke sistem digital, bahkan layanan kesehatan dan obat-obatan kini sudah bisa diakses dengan satu aplikasi. Kemampuan menguasai teknologi untuk kegiatan operasional sangat dibutuhkan. Kamu harus bisa memanfaatkan platform digital dan teknologi yang ada untuk berbisnis.

 

Wabah covid-19 mengharuskan kita untuk tidak bertemu tatap muka, keadaan ini membuat banyak sektor membutuhkan sarana pelayanan online. Jumlah lembaga atau perusahaan yang membutuhkan website pastinya akan bertambah. Perusahaan-perusahaan tersebut akan membutuhkan tenaga web/app developer untuk mengoptimalkan layanan online mereka. Kamu bisa belajar mengenal dunia teknologi, sistem informasi dan web/app developer untuk menguasai keterampilan yang paling dicari di era new normal.

 

Berpikir kreatif

Sebagai karyawan ataupun pencari kerja, kamu juga harus memiliki kemampuan creative thinking (berpikir kreatif). Dengan kemampuan ini kamu bisa menemukan inovasi untuk menciptakan terobosan terbaru bagi perusahaan agar bisa melewati masa sulit akibat pandemi. Perusahaan akan sangat membutuhkan orang-orang yang mampu memberikan ide segar agar perusahaan bisa tetap bertahan.

 

Public Speaking

Setiap orang harus punya peran sendiri untuk berkomunikasi secara efektif. Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, perusahaan sangat membutuhkan karyawan yang mampu berinovasi. Untuk menyampaikan pendapat dan inovasi tersebut, dibutuhkan kemampuan presentasi agar ide-idenya dapat tersampaikan dengan baik.

 

Keterampilan beradaptasi

Situasi yang terjadi, mendorong kita untuk menyesuaikan diri dengan beberapa peraturan dan perubahan. Dalam dunia kerja kamu harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Kamu harus rajin cari tahu hal-hal baru yang sesuai dengan kondisi sekarang ini.

 

Nggak cuma beradaptasi dengan kebiasaan baru di dunia kerja tapi juga dalam mobilitas kehidupan sehari-hari. Kamu harus sadar dan terbiasa dengan protokoler kesehatan yang ada. Tentu hal ini akan berdampak juga bagi kesehatan dan stamina kamu dalam bekerja.

 

Itu tadi empat keterampilan yang wajib kamu miliki saat fase new normal. Kamu bisa menambah pengetahuan dan memperdalam kompetensimu di bidang yang kamu suka bareng TopEdu. Platform belajar online yang bisa kamu gunakan untuk belajar dari mentor-mentor hebat dan berpengalaman. Karena di TopEdu kamu akan mendapatkan sertifikasi dari setiap pelatihan yang kamu ikuti lho. Yuk ikutan serunya belajar sekarang!

 

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Panduan New Normal bagi Pekerja, Mulai dari Berangkat Sampai Pulang Kantor

Panduan New Normal bagi Pekerja, Mulai dari Berangkat Sampai Pulang Kantor

New Normal atau kenormalan baru sekarang ini sedang banyak dibahas. Nggak cuma di Indonesia, negara-negara lain juga sedang bersiap menghadapi masa pemulihan ini, bahkan beberapa negara sudah mencoba menerapkannya.   New Normal menjadi fase yang ditunggu untuk perlahan mengembalikan kehidupan masyarakat seperti sedia kala. Namun, fase ini harus dilalui dengan tetap mematuhi protokoler kesehatan, sebab bagaimanapun juga covid-19 masih menghantui kehidupan kita sehari-hari.   Di era New Normal ini kita harus mampu beradaptasi dengan kebiasaan baru. Harus lebih meningkatkan kedisiplinan untuk menerapkan hidup bersih dalam aktivitas sehari-hari. Hal dilakukan pekerja agar tetap produktif sekaligus aman dari covid-19.   Supaya mobilitas dan kegiatan kerja berjalan lancar juga aman, ada beberapa poin yang harus diperhatikan para pekerja mulai dari berangkat sampai pulang kantor. Melansir unggahan Instagram resmi Kementerian Kominfo, @kemenkominfo, Jumat (5/6/2020) berikut rinciannya.   Perjalanan ke dan dari Tempat Kerja: Jika ada keluhan batuk, pilek dan demam tetap tinggal di rumah. Selalu gunakan masker saat keluar rumah. Upayakan mengenakan pakaian lengan panjang. Jika terpaksa menggunakan transportasi umum, tetap menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter. Upayakan untuk tidak sering menyentuh fasilitas umum. Selalu gunakan hand sanitiser dan membawa helm sendiri. Tidak menyentuh wajah atau mengucek mata dengan tangan, gunakan tisu bersih jika terpaksa. Upayakan membayar secara non tunai, jika terpaksa memegang uang, gunakan hand sanitiser sesudahnya.   Di Tempat Kerja: Gunakan siku untuk membuka pintu dan menekan tombol lift. Segera cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Tetap gunakan masker. Tidak berkerumun dan menjaga jarak di lift dengan posisi saling membelakangi. Untuk sementara tidak menggunakan absensi fingerprint. Bersihkan meja atau area kerja dengan disinfektan. Upayakan tidak sering menyentuh fasilitas atau peralatan yang dipakai bersama di area kerja, jika menyentuh gunakan hand sanitiser. Tetap menjaga jarak dengan rekan kerja minimal 1 meter. Biasakan tidak berjabat tangan. Usahakan aliran udara dan sinar matahari masuk ke ruang kerja. Selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di tempat kerja.   Saat Tiba di Rumah: Jangan bersentuhan dengan anggota keluarga sebelum membersihkan diri (mandi dan mengganti pakaian kerja). Cuci pakaian dan masker dengan deterjen. Masker sekali pakai, sebelum dibuang usahakan dirobek dan basahi dengan desinfektan agar tidak mencemari pengelola sampah. Jika dirasa perlu dibersihkan gawai, kacamata, tas dengan disinfektan. Selalu terapkan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah.   Itu tadi panduan berangkat sampai pulang kerja di era New Normal. Selalu jaga kesehatan dan jarak aman dimanapun kamu berada ya Sahabat TopKarir. Yuk temukan tips-tips dan informasi karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store!  
Komentar