STP adalah Salah Satu Strategi Marketing, Ini Penjelasan Lengkapnya | TopKarir.com

STP adalah Salah Satu Strategi Marketing, Ini Penjelasan Lengkapnya

STP adalah Salah Satu Strategi Marketing, Ini Penjelasan Lengkapnya | TopKarir.com
26 APR 2021 10:52 TINGKATKAN KARIRMU 309 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Strategi bisnis berkaitan erat dengan pemasaran. Dengan pemasaran, maka bisnis yang sedang kamu jalankan akan dikenal oleh banyak orang.

 

Strategi merupakan suatu proses menyeluruh dimulai dari perencanaan hingga gambaran aktivitas serta pelaksanaannya pada kurun waktu tertentu. STP adalah salah satu strategi yang digunakan dalam kegiatan pemasaran.

 

Strategi dikatakan baik apabila mampu mencapai tujuan dengan tepat, efektif serta efisien dalam prosesnya. Pemasaran adalah kegiatan penting dalam sebuah bisnis untuk meningkatkan kesadaran banyak orang terhadap produk yang ditawarkan.

 

Untuk itu, perlu adanya istilah STP yakni tiga rangkaian proses yang harus dilalui pada penetapan sebuah strategi bisnis, yang didalamnya berupa Segmenting, Targeting, dan Positioning.

 

Strategi pemasaran STP adalah sangat berpengaruh terhadap citra, brand image dan keseluruhan kegiatan pemasaran. Dengan dilakukannya strategi pemasaran maka tujuan bisnis akan berjalan sesuai dengan arah yang telah ditentukan.

 

Kegiatan dalam strategi pemasaran STP ini berarti sebuah proses mengkategorikan, membidik pasar yang diinginkan, lalu memposisikan pemasaran bisnis yang dibandingkan dengan pesaing. Ketiga hal tersebut perlu dilakukan agar strategi pemasaran STP dapat berjalan dengan baik.

 

Berikut penjelasan dari strategi pemasaran STP:

 

1. Segmenting

Segmenting adalah tahap pertama yang perlu kamu lakukan. Di dalamnya kamu harus mampu mengelompokkan pengguna produk yang kamu tawarkan berdasarkan pada usia, tempat tinggal, penghasilan, biaya hidup sampai dengan bagaimana cara konsumen menggunakan produk yang kamu tawarkan.

 

Segmenting merupakan dasar untuk menentukan komponen strategi yang disertai dengan pemilihan target market, sehingga proses ini akan memberikan acuan dalam penentuan tahap selanjutnya.

 

Dalam segmenting ini menentukan faktor kunci untuk mengalahkan pesaing, dengan menggunakan cara yang unik dan berbeda dari yang dilakukan oleh pesaing.

 

Kamu harus dapat memperhatikan efektivitas segmentasi tersebut karena menyangkut langkah perumusan strategi selanjutnya.

 

2. Targeting

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah proses targeting. Dalam proses ini kamu harus dapat memutuskan untuk memilih kelompok segmen produk untuk dijadikan target market. 

 

Pertimbangkan peluang dari setiap segmentasi dan sumber daya yang kamu miliki. Lakukanlah analisis terhadap potensi target pelanggan agar terus berkembang.

 

Dalam menentukan targeting maka kamu perlu melakukan beberapa survey agar dapat mengetahui keadaan pasar nantinya sehingga proses pemasaran tidak salah sasaran. 

 

Melakukan survei sebaiknya tidak dilakukan hanya sekali, namun lakukanlah beberapa kali untuk memastikan hasil survei sesuai dengan apa yang kamu harapkan.

 

Dalam proses survei yang kamu lakukan, kamu dapat mengambil sampel dari beberapa pelanggan yang kamu targetkan sebagai bahan untuk mendapatkan hasil survei yang maksimal. Strategi targeting ini harus didasarkan pada keunggulan bisnis yang kamu jalankan, dengan mengukur kekuatan dan keahlian yang cukup untuk menguasai segmen pasar yang dipilih.

 

3. Positioning

Setelah melakukan kedua tahapan atau langkah tersebut, yang perlu kamu lakukan selanjutnya tahap terakhir dari strategi pemasaran STP ini yaitu positioning.

 

Positioning adalah proses mengembangkan strategi pemasaran yang bertujuan untuk mempengaruhi bagaimana sebuah segmen pasar tertentu melihat sebuah produk yang kamu tawarkan dibandingkan dengan kompetisi atau pesaing.

 

Pada tahap ini kamu perlu menentukan model marketing mix yang paling efektif. Kamu perlu pertimbangkan alasan dasar yang membuat pelanggan kamu lebih memilih produk kamu dibandingkan produk pesaing.

 

Pada tahap ini kamu harus mampu melakukan positioning berdasarkan pemakaian produk, kendala produk, dan dampak dari produk itu sendiri.

 

Seperti itulah penjelasan mengenai strategi pemasaran STP ini. Dengan menyusun dan menerapkan strategi bisnis yang tepat, maka bisnis yang kamu jalankan akan meraih kesuksesan dan tetap bertahan di tengah-tengah banyaknya pesaing.

Dapatkan juga informasi dan tips karir menarik lainnya di sini. Download aplikasi TopKarir sekarang atau kunjungi topkarir.com untuk mendapatkan informasi lowongan kerja ter-update.

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.