Pencari Karir Pencari Kandidat

Sering Kerja Lembur? Ini Cara Agar Tetap Sehat dan Segar

24 Maret 2021 20:03 2622 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Orang yang sering lembur dan bekerja shift malam umumnya kerap memiliki kesehatan yang buruk karena harus tetap terjaga sepanjang malam. Tidak hanya menyebabkan insomnia, kebiasaan lembur kerja juga bisa membuat tubuh dan pikiran stres karena secara biologis tubuh dirancang untuk aktif di siang hari, dan beristirahat di malam harinya.

Selain itu fungsi tubuh dan jenis hormon yang diproduksi juga berbeda antara siang dan malam hari. Saat aktivitas itu dibalik (istirahat di siang dan aktif di malam hari), maka organ-organ tubuh jadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Namun di era yang serba sibuk ini, kerja lembur atau mendapat shift malam seringkali tak terhindari. Saat Anda mendapat giliran kerja malam, ini lima hal yang perlu dilakukan agar tubuh tetap segar dan sehat, seperti dirangkum dari berbagai sumber.



1. Atur Pola Makan


Pastikan Anda mengonsumsi makan malam yang hangat sebelum pergi bekerja. Makanan hangat akan membantu menjaga proses pencernaan tetap sehat untuk memberi energi di malam hari. Bisa dengan mengonsumsi sup atau sayur berkuah yang terbuat dari kaldu ayam. Perlu diketahui, kaldu ayam kaya akan nutrisi yang membantu meningkatkan energi dan menambah tenaga, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Kurangi konsumsi minuman berkafein seperti kopi, teh atau minuman energi. Kafein memang memberi tenaga ekstra dan membua Anda sulit mengantuk. Namun dampaknya kurang sehat bagi tubuh terlebih lagi jika ritme sirkadian (jam-jam tubuh saat bekerja) Anda abnormal.



2. Konsumsi Minuman Sehat


Jus alami yang terbuat dari buah-buahan segar dan air putih adalah minuman terbaik di malam hari. Dalam situasi stres atau lelah, tubuh membutuhkan lebih banyak cairan yang harus diganti. Oleh karena itu selalu sediakan sebotol air putih atau segelas jus buah di meja kerja Anda agar selalu teringat untuk mencukupi asupan air. Hindari soda atau minuman kemasan.



3. Minum Vitamin


Mengatasi stres yang terkait dengan kerja shift malam atau lembur adalah dengan mengonsumsi cukup vitamin B, kalsium dan magnesium. Nutrisi ini bisa mengurangi risiko kesehatan karena dampak bekerja hingga larut malam. Berbagai macam vitamin B seperti B1, B2, B3, B6, B7 dan B12 merupakan komponen yang memang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh khususnya menambah kekuatan bagi otot.



4. Hindari Rokok


Jangan merokok ketika Anda kerja di malam hari. Serupa dengan kafein, nikotin yang terkandung dalam rokok juga bertindak sebagai stimulan, yang pada akhirnya akan semakin menambah stres dan memperburuk kondisi kesehatan Anda.



5. Aktivitas Fisik


Luangkan waktu lebih untuk diri sendiri dan mempertahankan gaya hidup sehat. Lakukan lebih banyak jalan dan berolahraga sedikitnya setengah jam sehari. Lari, renang dan fitnes tidak hanya akan membantu mempertahankan tingkat kebugaran yang baik tetapi juga membuat pola tidur lebih sehat.

 

Sumber : http://wolipop.detik.com/read/2014/06/02/085318/2596755/1135/sering-kerja-lembur-ini-cara-agar-tetap-sehat-dan-segar

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Gugup Saat Wawancara Kerja? Ikuti Tips Berikut Ini!

Gugup Saat Wawancara Kerja? Ikuti Tips Berikut Ini!

Kamu pernah merasa gugup saat wawancara kerja Sahabat TopKarir? Tidak percaya diri saat wawancara kerja sangat membahayakan karena perusahaan akan ragu dengan kemampuan yang kamu miliki. Untuk itu sebelum melakukan proses wawancara kerja kamu perlu melakukan hal berikut ini agar kamu lebih percaya diri.   Memprediksi Pertanyaan Cobalah berlatih wawancara sebelum kamu benar-benar melakukan wawancara kerja. Carilah prediksi-prediksi pertanyaan wawancara kerja dan mintalah temanmu untuk berpura-pura menjadi HRD dan kamu menjawab pertanyaan tersebut. Berlatih wawancara dapat mengurangi kegugupanmu.   Berpikir Positif Saat ingin melakukan wawancara kerja biasanya kamu sudah memiliki perasaan takut dan berpikiran negative. Cobalah untuk tenangkan dirimu dan berpikir positif, pikirkanlah hal-hal yang menyenangkan dan anggaplah semua akan baik-baik saja. Mengurangi pikiran negatif dapat membantumu mengurangi rasa gugup loh Sahabat TopKarir!   Cari Tahu Tentang Perusahaan Agar kamu terlihat menguasai tentang perusahaan yang kamu tuju, pelajarilah sebelum memulai wawancara kerja. Pelajarilah profil perusahaannya, produknya, dan juga pelayanannya. Kemudian sesuaikan dengan kemampuanmu sendiri.   Semoga 3 tips mengatasi gugup saat wawancara kerja dapat mengatasi gugupmu ya Sahabat TopKarir. Dapatkan tips karir lainnya yang bermanfaat di www.topkarir.com.
Komentar