Pencari Karir Pencari Kandidat

Program Beasiswa BRI Peduli Creation Tahun 2021 Dibuka!

29 Juli 2021 11:07 Pembekalan Karir 1972 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 3 KALI DIBAGIKAN

Satu lagi beasiswa mahasiswa on-going yang sedang dibuka selain Beasiswa Bakti BCA! BRI Peduli – Creation (Creative in Action) Scholarship saat ini diselenggarakan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

 

Beasiswa BRI Peduli Creation merupakan beasiswa yang memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang mempunyai inovasi, ide, terobosan baru yang kreatif yang unggul. Berikut informasi selengkapnya.

 

Program Beasiswa BRI Peduli Creation Tahun 2021

 

PERGURUAN TINGGI MITRA BEASISWA BRI PEDULI – CREATION:

  1. Universitas Indonesia
  2. Institut Pertanian Bogor
  3. Universitas Padjajaran
  4. Universitas Gadjah Mada
  5. Universitas Brawijaya

 

KETENTUAN PESERTA/ANGGOTA TIM:

  1. Peserta program membentuk 1 tim yang terdiri dari 3 mahasiswa/i jenjang S1 yang berasal dari universitas yang sama. Dapat berasal dari lintas fakultas dan jurusan, lintas gender, maupun lintas angkatan.
  2. Minimal sedang menjalani semester 2 dan maksimal sedang menjalani semester 6.
  3. IPK terakhir minimal 2,75.
  4. Tidak sedang bekerja dan berada dalam status ikatan dinas dari lembaga/instansi/yayasan lain.
  5. Melampirkan Curriculum Vitae (format bebas, maksimal 1 halaman).
  6. Mempunyai KTP atau KTM (Kartu Tanda Mahasiswa).
  7. Tidak sedang mendapatkan beasiswa dari pihak lain/instansi lain.
  8. Sehat jasmani dan rohani.
  9. Berasal dari salah satu universitas yang disebutkan di atas.
  10. Tim pendaftar mengajukan Inovasi, Ide, Terobosan Baru yang Kreatif yang disusun menjadi Proposal. Program/inovasi yang bisa diajukan yaitu yang sudah berjalan sesuai ketentuan yang disebutkan dalam syarat dan ketentuan Beasiswa BRI Peduli – Creation sehingga program/inovasi yang sudah berjalan dapat semakin berkembang dengan adanya dukungan dari Beasiswa BRI Peduli – Creation.

 

Persyaratan Umum “Inovasi, Ide, Terobosan Baru yang Kreatif”:

 
  1. Inovasi, Ide, Terobosan Baru yang Kreatif dibatasi dan diutamakan yang memiliki nilai unggul, kekinian, dan mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.
  2. Inovasi, Ide, Terobosan Baru yang Kreatif yang dapat mendukung pemberdayaan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Inovasi, Ide, Terobosan Baru yang Kreatif yang telah teruji, dapat diaplikasikan dan diimplementasikan.

 

Persyaratan khusus “Inovasi, Ide, Terobosan Baru yang Kreatif”, terbagi menjadi tiga kategori yaitu:

  1. Technology Creation / Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
    Kategori ini membahas mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi kekinian dan bermanfaat untuk pemberdayaan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Syarat khusus untuk kategori ini adalah sebagai berikut:
    a. Teknologi/Program sedang dalam pengembangan
    b. Telah mempunyai target utama/lokasi/masyarakat untuk diimplementasikan
    c. Telah mempunyai tujuan penggunaan teknologi
  2. Entrepreneurship Creation / Kewirausahaan
    Kategori ini bertujuan untuk menjaring keterampilan bisnis mahasiswa yang bertujuan pada profit yang mengutamakan sosial dan ekonomi. Syarat khusus dalam kategori ini adalah sebagai berikut:
    a. Termasuk dalam usaha Mikro dan Kecil
    b. Telah berjalan selama 1 bulan
    c. Telah mempunyai omset/pendapatan/revenue
  3. Social Creation / Pengabdian Masyarakat
    Dalam kategori ini bertujuan untuk mendapatkan penerapan kegiatan/proyek yang memberikan solusi yang tepat pada kelompok/komunitas/masyarakat luas. Syarat khusus kategori ini adalah sebagai berikut:
    a. Telah mempunyai target utama/lokasi/masyarakat untuk diimplementasikan
    b. Sudah berjalan selama 1 – 3 bulan

 

Tim dan Mahasiswa terpilih akan mendapatkan Apresiasi dan Beasiswa berikut:

  1. Apresiasi untuk menjalankan Inovasi Program sebesar Rp 30.000.000,- untuk masing-masing tim.
  2. Beasiswa untuk menjalani kuliah di masing-masing universitas dengan maksimal anggaran sebagai berikut:
    a. Setiap mahasiswa mendapatkan bantuan dana pendidikan kuliah sebesar Rp 8.000.000,- per semester maksimal hingga Semester 8.
    b. Setiap mahasiswa mendapatkan bantuan biaya hidup sebesar Rp 500.000,- per bulan maksimal sampai dengan 42 bulan.
  3. Annual Gathering SuperCamp berupa pelatihan soft skill dan kepemimpinan.

 

KETENTUAN PROPOSAL TIM:

Proposal Inovasi, Ide, Terobosan Baru yang Kreatif dibuat dalam bentuk presentasi (format PDF) berisi tentang:

  1. Tujuan inisiatif: Gambarkan/jelaskan tujuan Inovasi, Ide, Terobosan Baru yang Kreatif.
  2. Keselarasan dengan kategori yang dipilih: Jelaskan keterkaitan Inovasi, Ide, Terobosan Baru yang Kreatif dengan kategori yang dipilih.
  3. Signifikasi (Arti Penting): Inovasi, Ide, Terobosan Baru yang Kreatif harus berdampak terhadap kelompok/komunitas/masyarakat dan berperan penting dalam mengatasi persoalan.
  4. Inovasi: Jelaskan sisi inovatif dari Inovasi, Ide, Terobosan Baru yang Kreatif.
  5. Transferabilitas: Bukti Inovasi, Ide, Terobosan Baru yang Kreatif dapat/telah diterapkan.
  6. Sumber daya dan keberlanjutan: Sumber daya (keuangan, manusia atau lainnya) yang digunakan untuk melaksanakan Inovasi, Ide, Terobosan Baru yang Kreatif. Langkah/strategi yang dilakukan dan berkelanjutan, sumber daya/inovasi yang digunakan.
  7. Dampak: Inovasi, Ide, Terobosan Baru yang Kreatif telah dievaluasi secara formal skala dampaknya, cara mengevaluasi, dan indikator dalam evaluasi.
  8. Keterlibatan Pemangku Kepentingan: Jelaskan pemangku kepentingan mana yang terlibat dan peran kontribusi yang diberikan.
  9. Foto Dokumentasi dan Data Pendukung

 

KETENTUAN BERKAS KHUSUS ANGGOTA TIM:

  1. Scan foto KTP/KTM.
  2. Transkrip Nilai/Surat Keterangan yang tertera Semester dan IPK.
  3. Curriculum Vitae (format bebas, maksimal 1 halaman).
  4. Surat Keterangan tidak sedang mendapatkan beasiswa dari pihak lain/instansi, tidak sedang bekerja, dan tidak berada dalam status ikatan dinas dari Lembaga/Instansi/Yayasan lain (Download Format Surat pada link pendaftaran di bawah ini).
 

 

CARA MENDAFTAR BEASISWA BRI PEDULI – CREATION:

  1. Untuk mendaftar program Beasiswa BRI Peduli – Creation, dapat dilakukan melalui link berikut: https://bri.co.id/bripedulicreation (copy paste pada browser kalian) atau mengakses Google Form berikut: Registration Link.
  2. Tim mengunggah proposal yang akan diikutsertakan pada tautan di atas.
  3. Batas waktu pendaftaran Beasiswa BRI Peduli – Creation sampai dengan 31 AGUSTUS 2021.
  4. Hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada tanggal 6 September 2021.
  5. Selanjutnya tim yang telah lolos seleksi administrasi akan melakukan presentasi singkat pada tanggal 8 s/d 10 September 2021. Pengumuman peserta yang lolos seleksi dilaksanakan pada tanggal 13 September 2021.
  6. Supercamp akan dilaksanakan pada tanggal 15 s/d 16 September 2021 berupa penyesuaian inovasi sesuai dengan ketentuan yang akan dijabarkan dan selanjutnya akan dipresentasikan (penyempurnaan presentasi).
  7. Pengumuman akan dilaksanakan pada tanggal 20 September 2021.

 

Apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai program Beasiswa BRI Peduli – Creation dapat menghubungi kontak berikut:
0812-4304-8986 (WA only)
Sumber Informasi Resmi: https://bri.co.id/bripedulicreation

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Mengenal Program Pengembangan Karir Karyawan

Mengenal Program Pengembangan Karir Karyawan

Program pengembangan karir merupakan salah satu dukungan perusahaan sebagai upaya mendorong dan memotivasi karyawan agar mampu mengembangkan karirnya menjadi lebih baik dari segi posisi maupun pendapatan. Setiap karyawan pasti tidak ingin memiliki karir yang stagnan, mereka menginginkan sebuah kemajuan untuk mencapai titik kesuksesan.   Pengembangan karir menjadi salah satu fokus perusahaan untuk memberikan kesempatan bagi para karyawan agar mampu menggali potensinya. Melalui program pengembangan karir yang terencana, motivasi dan produktivitas kerja karyawan akan meningkat begitupun dengan tingkat kepuasan kerja. Hal tersebut akan mendorong performa dan kontribusi karyawan menjadi lebih baik.   Pada akhirnya, program ini akan berdampak pada kemajuan perusahaan yang lebih progresif. Serta mempertahankan karyawan yang memiliki potensi untuk berkontribusi besar bagi perusahaan. Pengembangan karir sudah seharusnya direncanakan dan disusun secara matang oleh departemen HR. Hal ini bertujuan agar hasilnya sesuai dengan target yang diinginkan perusahaan maupun karyawan. Upaya pengembangan karir ini merupakan salah satu bentuk manajemen sumber daya manusia yang diaplikasikan melalui Program Pengembangan Karir atau Career Development Program (CDP).   Pengertian Pengembangan Karir Menurut Komang (2012:1), pengembangan karir adalah peningkatan pribadi yang dilakukan seseorang untuk mencapai sebuah rencana karir dan peningkatan yang dilakukan oleh departemen personalia untuk mencapai suatu rencana kerja sesuai dengan jalur atau jenjang organisasi.   Berdasarkan pengertian Komang, bisa dijabarkan bahwa pengembangan karir adalah sebuah proses yang dilakukan oleh perusahaan melalui departemen HR dengan melibatkan usaha karyawan untuk mengubah status, posisi, atau kedudukan karyawan itu sendiri. Tidak hanya perihal jabatan dan salary, pengembangan karir ini juga berfokus pada peningkatan kemampuan karyawan untuk menggali potensi dan memberikan performa terbaiknya bagi perusahaan.   Dalam praktiknya, terdapat 3 unsur penting yang mendukung program pengembangan karir yaitu individu (karyawan itu sendiri), manajer, dan perusahaan. Karyawan disini menjadi unsur yang menentukan keberhasilan program pengembangan karir. Tanpa niat dan keinginan untuk belajar dari karyawan itu sendiri, semua rencana tidak akan berjalan.   Manajer mengetahui secara langsung performa karyawan di lapangan, karenanya ia berperan memberikan laporan nilai dan umpan balik atas kinerja yang sudah diberikan karyawannya. Sedangkan dari segi perusahaan, perannya menjadi penggerak dengan menyusun program pelatihan, pilihan jenjang karir atau sesuai kebijakan yang dimiliki.   Menyusun Program Pengembangan Karir Mengutip laman the balance careers, Susan M.Heathfield seorang HR dan management consultant menjelaskan beberapa langkah dalam merencanakan program pengembangan karir oleh perusahaan untuk karyawannya, yaitu : Membuka sesi diskusi secara terbuka dengan karyawan. Seorang manajer atau divisi HR bisa menanyakan kepada karyawan apa mimpi/pilihan karirnya di perusahaan. Gali pemikiran mereka tentang apa perubahan/progres yang ingin mereka lakukan di perusahaan Anda. Sarankan agar karyawan memikirkan beberapa hal diantaranya: Apa perkembangan karir yang ingin dicapai dalam waktu tiga tahun? Apa pencapaian yang diinginkan tahun ini? Tawarkan peluang yang tersedia di perusahaan Anda sebagai bahan pertimbangan untuk mencapai tujuan karirnya. Siapkan rekomendasi, apa yang bisa perusahaan Anda berikan dalam upaya mengembangkan karir karyawan. Serta bentuk dukungan yang diberikan perusahaan agar tujuan karir karyawan bisa tercapai. Melibatkan karyawan dalam proses merumuskan rencana pengembangan karir. Bersikaplah terbuka dan fleksibel untuk menampung saran dari setiap karyawan. Anda juga bisa membuat sebuah formulir yang wajib diisi oleh setiap karyawan terkait rencana pengembangan karir, serta apa yang mereka butuhkan untuk mendukung rencana karirnya. Pengembangan karir merupakan salah satu kegiatan manajemen sumber daya manusia sebagai bentuk dukungan dan hubungan antar karyawan dengan perusahaan. Meskipun semua bergantung pada profesionalitas dan partisipasi karyawan, perusahaan harus tetap memberikan wadah dan dukungan melalui program pengembangan karir yang tersusun dengan baik. Semakin baik sistem pengembangan karir karyawan perusahaan, maka semakin mudah karyawan dalam mengembangkan karirnya dan berdampak bagi perkembangan perusahaan juga.   Temukan kandidat muda terbaik untuk bergabung di perusahaan Anda bersama TopKarir, hubungi kami di sini. Tips-tips karir seputar HR lainnya bisa Anda temukan di Ruang HR TopKarir.
5 Skill yang Wajib Dimiliki Milenial di Tahun 2020

5 Skill yang Wajib Dimiliki Milenial di Tahun 2020

Gak terasa kita sudah memasuki tahun 2020 ya Sahabat TopKarir. Kalau kamu masih merasa waktu berjalan tanpa ada pencapaian, sebaiknya kamu evaluasi lagi nih bagaimana usaha kamu mewujudkan resolusi yang sudah kamu buat di awal tahun lalu. Di tahun yang penuh tantangan ini, tren semakin cepat berganti, teknologi semakin berkembang dan mempermudah semua aspek industri dan kehidupan. Lalu apa dampaknya? Ketika teknologi menunjukkan kemajuan, sumber daya manusia juga harus meng-upgrade diri untuk mengikuti kebutuhan pasar. Timbul pertanyaan untuk menghadapi tantangan profesional maupun kehidupan di tahun 2020, skill apa yang wajib kita miliki di tengah industri yang semakin canggih ini ya?     Kecerdasan emosional   Kesuksesan karir seseorang tidak hanya dipengaruhi oleh kecerdasan intelektual. Kamu juga harus pandai menghadapi beragam situasi secara positif. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan seseorang untuk bisa mengelola dan mengenali emosi yang dirasakan sendiri maupun orang lain. Memahami emosi sangat penting ketika memasuki lingkungan pekerjaan, dimana kita akan bekerja sama dan bernegosiasi dengan rekan kerja dengan kepribadian yang berbeda-beda.     People management   Kalau kamu seseorang yang sangat bisa diandalkan oleh perusahaan, pekerjaanmu efektif dan efisien, bukan gak mungkin kamu diangkat jadi leader, baik untuk level supervisor atau manager. Kamu bakal memimpin sebuah tim, memastikan semua komponen kerja berjalan mencapai tujuan perusahaan. Sebagai pemimpin tugasmu bukan hanya mengarahkan saja, tapi juga memotivasi dan membangun lingkungan kerja yang baik.     Critical thinking   Skill selanjutnya yang wajib kamu punya adalah critical thinking (berpikiran kritis). Kamu harus mampu melihat masalah atau isu secara jelas dan logis. Menimbang baik buruknya sebuah pendekatan, sehingga kamu bisa menemukan solusi yang tepat dari setiap permasalahan.      Kreativitas   Di era revolusi 4.0 akan banyak pekerjaan manusia yang tergantikan dengan teknologi mesin. Namun mesin hanya bisa membuat pekerjaan menjadi lebih cepat, mereka tidak bisa berpikir kreatif layaknya manusia. Jadi kreatif bukan berarti kamu harus menciptakan lagu atau membuat lukisan. Kalau kamu bisa menyatukan pendapat dari beragam sudut pandang menjadi sebuah kesimpulan, kamu juga bisa disebut kreatif lho. Kreativitas lahir dari kepercayaan, kalau kamu bisa dan berani membuat sesuatu yang berbeda.     Complex problem solving   Terakhir yang juga gak kalah pentingnya adalah kemampuan menyelesaikan masalah. Untungnya kemampuan ini nggak didapat sejak kamu lahir, tetapi dari perjalanan hidup yang kamu alami. Bagaimana kamu mampu menghadapi masalah yang kerap datang di kehidupanmu. Dilansir HR Vision Event, lebih dari 1/3 pekerjan di segala industri berekspektasi pada kemampuan kita untuk menyelesaikan masalah-masalah rumit. Coba asah kemampuan problem solving-mu mulai sekarang ya, salah satunya bisa lewat video game lho.     Itu tadi 5 skill yang wajib banget kamu punya di 2020 ini. Buat yang merasa belum punya kelimanya, gak ada kata terlambat untuk mulai mengasah keahlian, siapkan diri menjadi lebih baik untuk masa depanmu ya. Yuk temukan tips-tips dan informasi seputar karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang ya.
Komentar