Pencari Karir Pencari Kandidat

Pertanyaan Saat Interview Kerja Yang sering muncul 

24 Maret 2021 20:03 4284 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 3 KALI DIBAGIKAN

Setiap calon karyawan pasti akan menghadapi wawancara kerja, dan masing masing individu pasti memiliki strategi dalam menjawab pertanyaan wawancara tersebut. Ini adalah tes yang paling mendebarkan. Tes wawancara jadi penentu apakah kamu bakal diterima kerja atau tidak.Karena di tahapan ini, sang penilai bisa melihat jelas kepribadian dan cara seseorang mempresentasikan dirinya, untuk kemudian dinilai apakah pantas atau tidak bergabung dengan sebuah perusahaan. Nah berikut ini pertanyaan pertanyaan yang sering muncul saat interview, apa sajakah pertanyaan-pertanyaan itu? Ini daftarnya!



Bisakah menceritakan soal diri kamu?

Di pertanyaan ini, kamu jangan seperti membacakan riwayat hidup. Itu semua sudah ada di CV, melainkan kamu harus berikan informasi-informasi yang tegas dan menarik serta menunjukkan mengapa kamu layak mendapatkan pekerjaan tersebut. Seperti pencapaian atau pengalaman terbaikmu dan tutup dengan pengalaman terkini yang membuatmu memiliki status, pekerjaan atau jabatan saat ini.

 

Kenapa kami harus mempekerjakan kamu?

Pastikan kamu menjawab dengan tiga hal penting ini, yaitu kamu bukan hanya bekerja tapi bisa menghasilkan yang terbaik, kamu bisa dengan mudah beradaptasi dengan tim dan budaya kerja dan kamu adalah pilihan terbaik dibanding kandidat lain. Karena pertanyaan ini adalah waktu yang tepat untuk "menjual" skill-mu pada sang pewawancara.



Kenapa kamu berhenti (mengundurkan diri) dari pekerjaan lama Anda?

Bila kamu sudah bekerja lebih dari satu kantor, pasti pertanyaan ini akan muncul. Jangan tebarkan aura negatif tentang kantor lamamu. Sebaliknya, sampaikan bahwa kamu berniat untuk memulai perjalanan baru dengan kesempatan baru. Seperti kamu ingin mendapatkan banyak kesempatan baru di karir yang selanjutnya dan bukan di perusahaan yang lama.

 

Berapa gaji yang kamu harapkan?

Hindari menjawab pertanyaan ini dengan nominal yang jelas. Aturan utama dalam menjawab pertanyaan ini adalah dengan terlebih dahulu mempersiapkan riset soal kisaran gaji untuk posisi yang kamu lamar. Ada baiknya, kamu mengajukan nominal dalam bentuk range. Tentukan range yang masuk akal, sesuai dengan latar belakang pendidikan, pengalaman dan skill yang kamu miliki. 



Apa yang kamu lihat dari dirimu 3 sampai 5 tahun lagi?

Menjawab tidak tahu adalah kesalahan terbesar. Kamu tidak perlu membeberkan rencana kerja dengan rinci, cukup dengan “Saya ingin bekerja sebaik-baiknya dan menaiki jenjang karir di kantor ini.”



Apa kelemahan terbesarmu?

Pertanyaan ini berguna untuk mengecek apakah kamu termasuk orang yang sadar diri atau tidak. Jawablah pertanyaan ini dengan sifat jelek yang biasanya ada di kebanyakan orang seperti susah bangun tidur dan lain sebagainya. Tambahkan juga dengan cara apa yang kita gunakan untuk mengatasi kelemahan tersebut.



Ada pertanyaan yang ingin kamu ajukan?

Ini adalah waktu yang tepat untuk mencari tahu lebih banyak soal perusahaan dan posisi yang kamu inginkan. Mungkin untuk informasi yang lebih umum sudah dibeberkan saat wawancara berlangsung. Cobalah menanyakan hal-hal yang lebih spesifik, misalnya, "Apa yang membuat Anda senang bekerja di kantor ini?" atau "Seperti apa pencapaian terbaru perusahaan ini?"



Nah sebenarnya tes wawancara itu bisa kamu pelajari lho. Yuk cintai dirimu dengan mempertambah skill dalam diri dengan membaca berbagai tips lain di TopKarir & download aplikasinya ya! 

 

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
4 Kegiatan Seru Yang Bisa Kamu Lakukan Saat Kuliah di Luar Negeri

4 Kegiatan Seru Yang Bisa Kamu Lakukan Saat Kuliah di Luar Negeri

Sahabat TopKarir punya impian buat kuliah di luar negeri? Kamu harus coba wujudkan ya, mumpung usia masih muda, masih gampang dan semangat untuk terus belajar dan belajar. Sahabat TopKarir juga harus mengetahui ternyata kehidupan belajar ketika kamu di Indonesia dan luar negeri akan mengalami perbedaan. Perbedaan ini karena kamu bisa melaukan 4 kegiatan seru untuk mengisi masa indah kamu kuliah di luar negeri.   Berikut adalah 4 kegiatan seru yang bisa kamu lakukan saat kuliah di luar negeri.   Belajar di perpustakaan   Kamu akan bingung jika melihat perpustakaan selalu penuh di seluruh sudut ruangan. Percayalah kuliah di luar negeri akan lebih banyak menyita waktu kamu untuk belajar di perpustakaan. Hal ini dikarenakan tugas dan tuntutan penyelesaian riset kamu harus segera diselesaikan. Kamu harus memanfaatkan waktu studi kamu dengan efisien karena kalau terlambat tentunya kamu akan menanggung konsekuensi sendiri dengan membengkaknya biaya kuliah. Hal ini dikarenakan penyelenggara beasiswa sudah menghitung biaya kuliah kamu sesuai dengan kebutuhan.   Jadi pekerja paruh waktu   Untuk menambah uang jajan, biasanya para mahasiswa Indonesia bekerja paruh waktu, mereka biasanya memiliki jatah sekitar 3- 4 jam dalam  seminggu untuk bekerja freelance. Kegiatan ini dilakukan untuk mengusir rasa bosan dan jenuh karena tinggal jauh dari orang tua.   Jelajah negara   Dalam waktu liburan singkat atau kamu yang ingin menghemat biaya untuk tidak pulang selama masa liburan, bisa melakukan aktifitas jelajah negara. Kamu bisa keliling negara yang sedang kamu diami. Selain mendapatkan foto-foto yang keren, kamu juga bisa menjadikan hal ini sebagai salah satu moodbooster . Kamu bisa melakukan hal ini disaat weekend atau masa jeda perkuliahan.   Belajar asimilasi kebudayaan   Tinggal di negeri orang tentunya ada kebudayaan baru yang belum kamu pahami. Kamu bisa mempelajarinya lebih dalam dan mengenal lebih jauh budaya tersebut. Tujuannya adalah untuk mengetahui budaya setempat dan  belajar asimilasi budaya ini merupakan pengalaman yang sangat berharga untuk kamu.   Yuk buruan apply beasiswa di luar negeri yang sesuai dengan pilihan kamu di www.topkarir.com,  supaya kamu bisa lakukan 4 hal seru diatas Sahabat TopKarir.     
Komentar