Pencari Karir Pencari Kandidat

Pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah untuk S1/DIV, D3, D2, Profesi

29 Juli 2021 11:07 Pembekalan Karir 1854 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 6 KALI DIBAGIKAN

Kabar baik bagi kamu lulusan SMA/SMK/sederajat yang ingin melanjutkan kuliah jenjang S1/DIV, D3, D2, serta program profesi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI resmi membuka pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) tahun 2021.

 

KIP Kuliah ini adalah program bantuan pendidikan kepada siswa lulusan SMA, SMK dan sederajat dari keluarga kurang mampu agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas atau akademi.

 

Beasiswa KIP Kuliah merupakan program pengganti Bidikmisi yang diluncurkan pemerintah sebelumnya.

 

Tidak saja membiayai mahasiswa baru yang diterima tahun ini, KIP Kuliah juga akan mendanai penerima Bidikmisi on going yang sedang menerima beasiswa Bidikmisi yang tengah kuliah.

 

Untuk tahun 2021, pemerintah menyediakan kuota beasiswa KIP Kuliah hingga 200.000 kursi. Kuota bantuan bagi siswa keluarga mampu tersebut disebar di perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta di tanah air.

 

Sehingga peluang bagi mahasiswa kurang mampu mendapatkan bantuan KIP Kuliah ini semakin besar.

 

Prioritas KIP Kuliah ini juga diberikan kepada penyandang disabilitas, pemegang KIP, mahasiswa afirmasi (Papua, Papua Barat, 3T, dan TKI), serta mahasiswa yang terkena bencana, konflik sosial, atau kondisi khusus.

 

Bantuan apa saja diterima mahasiswa KIP Kuliah ini? Hampir serupa dengan Bidikmisi, KIP Kuliah mencakup pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi.

 

Pembebasan biaya kuliah/pendidikan yang dibayarkan langsung ke perguruan tinggi, serta bantuan biaya hidup bulanan yang ditetapkan oleh Puslapdik berdasarkan perhitungan indeks harga lokal masing-masing wilayah perguruan tinggi.

 

Durasi bantuan KIP Kuliah ini sesuai dengan masa perkuliahan jenjang studi yang diambil.

 

Jangka Waktu KIP Kuliah

Program Reguler:

  • Sarjana maksimal 8 (delapan) semester
  • Diploma Empat maksimal 8 (delapan) semester
  • Diploma Tiga maksimal 6 (enam) semester
  • Diploma Dua maksimal 4 (empat) semester

 

Program Profesi:

  • Dokter maksimal 4 (empat) semester
  • Dokter Gigi maksimal 4 (empat) semester
  • Dokter Hewan maksimal 4 (empat) semester
  • Ners maksimal 2 (dua) semester
  • Apoteker maksimal 2 (dua) semester
  • Guru maksimal 2 (dua) semester

 

Persyaratan KIP Kuliah

  1. Penerima KIP Kuliah adalah Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 (dua) tahun sebelumnya
  2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah
  3. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk Perguruan Tinggi dan diterima di PTN atau PTS pada Program Studi yang telah terakreditasi.
  4. Keterbatasan ekonomi calon penerima KIP Kuliah dibuktikan dengan:
  5. kepemilikan program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP); atau
  6. berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH); atau
  7. pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau
  8. mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan, atau
  9. mahasiswa dari keluarga yang masuk dalam desil kurang atau sama dengan kategori 4 (empat) pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).
  10. Jika calon penerima tidak memenuhi salah satu dari 5 kriteria di atas, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah asalkan memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan, yang dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali paling banyak Rp 4.000.000,00 (empat juta rupiah) setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

 

Pendaftaran KIP Kuliah

Bagi Anda yang ingin mendaftar KIP Kuliah, pendaftaran dilakukan secara online di laman KIP Kuliah: https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

 

Peserta bisa membuat akun terlebih dahulu untuk bisa login. Pendaftaran KIP Kuliah 2021 dibuka mulai 8 Februari 2021 s/d 31 Oktober 2021.

 

Anda juga bisa mengunduh panduan pendaftaran KIP Kuliah untuk informasi lebih di laman tersebut.

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Cara Ampuh Agar Sukses Kuliah Kerja Nyata

Cara Ampuh Agar Sukses Kuliah Kerja Nyata

  Setiap mahasiswa wajib mengikuti program Kuliah Kerja Nyata atau KKN. Mungkin sekarang ada beberapa kampus yang gak mewajibkan KKN. Mahasiswa yang disebut sebagai agen perubahan, akan diterjunkan ke tengah masyarakat langsung untuk mengaplikasikan ilmunya. Sebagian besar KKN berada di desa dan wilayah-wilayah terpencil. Meski beberapa ada yang dilaksanakan di tengah kota. sebelum berangkat KKN, kamu wajib menguasai 5 hal di bawah ini biar semua program berjalan dengan lancar. Simak yuk!   Bangun pagi Apa kata tetangga sekitar kalau mahasiswa yang berpendidikan tinggi bangunnya siang? Malu dong. Mending kamu bangun pagi, cuci muka, lalu jalan-jalan keliling kampung. Kamu bisa menghirup udara segar khas pedesaan sambil bercengkerama dengan warga sekitar.   Kumpul dengan warga sekitar Beberapa lokasi KKN yang cukup pelosok mungkin membuatmu susah dapat sinyal dan gak akan ada kafe fancy di sana. Jadi lebih baik manfaatkan waktumu untuk bersosialisasi dengan warga sekitar. Kumpul bareng pemuda-pemudi yang sepantaran denganmu. Mengenal lebih dekat keterampilan warga yang susah kamu temui di kota.   Rebut hati anak-anak kecil Skill yang satu ini wajib banget kamu kuasai! Jangan salah, justru anak-anak kecil inilah yang jadi jurus ampuh untuk sukseskan program KKN. Kamu bisa membuka bimbel dadakan di posko untuk mengundang minat para anak-anak. Sediakan sedikit camilan dan mainan. Bimbing mereka belajar, lalu ajak bermain setelahnya. Dalam sekejap, kamu akan menjelma jadi Kakak-kakak Mahasiswa idaman mereka.   Siap berbagi ruang pribadi Selama menjalani KKN nanti, kamu akan tinggal di rumah warga bersama teman-teman satu regu, kamu harus siap berbagi ruang pribadimu dengan teman yang lain. Kamu juga harus siap berbagi waktu, tenaga, dan lain-lain. Setiap interaksi dengan warga atau teman seregu akan meninggalkan kesan mendalam.  Itu dia tips nya Sahabat TopKarir! Yuk simak tips lainnya di aplikasi TopKarir ya!  
3 Pekerjaan yang Cocok Untuk Kamu Si Ekstrovert

3 Pekerjaan yang Cocok Untuk Kamu Si Ekstrovert

Buat kamu yang mengaku jadi kaum ekstrovert, tentunya akan lebih mudah menemukan pekerjaan yang cocok untuk kamu. Kepribadiaan ekstrovert dikenal sebagai pribadi yang supel, pandai bergaul, dan mampu bersosialisasi dengan orang baru dengan mudah. Ini dikarenakan kamu memiliki sifat yang sangat terbuka dan selalu ingin bertemu dengan orang baru. Nah, posisi apa sih yang cocok untuk kamu yang memiliki jiwa ekstrovert? Berikut adalah 3 pekerjaan untuk Sahabat TopKarir yang memiliki jiwa ekstrovert.   Pengacara   Kamu bisa mencoba profesi ini ya Sahabat TopKarir. Bertindak sebagai lawyer atau pengacara sebagai pribadi yang berjiwa ekstrovert sangat dibutuhkan. Selain banyak berbicara untuk membela klien di meja peradilan. Kamu juga sudah dipastikan akan bertemu dengan orang baru di setiap kasus hukum yang kamu tangani.   Pembawa Acara   Sahabat TopKarir sudah pasti tidak heran dengan profesi pembawa acara atau lebih populer dengan nama MC. Berprofesi sebagai MC menuntut kamu untuk pintar berbicara di depan umum dan mengerti membawa suasana. Tugas kamu cukup meng- entertaint tamu yang hadir dalam acara yang kamu tangani.   Jurnalis   Pekerjaan jurnalis adalah pekerjaan yang sangat menantang. Kamu bisa bertemu dengan siapa saja. Mulai dari supir angkutan kota hingga Menteri bahkan Presiden. Menjadi jurnalis juga akan membuat hidup kamu lebih berwarna. Kamu akan memiliki banyak ilmu pengetahuan dan wawasan baru setiap harinya. Selain itu kamu juga sangat dipastikan akan bertemu dengan orang baru, teman-teman satu profesi sebagai jurnalis dilapangan.   Hmm, gimana nih Sahabat TopKarir? Itulah 3 pekerjaan yang cocok untuk kamu berjiwa ekstrovert. Banyak pekerjaan lain yang bisa dilakukan ekstrovert. Bahkan kamu bisa mengembangkan potensi diri kamu di bidang keahlian yang lain hingga kamu juga bisa menjadi entrepreneur. Dalam menentukan pekerjaan yang cocok hanya kamu yang bisa menilai dan menentukan. Tentukan karir dan pekerjaan kamu mulai dari sekarang ya Sahabat TopKarir. Untuk karir dan pekerjaan yang tepat bisa kamu temukan hanya di www.topkarir.com    
Komentar