Pekerjaan vs Karir, Emang Apa Bedanya? | TopKarir.com

Pekerjaan vs Karir, Emang Apa Bedanya?

Pekerjaan vs Karir, Emang Apa Bedanya? | TopKarir.com
05 OCT 2020 22:50 LULUSAN BARU 2971 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Selama ini apa yang kamu pikirkan tentang karir dan pekerjaan? Keduanya terkesan memiliki makna yang sama ya. Tapi sebenarnya karir dan pekerjaan itu punya arti yang berbeda lho. Dalam buku berjudul Your Job Is Not Your Career!, Rene’ Suhardono juga menegaskan kalau karir dan pekerjaan punya makna yang jauh berbeda. Menurutnya, pekerjaan adalah sesuatu yang bukan milik kita, sedangkan karir adalah apa yang kita miliki.

 

Pekerjaan hanyalah alat atau sarana yang kita gunakan untuk mencapai apa yang kita kehendaki, mendapatkan uang secara rutin untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan sehari-hari. Pekerjaan adalah kesempatan yang diberikan oleh perusahaan agar kamu berkembang secara pribadi dan profesional. Intinya, pekerjaan itu bukan milik kamu, melainkan milik perusahaan untuk mencapai tujuan organisasi.

 

Berbeda dengan pekerjaan, karir punya makna yang lebih dalam. Karir adalah cita-cita, ambisi, dan tujuan hidup jangka panjang yang dimiliki seseorang dengan menekuni suatu bidang. Karir itu keseluruhan proses dalam hidup kamu, jadi pekerjaan itu cuma salah satu proses aja. Langkah awal seseorang dalam menjajakan karir ialah passion.

 

Karir yang dibangun berdasarkan passion akan lebih mudah dijalani, sebab kamu punya kecintaan, semangat dan akan terus menikmati setiap prosesnya.

 

Seseorang yang tidak fokus membangun karir cenderung bekerja apa adanya, datang ke kantor, bekerja 8 jam, lalu pulang. Setiap hari mengerjakan apa yang sudah diperintahkan oleh atasan atau apa yang sudah tertulis dalam perjanjian, dengan tujuan menerima gaji setiap bulannya. Intinya mereka sudah merasa aman dan cukup, yang terpenting kemauan dan kebutuhan hidupnya bisa terpenuhi.

 

Tapi kalau orang yang fokus berkarir cenderung punya keinginan belajar yang tinggi, penuh inisiatif dan berani mencoba hal-hal baru. Mereka rutin mengevaluasi kinerjanya, jika ia merasa tempatnya bekerja/belajar saat ini tidak bisa lagi membuatnya berkembang, ia akan mencari tempat baru untuk meningkatkan karirnya. 

 

Karir akan membuat hidupmu lebih bermakna, apa yang kamu kerjakan dilalui karena kamu memang suka menjalaninya.

 

Kamu akan terus berusaha menambah dan mengasah kompetensi di bidang yang menjadi fokus kamu. Karena itu, karir bukan hanya memberi manfaat untuk kehidupanmu sekarang dan di masa depan, tapi juga bermanfaat untuk banyak orang. Kamu nggak akan segan berbagi pengalaman dan ilmu yang kamu punya ke orang lain. Dari situ kamu akan menemukan kebahagiaan dan makna dalam hidup.

 

Terus, emang salah ya kalau memilih fokus bekerja dibanding berkarir? Yang pastinya nggak dong. Bekerja adalah bagian dari perjalanan karir, lewat pekerjaan, kamu bisa mendapat pelajaran dan pengalaman untuk mulai meniti karir. Bisa jadi dari pekerjaan itu, karir kamu akan terbentuk, karena kesesuaian pekerjaan dengan passion, tujuan dan nilai yang kamu punya.

 

Jadi, ayo mulai bangun karirmu sekarang, temukan passionmu terlebih dulu, tentukan bidang yang mau kamu geluti, asah dan belajar untuk perkuat kompetensimu, temukan mentor dan lingkungan yang suportif dan positif. Baru deh kamu bisa terjun ke dunia kerja, meneruskan pendidikan, atau bahkan menjadi wirausahawan.

 

Selalu ingat mimpi, masa depan dan tujuan hidupmu, kehidupanmu semuanya adalah tentang kamu, jadi pastikan kamu menjalaninya dengan sepenuh hati ya.

 

Untuk mendukung karir kamu, TopKarir selalu siap sedia jadi teman perjalanan karir yang membantumu dari awal sampai meraih impian. Potensi dan bakat kamu bisa kamu cari tahu di Tes Minat Bakat, kamu juga bisa konsultasikan hasilnya bareng sama mentor hebat dan profesional di berbagai bidang lewat TopKarir Klinik, disitu kamu bakal chat-an langsung lho sama expert.

 

Buat mengasah skill dan membekali diri agar pondasi karir kamu makin kokoh, kamu bisa belajar dan ikut pelatihan online di TopEdu. Materi dan pembahasannya juga beragam, mulai dari bisnis & keuangan, teknologi, marketing, kreatif, hospitality, sampai personal skill. Kalau mau mulai bangun bisnis kamu juga bisa gabung APINDO UMKM Akademi, banyak mentor hebat yang sudah sukses dan berpengalaman sebagai wirausahawan, kamu juga bisa ikut pendampingan secara langsung. Atau kalau mau cari pekerjaan atau magang, TopKarir juga menyediakan ribuan lowongan pekerjaan dan magang terupdate dari perusahaan dalam dan luar negeri.

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.