Pencari Karir Pencari Kandidat

Mengenal Sistem Reseller dan Dropship dan Keuntungannya Bagi Pengusaha

24 Maret 2021 20:03 6269 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Tidak sedikit pengusaha saat ini yang sudah menjajakan produk buatannya dengan memanfaatkan sistem online. Kemudahan memasarkan produk dan biaya yang lebih efisien membuat platform online menjadi andalan banyak pengusaha. Terlebih saat ini orang-orang cenderung memilih belanja online karena dianggap lebih praktis dan menghemat waktu.

 

Disini kreativitas dan strategi pemasaran online yang dilakukan oleh pengusaha sangat dibutuhkan untuk menarik minat calon konsumen dalam membeli produk. Seiring perkembangan sistem pemasaran online, beberapa model bisnis juga bermunculan, diantaranya adalah bisnis reseller dan dropship.

 

Pertama kita bahasa apa itu sistem reseller. Reseller merupakan kata serapan Bahasa Inggris yang berasal kata dari ‘re’ yang artinya ‘kembali’ dan ‘sell’ yang berarti ‘menjual’, serta akhiran ‘-er’ yang bermakna pelakunya. Dapat disimpulkan bahwa reseller adalah orang yang membeli produk dari pihak lain untuk untuk dijual kembali dengan tujuan memperoleh keuntungan.

 

Pada dasarnya sistem bisnis reseller mirip dengan bisnis konvensional hanya saja dengan bantuan sistem online. Jika pada sistem konvensional penjual harus menghadirkan bentuk fisik produk secara langsung kepada calon konsumen, reseller bisa melakukannya via internet. 

 

Sedangkan sistem  dropship merupakan sistem jual beli dimana para penjual / dropshipper tidak diharuskan untuk memiliki stok barang yang akan dijual, pihak supplier-lah yang wajib menyediakan stok barang yang ditawarkan.

 

Supplier berperan sebagai pemasok barang yang diharuskan untuk menjamin ketersediaan barang yang akan dijual. Berbeda dengan reseller yang harus menyetok barang, tugas seorang dropshipper hanya memasarkan produk dari supplier untuk diperkenalkan ke pasar agar nantinya menarik calon konsumen untuk membeli.

 

Cara kerja sistem dropship cukup sederhana. Dropshipper bertugas memasarkan dan mempromosikan barang milik supplier, kemudian apabila ada yang memesan ia harus menginformasikan pesanan tersebut kepada supplier untuk selanjutnya dipersiapkan dan dikirim langsung oleh supplier kepada pembeli.

 

Bagi para pengusaha atau supplier kehadiran sistem bisnis reseller dan dropship mempunyai berbagai keuntungan diantaranya :

 

Margin yang lebih besar

Menjalankan bisnis dengan sistem reseller ataupun dropship, sebagai supplier Anda memiliki kendali utama dalam hal penjualan dan penetapan harga jual. Anda bisa bekerja sama dengan para reseller atau dropshipper untuk mendapatkan persentase keuntungan yang lebih besar. Supplier / pengusaha dapat mengenjot penjualan produk lebih besar kepada konsumen melalui pemasar yang ada.

 

Menjangkau pelanggan yang lebih luas

Melalui sistem reseller dan dropship, bisa membantu usaha Anda untuk menjangkau target pasar yang lebih luas. Jika reseller dan dropship yang bekerja sama berasal dari berbagai daerah, produk Anda akan lebih dikenal luas dibandingkan hanya memasarkan produk sendiri. Hal ini tentu akan berdampak pada profit usaha Anda.

 

Kesempatan ekspansi bisnis

Jika reseller dan dropshipper berhasil menjual produk dalam jumlah besar artinya permintaan pasar meningkat. Ekspansi diartikan dengan meningkatkan jumlah produksi untuk memenuhi permintaan pasar dan meningkatkan angka penjualan.

 

Anda juga bisa menjual di pasar yang berbeda. Dengan pemahaman sistem bisnis yang baik, Anda tinggal menerapkan sistem yang sudah ada untuk membuka pasar-pasar yang baru.

 

Menghemat biaya promosi

Keuntungan yang keempat yakni pemilik usaha dapat menghemat biaya pemasaran dan promosi karena pemasar membantu mempromosikan produk Anda dengan strategi yang mereka miliki. Merek/brand produk Anda tersebar ke pasar yang lebih luas.

 

Tapi untuk bisa merasakan keuntungan ini, produk Anda harus bisa menawarkan nilai dan manfaat bagi konsumen. Bangun profile digital yang kuat melalui berbagai platform online yang relevan dengan brand Anda. Anda tidak bisa hanya memanfaatkan promosi yang dilakukan oleh pemasar, sebelumnya Anda harus membangun nilai dari brand Anda sendiri.

 

Membangun komunitas

Melalui peran reseller maupun dropshipper dapat melahirkan sebuah komunitas. Komunitas ini bisa membantu memperkenalkan produk Anda. Secara tidak langsung, komunitas berperan sebagai penggerak roda penjualan.

 

Komunitas yang terbentuk akan membangun sebuah ikatan dan relasi. Bentuk komunitas pun beragam, baik itu komunitas online maupun komunitas offline. Dari komunitas tersebut, tidak menutup kemungkinan akan melahirkan kerjasama bisnis jangka panjang.

 

Itu tadi 5 keuntungan jika Anda menjalankan sistem bisnis reseller atau dropshipper. Temukan reseller dan dropshipper terbaik untuk bekerjasama dengan perusahaan Anda di TopKarir, hubungi kami di ayunda.pratami@topkarir.com. Tips-tips karir lainnya seputar HR bisa Anda temukan di Ruang HR TopKarir.

 

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Mengenali Talenta Diri Kamu dan Mengembangkannya Dalam Dunia Kerja

Mengenali Talenta Diri Kamu dan Mengembangkannya Dalam Dunia Kerja

Halo Sahabat Topkarir, apakah kamu merasa cukup handal dalam suatu bidang? Atau kamu merasa sangat menguasai suatu talenta yang tidak dimiliiki orang lain di lingkungan kerja? Inilah saatnya kamu mengenali talenta alami diri kamu dan mulai untuk mengembangkannya agar lebih baik lagi.   Mengevaluasi Hobi dan Kegiatanmu    Sebagai anak muda sudah pasti kita seringkali menyukai sesuatu entah itu benda ataupun kegiatan. Hal itu sangat baik jika kegiatan kamu merupakan kegiatan yang positif, bahkan kesukaan atau hobi kamu jika ditekuni bisa berdampak baik untuk hidup terutama karirmu.   Mungkin hobimu tidak hanya satum cobalah melakukan penilaian, dari semua kegiatan yang kamu lakukan, kegiatan apa yang paling kamu sukai. Mulailah saatnya kamu menentukan dan melakukan penilaian dari segi mana kamu menguasai. Misalnya, kamu senang menggambar di sela kerja, dan senang bermain musik ketika pulang dari kerja. Kamu harus bisa mengevaluasi talenta mana yang paling kamu kuasai.   Kamu harus bisa memilah, hobi mana yang akan berguna di tempat kerja dan hobi mana yang berguna untuk menambah penghasilan kamu lewat talenta yang sudah kamu kuasai. Dengan hal ini, fokuskan pada talenta yang sudah benar-benar kamu kuasai dan mengasahnya lebih baik lagi. Di lain waktu, kamu juga bisa mengembangkan talenta lain yang kamu senangi.   Mempelajari Bakat yang Belum Pernah Kamu Tahu Sebelumnya   Kamu harus bersikap haus akan pengetahuan dalam mengembangkan kemampuan diri kamu. Jika kamu pandai dalam suatu talenta, ada baiknya kamu mempelajari talenta lain dan mengasahnya agar lebih baik lagi. Semakin banyak talenta yang kamu kuasai, semakin menonjolkan sikap kamu yang multi-talent yang juga akan berguna di lingkungan kerja. Mempelajari hal baru juga dapat melatih kamu untuk menghadapi dan menyelesaikan suatu tantangan, yang ada di dunia kerja.    Talenta dan kesukaan yang berguna pada lingkungan kerja biasanya seperti :   Hobi membaca, dapat memperluas wawasan kamu di dunia kerja Pandai dalam memotivasi seseorang, hal ini juga sangat berguna dan membuat kamu penting di lingkungan kerja Membuat humor, dapat meningkatkan mood rekan kerja agar mereka lebih semangat dalam bekerja Komunikasi yang efektif, jika kamu menguasai cara ber-sosialisasi yang dapat membuat lawan bicara merasa nyaman bicara dengan kamu. Hal ini juga akan sangat berguna di tempat kerja Mengendalikan situasi, talenta ini sangat berguna jika ada suatu konflik di tempat kerja. Dan kamu dapat memecah suatu konflik dengan mengendalikan situasi agar terkesan nyaman.   Kegiatan yang positif dapat membawamu kearah yang lebih baik terutama dalam urusan karir. Dapatkan inspirasi menarik lainnya yang sesuai denganmu di www.topkarir.com.  
Komentar