Mengenal Program Pengembangan Karir Karyawan | TopKarir.com

Mengenal Program Pengembangan Karir Karyawan

Mengenal Program Pengembangan Karir Karyawan | TopKarir.com
27 JUL 2020 05:49 RUANG HR 155 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Program pengembangan karir merupakan salah satu dukungan perusahaan sebagai upaya mendorong dan memotivasi karyawan agar mampu mengembangkan karirnya menjadi lebih baik dari segi posisi maupun pendapatan. Setiap karyawan pasti tidak ingin memiliki karir yang stagnan, mereka menginginkan sebuah kemajuan untuk mencapai titik kesuksesan.

 

Pengembangan karir menjadi salah satu fokus perusahaan untuk memberikan kesempatan bagi para karyawan agar mampu menggali potensinya. Melalui program pengembangan karir yang terencana, motivasi dan produktivitas kerja karyawan akan meningkat begitupun dengan tingkat kepuasan kerja. Hal tersebut akan mendorong performa dan kontribusi karyawan menjadi lebih baik.

 

Pada akhirnya, program ini akan berdampak pada kemajuan perusahaan yang lebih progresif. Serta mempertahankan karyawan yang memiliki potensi untuk berkontribusi besar bagi perusahaan. Pengembangan karir sudah seharusnya direncanakan dan disusun secara matang oleh departemen HR. Hal ini bertujuan agar hasilnya sesuai dengan target yang diinginkan perusahaan maupun karyawan. Upaya pengembangan karir ini merupakan salah satu bentuk manajemen sumber daya manusia yang diaplikasikan melalui Program Pengembangan Karir atau Career Development Program (CDP).

 

Pengertian Pengembangan Karir

Menurut Komang (2012:1), pengembangan karir adalah peningkatan pribadi yang dilakukan seseorang untuk mencapai sebuah rencana karir dan peningkatan yang dilakukan oleh departemen personalia untuk mencapai suatu rencana kerja sesuai dengan jalur atau jenjang organisasi.

 

Berdasarkan pengertian Komang, bisa dijabarkan bahwa pengembangan karir adalah sebuah proses yang dilakukan oleh perusahaan melalui departemen HR dengan melibatkan usaha karyawan untuk mengubah status, posisi, atau kedudukan karyawan itu sendiri. Tidak hanya perihal jabatan dan salary, pengembangan karir ini juga berfokus pada peningkatan kemampuan karyawan untuk menggali potensi dan memberikan performa terbaiknya bagi perusahaan.

 

Dalam praktiknya, terdapat 3 unsur penting yang mendukung program pengembangan karir yaitu individu (karyawan itu sendiri), manajer, dan perusahaan. Karyawan disini menjadi unsur yang menentukan keberhasilan program pengembangan karir. Tanpa niat dan keinginan untuk belajar dari karyawan itu sendiri, semua rencana tidak akan berjalan.

 

Manajer mengetahui secara langsung performa karyawan di lapangan, karenanya ia berperan memberikan laporan nilai dan umpan balik atas kinerja yang sudah diberikan karyawannya. Sedangkan dari segi perusahaan, perannya menjadi penggerak dengan menyusun program pelatihan, pilihan jenjang karir atau sesuai kebijakan yang dimiliki.

 

Menyusun Program Pengembangan Karir

Mengutip laman the balance careers, Susan M.Heathfield seorang HR dan management consultant menjelaskan beberapa langkah dalam merencanakan program pengembangan karir oleh perusahaan untuk karyawannya, yaitu :

  • Membuka sesi diskusi secara terbuka dengan karyawan. Seorang manajer atau divisi HR bisa menanyakan kepada karyawan apa mimpi/pilihan karirnya di perusahaan. Gali pemikiran mereka tentang apa perubahan/progres yang ingin mereka lakukan di perusahaan Anda.
  • Sarankan agar karyawan memikirkan beberapa hal diantaranya: Apa perkembangan karir yang ingin dicapai dalam waktu tiga tahun? Apa pencapaian yang diinginkan tahun ini? Tawarkan peluang yang tersedia di perusahaan Anda sebagai bahan pertimbangan untuk mencapai tujuan karirnya.
  • Siapkan rekomendasi, apa yang bisa perusahaan Anda berikan dalam upaya mengembangkan karir karyawan. Serta bentuk dukungan yang diberikan perusahaan agar tujuan karir karyawan bisa tercapai.
  • Melibatkan karyawan dalam proses merumuskan rencana pengembangan karir. Bersikaplah terbuka dan fleksibel untuk menampung saran dari setiap karyawan. Anda juga bisa membuat sebuah formulir yang wajib diisi oleh setiap karyawan terkait rencana pengembangan karir, serta apa yang mereka butuhkan untuk mendukung rencana karirnya.

Pengembangan karir merupakan salah satu kegiatan manajemen sumber daya manusia sebagai bentuk dukungan dan hubungan antar karyawan dengan perusahaan. Meskipun semua bergantung pada profesionalitas dan partisipasi karyawan, perusahaan harus tetap memberikan wadah dan dukungan melalui program pengembangan karir yang tersusun dengan baik. Semakin baik sistem pengembangan karir karyawan perusahaan, maka semakin mudah karyawan dalam mengembangkan karirnya dan berdampak bagi perkembangan perusahaan juga.

 

Temukan kandidat muda terbaik untuk bergabung di perusahaan Anda bersama TopKarir, hubungi kami di sini. Tips-tips karir seputar HR lainnya bisa Anda temukan di Ruang HR TopKarir.

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.