Mengenal Jenis Kompensasi untuk Karyawan | TopKarir.com

Mengenal Jenis Kompensasi untuk Karyawan

Mengenal Jenis Kompensasi untuk Karyawan | TopKarir.com
24 MAR 2021 20:18 RUANG HR 2319 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Kompensasi dalam dunia bisnis diartikan sebagai imbalan yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan akan kinerja yang sudah ia lakukan. Kompensasi juga menjadi salah satu pertimbangan seorang karyawan sebelum memutuskan bekerja di sebuah perusahaan.

 

Pemberian kompensasi merupakan hal penting untuk dikelola demi meningkatkan loyalitas dan motivasi kerja karyawan. Dengan begitu, produktivitas perusahaan akan meningkat yang juga mempengaruhi keuntungan perusahaan.

 

Sejatinya pemberian kompensasi tidak hanya bermanfaat bagi karyawan. Dengan pengelolaan yang baik, kompensasi juga akan berdampak positif bagi perusahaan Anda. Kompensasi dapat membantu perusahaan menghemat anggaran terutama dalam hal biaya perekrutan, sebab Anda bisa mempertahankan karyawan untuk jangka waktu lebih lama.

 

Kompensasi yang tepat dan bersifat transparan berpengaruh terhadap peningkatan performa dan loyalitas karyawan. Karena salah satu alasan terbesar karyawan meninggalkan perusahaan Anda adalah karena ketidaksesuaian kompensasi yang diberikan. Karena itu, ada baiknya Anda mengenal jenis-jenis kompensasi yang umum diberikan kepada karyawan.

 

Gaji atau Upah

Sudah menjadi kewajiban perusahaan untuk memberikan kompensasi berupa gaji atau upah kepada karyawannya. Kinerja karyawan dibayar langsung secara berkala dalam bentuk uang. Perlu diingat bahwa gaji dan upah memiliki pengertian yang berbeda. Gaji didefinisiskan sebagai imbalan kerja yang dibayarkan dalam periode atau jangka waktu tertentu kepada pekerja tetap. Sedangkan upah adalah bentuk kompensasi kerja yang dibayarkan untuk pekerjaan yang tidak terpaut pada periode tertentu.

 

Insentif

Insentif adalah tambahan imbalan khusus yang diberikan diluar gaji atau upah. Insentif biasanya diberikan bersamaan dengan gaji atau upah sebagai bentuk penghargaan atas kinerja karyawan. Program insentif umumnya diberikan dengan melihat performa penjualan, keuntungan, atau upaya kontribusi extra yang dilakukan oleh karyawan.

 

Atas hasil kerja keras dan prestasi yang dibuat oleh karyawan, perusahaan bisa memberikan penghargaan dalam bermacam bentuk, seperti uang, barang, paket liburan dan lainnya. Bagi perusahaan pemberian insentif berguna untuk menjaga loyalitas pekerja berkualitas, serta meningkatkan produktivitas perusahaan. Sedangkan bagi karyawan, insentif bermanfaat untuk meningkatkan standar hidup dengan adanya pendapatan tambahan serta membangun motivasi untuk meraih prestasi yang lebih tinggi.

 

Fasilitas

Fasilitas juga termasuk kompensasi yang diterima pekerja untuk mendukung kinerjanya. Fasilitas diberikan oleh perusahaan agar karyawan bisa melakukan pekerjaanya dengan lancar dan nyaman. Fasilitas dapat berupa lingkungan kerja yang nyaman, kendaraan untuk mobilitas kerja, perangkat digital atau komputer, sampai pelatihan kerja untuk meningkatkan kompetensi.

 

Tunjangan

Bentuk kompensasi lainnya yang diberikan kepada karyawan adalah tunjangan. Tunjangan ini biasanya meliputi asuransi kesehatan, asuransi ketenagakerjaan, tunjangan hari tua, program pensiun sampai tunjangan hari besar.

 

Jika insentif hanya diberikan perusahaan ketika ada keuntungan ekstra atau peningkatan performa, lain lagi dengan tunjangan yang diberikan dengan jaminan pasti sama seperti upah atau gaji dan biasanya sudah tertulis sebelumnya di dalam kontrak kerja.

 

Temukan kandidat berkualitas untuk menjadi bagian dari perusahaan Anda di TopKarir. Informasi lebih lanjut hubungi kami di ayunda.pratami@topkarir.com. Tips-tips karir seputar HR lainnya bisa Anda temukan di Ruang HR TopKarir.

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.