Mengenal Brand Awareness dan Manfaatnya untuk Bisnis | TopKarir.com

Mengenal Brand Awareness dan Manfaatnya untuk Bisnis

Mengenal Brand Awareness dan Manfaatnya untuk Bisnis | TopKarir.com
16 APR 2021 04:26 TINGKATKAN KARIRMU 203 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Saat mengembangkan bisnis, salah satu poin penting yang perlu diperhatikan adalah brand awareness. Ini adalah bagian dari marketing yang membuat produk bisnis kamu dikenal oleh calon pelanggan.

 

Banyak dari bisnis yang sukses adalah mereka yang mampu meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek sehingga banyak diburu oleh pelanggan. Lantas apa itu kesadaran merek? Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasan selengkapnya.

 

Apa itu brand awareness?

Kesadaran merek (brand awareness) adalah istilah pemasaran yang menggambarkan tingkat pengenalan konsumen terhadap suatu produk dengan namanya.

 

Menciptakan kesadaran merek adalah langkah kunci dalam mempromosikan produk baru atau menghidupkan kembali merek lama. Idealnya, kesadaran merek dapat mencakup kualitas yang membedakan produk dari pesaingnya.

 

Kesadaran merek adalah istilah umum yang menggambarkan seberapa akrab (sadar) konsumen dengan merek atau produknya. Sederhananya, kesadaran merek adalah ukuran seberapa mudah diingat dan dikenali suatu merek bagi audiens target perusahaan.

 

Membuat merek dikenali dan diingat adalah inti dari sebagian besar strategi pemasaran karena itu adalah kekuatan utama di balik kepercayaan merek, dan pada akhirnya, menghasilkan penjualan.

 

Apa manfaat dari meningkatkan kesadaran merek?

Meningkatkan brand awareness bukan hanya akan mendatangkan profit, tapi juga membangun loyalitas pelanggan yang bisa menguntungkan perusahaan dalam jangka panjang. Sejumlah manfaat dari meningkatkan brand awareness perusahaan adalah:

 

1. Menurunkan biaya akuisisi pelanggan

Biaya untuk mendapatkan pelanggan baru adalah salah satu biaya utama bagi sebagian besar bisnis. Kesadaran merek yang meningkat membantu menarik pelanggan melalui metode biaya rendah atau tanpa biaya. 

 

2. Meningkatkan loyalitas pelanggan

Karena mendapatkan pelanggan baru adalah proses yang mahal, mempertahankan pelanggan dan membawa mereka kembali lagi sangat penting untuk keberlanjutan bisnis jangka panjang. Loyalitas merek menciptakan tingkat keamanan tertentu untuk bisnis.

 

Kesadaran merek memainkan peran penting dalam aktivitas pelanggan berulang (repurchase). Setelah pelanggan membeli dari perusahaan, apakah kamu menggunakan alat seperti buletin, promosi, dan survei kepuasan untuk tetap berhubungan?

 

Tindakan sederhana ini dapat mempertahankan kesadaran merek diantara kumpulan pelanggan kamu yang sudah ada.

 

3. Menangkap prospek yang hilang

Penargetan ulang adalah proses menghubungkan kembali dengan pelanggan yang hampir membeli, dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian.

 

Karena pada dasarnya, pembeli bisa saja tidak jadi melakukan pembelian karena sejumlah alasan, mulai dari masalah teknologi hingga gangguan sederhana. 

 

Menindaklanjuti pelanggan yang memuat barang ke keranjang belanja online misalnya, dan kemudian gagal melakukan pembayaran, dapat membantu perusahaan memperoleh pendapatan yang signifikan.

 

Keakraban pelanggan yang ditargetkan ulang dengan merek dapat dimanfaatkan, dalam kemitraan dengan insentif seperti kupon diskon x%, untuk berhasil menyelesaikan pembelian.

 

4. Memotong pengeluaran pemasaran

Pelanggan yang telah mengetahui produk dengan baik dapat menjadi bantuan untuk pemasaran produk secara gratis.

 

Pasalnya, mereka dapat mempromosikan bahkan memberikan review terhadap produk yang membuat pelanggan lain ingin juga membeli. Itulah sebabnya, mengapa meningkatkan brand awareness bisa turut memotong pengeluaran pemasaran.

 

5. Metrik eksekutif yang berguna

Eksekutif di luar pemasaran secara konsisten mencari metrik yang dapat mereka laporkan kepada CEO, dewan direksi, pemegang saham, dan pemangku kepentingan lainnya sebagai bukti keberhasilan perusahaan. 

 

Sementara hasil keuangan dan data penjualan mengalahkan sebagian besar masukan lainnya, kesadaran merek yang meningkat dapat menandakan hasil dari upaya untuk masuk ke pasar baru dan memberikan bukti nyata tentang potensi pertumbuhan perusahaan. 

 

Selain seputar bisnis, temukan juga tips karir menarik lainnya di sini. Temukan informasi lowongan kerja terupdate dan rencanakan karir hebatmu di TopKarir. Download aplikasinya gratis di App Store dan Play Store.

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.