Pencari Karir Pencari Kandidat

Mengembangkan Bisnis Budaya dan Pariwisata Pasca Pandemi

24 Maret 2021 20:03 492 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 4 KALI DIBAGIKAN

Usai pandemi corona banyak pakar bisnis yang menyebut industri pariwisata dan kebudayaan di Indonesia akan berkembang secara cepat dan masif. Pengusaha nasional Sandiaga Uno salah satunya, menyebutkan jika negara kita punya potensi dan spot-spot wisata yang bisa dimanfaatkan untuk mensejahterakan rakyat dan menopang keberlanjutan ekonomi.

 

Industri pariwisata dan seni budaya menjadi aset berharga yang harus dikembangkan untuk membangkitkan kembali ekonomi bangsa seraya melestarikan kekayaan tradisi yang kita punya.

 

APINDO UMKM AKADEMI 17 Maret 2021 kemarin kembali mengadakan webinar UMKM berjudul Mengembangkan Bisnis Budaya dan Pariwisata Untuk Kebanggaan Bangsa. Narasumber yang hadir diantaranya Alexander Nayoan Ketua PHRI Learning Center dan Agra Locita Marketing & Brand Development PT. Aseli Dagadu Djokdja.

 

Di awal materi Alexander Nayoan menjelaskan tugas PHRI yang melobi dan berusaha mendekatkan diri pada Pemerintah untuk menyampaikan aspirasi anggota dan non-anggota mengenai kebijakan apa yang sebaiknya dilakukan oleh Pemerintah.

 

Alexander Nayoan mengingatkan jika pebisnis restoran tidak masuk ke dunia digital di masa pandemi sekarang, client anak-anak milenial mungkin tidak akan berpaling ke bisnisnya. Sedangkan kompetitor sudah melakukan inovasi digital seperti QR Qode, aplikasi online, dll.

 

“Jaman sekarang Anda sudah tidak bisa lagi dan tidak boleh dagang sendirian, sebuah usaha harus berpartner, kalau bisa membuat asosiasi yang menjual produk secara bersamaan” jelas Alexander Nayoan

 

Alexander Nayoan juga sangat menyarankan bagi pengusaha restoran untuk tidak membuat pilihan menu terlalu banyak, dan harus punya minimal 1 produk, maksimal 3 yang menjadi best seller.

 

Agra Locita juga menceritakan perjalanan Dagadu selama 27 tahun berbisnis dengan melihat peta, tren dan mencermati arus utamanya, sampai mencari tahu minat masyarakat, untuk kemudian mengeluarkan produk-produk yang alternatif sesuai dengan yang dibutuhkan pangsa pasar.

 

Selama pandemi Dagadu melakukan dukungan penuh kepada UMKM di Jogja untuk melakukan consignment. Juga membuka peluang untuk teman-teman UMKM lokal Jogja agar produknya dikreasikan dan dipasarkan di gerai Dagadu baik offline maupun online.

 

Sebagai inovasi, Dagadu membuka paket tour di gerai Dagadu, orang-orang yang datang bisa merasakan kekerabatan dengan komunitas yang ada. Dalam program ini, salah satu kegiatannya yakni UMKM di kawasan Borobudur bisa memasarkan produknya berdampingan dengan kegiatan pariwisata.

 

Menurut Agra Locita, banyak nilai-nilai baik yang kita punya dan ditanamkan oleh leluhur dalam sebuah budaya. Hal-hal baik itu dipersiapkan untuk masa depan kita menjadi lebih baik. Ketika kita mau mengangkat itu ke dalam versi yang lebih modern, kita bisa mengenalkannya ke orang yang lebih banyak.

 

Cara kehidupan sosial masyarakat Jogja dan kreativitas yang berkembang di Jogja membentuk usaha Dagadu, seperti desain kaos bertuliskan bahasa Jogja yang dikemas jenaka lewat “plesetan”.

 

Webinar APINDO UMKM AKADEMI dengan tema Mengembangkan Bisnis Budaya dan Pariwisata Untuk Kebanggaan Bangsa dapat Anda saksikan siaran lengkapnya di sini.

 

APINDO UMKM AKADEMI rutin mengadakan webinar kewirausahaan gratis setiap hari Rabu dengan menghadirkan pembicara-pembicara inspiratif di dunia bisnis untuk berbagi pengalamannya.

 

Di episode-episode selanjutnya APINDO UMKM AKADEMI akan menghadirkan narasumber lain dan mengangkat tema yang tidak kalah menarik guna menambah wawasan pelaku UMKM untuk bisa maju dan naik kelas.

 

Daftarkan diri Anda di link berikut ini www.topkarir.com/kewirausahaan, dapatkan informasi eksklusif seputar webinar dan program UMKM lainnya yang bermanfaat untuk kemajuan bisnis Anda. Karena sekarang saatnya #UMKMNaikKelas.

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Pelatihan TopEdu Minggu Ini: Bekal Sukses Bangun Usaha maupun Kerja Kantoran

Pelatihan TopEdu Minggu Ini: Bekal Sukses Bangun Usaha maupun Kerja Kantoran

Minggu ini ada beberapa pilihan yang bisa kamu ikuti untuk mempersiapkan diri memulai dan mengembangkan karir. Ikut pelatihan online di TopEdu untuk bekal karir yang lebih cerah di 2021. Berikut ini beberapa pilihan pelatihan spesial di TopEdu yang bisa kamu pilih.   Seni Menjual di Masa Pandemi by Sri Margono Motivator dan Spiritual Ministry Di pelatihan webinar ini kamu akan diajarkan bagaimana sebuah produk dapat laku terjual dan mendapat banyak keuntungan.  Diperlukan 4 kekuatan yang perlu kamu pahami yakni Mindset Goals, Sales Goals, Competition Objectives, dan Consistent Goals yang akan menjadikanmu penjual militan dan berhasil. Semua akan dikupas tuntas di webinar ini.   Webinar ini akan dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2021, Pukul 15:00-17:00 WIB.   Who Wants to Be Entrepreneur by Mitajani Training Center Pelatihan yang satu ini dimaksudkan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan terutama bagi kamu yang punya mimpi memulai bisnis. Disini akan diulas bagaimana mengenal diri sendiri, memahami kekuatan dan kelemahan diri, menumbuhkan jiwa pemimpin, dan mampu melihat peluang untu menjadi pengusaha.   Webinar ini akan dilaksanakan pada tgl 27 Januari 2021 Pukul 14:00-15:30 WIB   Pelatihan Yunior Stylist by Betarin Dalam pelatihan ini kamu akan belajar tentang cara mencuci rambut, memangkas rambut, mengeringkan rambut, merawat kulit kepala dan rambut dengan level yunior stylist yang sesuai kebutuhan dunia kerja dan bisa juga membuka usaha salon atau salon mobile.   Microsoft Office Excel Perkantoran by Rainusa Training Pengetahuan dasar bagi kamu yang ingin belajar mengenai Microsoft Excel Perkantoran sebagai sebuah program atau aplikasi yang merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office. Memahami Microsoft Office Excel akan sangat berguna untuk pekerjaan kamu lho, skill ini dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Disini kamu akan diajarkan mengolah data menggunakan spreadsheet Microsoft Excel yang umum digunakan di ranah perkantoran.   Temukan lebih banyak pelatihan dan sertifikasi yang bermanfaat untuk karir kamu di TopEdu, cari tahu lebih banyak di sini.  
Webinar Sasa-Preneurship: Teknik Marketing dan Pengembangan Usaha

Webinar Sasa-Preneurship: Teknik Marketing dan Pengembangan Usaha

Menjalankan sebuah bisnis memang bukan perkara yang mudah, teknik marketing merupakan salah satu aspek terpenting yang wajib dimiliki oleh seorang pengusaha. Ketika pebisnis mampu menyusun strategi/teknik marketing yang tepat, usaha yang sedang dirintis akan mampu menarik minat banyak konsumen. Pada akhirnya, pengusaha bisa mendapatkan keuntungan yang besar.   Perkembangan teknologi yang pesat, semakin mempermudah dan “memper-murah” kegiatan pemasaran. Kehadiran berbagai platform promosi seperti web dan media sosial memungkinkan strategi pemasaran bisa dilakukan secara efektif dan jangkauan yang lebih luas namun dengan biaya promosi yang jauh lebih murah.   Meskipun media promosi kini semakin mudah dan beragam, bukan berarti proses pemasaran dapat dilakukan secara instan, dibutuhkan teknik dan strategi perencanaan yang matang untuk menentukan model pemasaran yang efektif. Pasalnya, jika proses pemasaran dilakukan tanpa adanya perencanaan yang tepat, bisa dipastikan keuntungan tidak akan didapat, bahkan bisnis Anda bisa mengalami kerugian.   Pentingnya merancang teknik marketing bagi sebuah bisnis harus menjadi fokus para pelaku usaha. Karena, dengan teknik marketing yang tepat, pelaku usaha bisa dengan mudah mengembangkan bisnisnya dan menggaet konsumen yang lebih besar. Untuk membantu Anda menyusun teknik marketing dan pengembangan usaha, APINDO & BPJS Ketenagakerjaan bersama Sasa Tepung Bumbu mempersembahkan:   Webinar Sasa-Preneurship dengan tema: Teknik Marketing dan Pengembangan Usaha Narasumber: Edric Chandra Program Inisiator Diplomat Success Challenge & Komite Pemasaran Kewirausahaan APINDO   Host: Alexander Zulkarnain Brand & Partnership Director at Young On Top   Acara ini akan berlangsung pada hari Jumat, 24 Juli 2020, pukul 15.00-17.00 WIB melalui Live on Zoom dan Livestreaming di TopKarir.com.   Webinar ini GRATIS untuk siapapun yang mau belajar! Segera daftarkan diri Anda di link berikut ini bit.ly/sasapreneurship   Benefit : E-Sertifikat Ilmu Relasi    
Komentar