Pencari Karir Pencari Kandidat

Membentuk Karakter Diri yang Sukses Sebelum Terjun ke Dunia Kerja

24 Maret 2021 20:03 6146 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 3 KALI DIBAGIKAN

Saat memutuskan untuk menjalani proses magang, merupakan hal yang bagus untuk membangun dan membentuk karakter diri yang sukses sebelum terjun ke dunia kerja. Beberapa sikap dapat menentukan sejauh mana karir kita akan berhasil, setiap sikap yang dimiliki membentuk karakter dan kepribadian tersendiri bagi kamu.

 

Percaya Diri

 

Percaya diri merupakan sikap yang mempercayai kemampuan yang ada pada diri kamu. Sikap percaya diri dapat mengantisipasi tekanan dan masalah ketika di dunia kerja nanti. Sikap percaya diri juga membuat kamu termotivasi untuk meningkatkan kemampuan-kemampuan yang ada pada diri kamu.

 

Sikap Pantang Menyerah

 

Sikap ini dapat menuntun kamu untuk sukses walaupun kamu telah jatuh berkali-kali. Menerapkan sikap ini pada karakter diri membuat kamu lebih terbiasa dalam menghadapi suatu masalah dan selalu pantang menyerah untuk mencari penyelesaiannya. Sikap ini justru akan sangat berguna ketika kamu berada di dunia kerja nanti.

 

Sifat Pemberani

 

Sikap pemberani bukan hanya berani dalam bertindak saja, berani disini juga berarti mengambil peran dan tanggung jawab dalam menyelesaikan suatu masalah. Sikap berani juga merupakan pendukung untuk mengambil suatu pilihan dan menetapkan tujuan kamu dalam bekerja.

 

Memiliki Komitmen

 

Komitmen merupakan tanda keseriusan kamu dalam mengejar tujuan dalam hidup kamu. Komitmen juga bentuk upaya untuk mengejar impian dan selalu siap untuk menghadapi setiap rintangan yang kamu hadapi.

 

Sikap Strategis

 

Sikap strategis yang tertanam pada karakter kamu, dapat membuat kamu lebih hati-hati dalam menyusun strategi tujuan yang ingin kamu capai. Dengan menerapkan strategi dapat memudahkan kita untuk mengetahui seberapa jauh perjalanan yang sudah kita lalui untuk mencapai kesuksesan.

 

Kreativitas

 

Menanamkan kreativitas dalam karakter diri, membuat kamu menjadi pribadi yang mencetuskan ide-ide baru yang lebih kreatif dari sebelumnya. Kreativitas juga berguna ketika terjun ke dunia bisnis dalam penciptaan suatu produk, dan sikap ini sangat penting untuk melahirkan produk-produk baru yang original dan memiliki potensi pada pasar.

 

 

 

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Mengenali Talenta Diri Kamu dan Mengembangkannya Dalam Dunia Kerja

Mengenali Talenta Diri Kamu dan Mengembangkannya Dalam Dunia Kerja

Halo Sahabat Topkarir, apakah kamu merasa cukup handal dalam suatu bidang? Atau kamu merasa sangat menguasai suatu talenta yang tidak dimiliiki orang lain di lingkungan kerja? Inilah saatnya kamu mengenali talenta alami diri kamu dan mulai untuk mengembangkannya agar lebih baik lagi.   Mengevaluasi Hobi dan Kegiatanmu    Sebagai anak muda sudah pasti kita seringkali menyukai sesuatu entah itu benda ataupun kegiatan. Hal itu sangat baik jika kegiatan kamu merupakan kegiatan yang positif, bahkan kesukaan atau hobi kamu jika ditekuni bisa berdampak baik untuk hidup terutama karirmu.   Mungkin hobimu tidak hanya satum cobalah melakukan penilaian, dari semua kegiatan yang kamu lakukan, kegiatan apa yang paling kamu sukai. Mulailah saatnya kamu menentukan dan melakukan penilaian dari segi mana kamu menguasai. Misalnya, kamu senang menggambar di sela kerja, dan senang bermain musik ketika pulang dari kerja. Kamu harus bisa mengevaluasi talenta mana yang paling kamu kuasai.   Kamu harus bisa memilah, hobi mana yang akan berguna di tempat kerja dan hobi mana yang berguna untuk menambah penghasilan kamu lewat talenta yang sudah kamu kuasai. Dengan hal ini, fokuskan pada talenta yang sudah benar-benar kamu kuasai dan mengasahnya lebih baik lagi. Di lain waktu, kamu juga bisa mengembangkan talenta lain yang kamu senangi.   Mempelajari Bakat yang Belum Pernah Kamu Tahu Sebelumnya   Kamu harus bersikap haus akan pengetahuan dalam mengembangkan kemampuan diri kamu. Jika kamu pandai dalam suatu talenta, ada baiknya kamu mempelajari talenta lain dan mengasahnya agar lebih baik lagi. Semakin banyak talenta yang kamu kuasai, semakin menonjolkan sikap kamu yang multi-talent yang juga akan berguna di lingkungan kerja. Mempelajari hal baru juga dapat melatih kamu untuk menghadapi dan menyelesaikan suatu tantangan, yang ada di dunia kerja.    Talenta dan kesukaan yang berguna pada lingkungan kerja biasanya seperti :   Hobi membaca, dapat memperluas wawasan kamu di dunia kerja Pandai dalam memotivasi seseorang, hal ini juga sangat berguna dan membuat kamu penting di lingkungan kerja Membuat humor, dapat meningkatkan mood rekan kerja agar mereka lebih semangat dalam bekerja Komunikasi yang efektif, jika kamu menguasai cara ber-sosialisasi yang dapat membuat lawan bicara merasa nyaman bicara dengan kamu. Hal ini juga akan sangat berguna di tempat kerja Mengendalikan situasi, talenta ini sangat berguna jika ada suatu konflik di tempat kerja. Dan kamu dapat memecah suatu konflik dengan mengendalikan situasi agar terkesan nyaman.   Kegiatan yang positif dapat membawamu kearah yang lebih baik terutama dalam urusan karir. Dapatkan inspirasi menarik lainnya yang sesuai denganmu di www.topkarir.com.  
Komentar