Pencari Karir Pencari Kandidat

Membangun Kepercayaan Diri Dilingkungan Kerja

24 Maret 2021 20:03 1871 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Sahabat Topkarir, siapa saja yang baru masuk kedalam lingkungan kerja yang baru pasti merasa canggung bukan. Bukan hanya komunikasi antar pekerja lainnya, menghadapi atasan pun kadang merasa kurang percaya diri sehingga menjadi malu untuk mengerjakan sesuatu yang kamu mampu dan kuasai.

 

Ada beberapa kiat yang perlu diperhatikan agar kamu lebih percaya diri dan lebih produktif dilingkungan kerja, sehingga komunikasi antar karyawan pun menjadi lancar tanpa timbulnya permasalahan. Inilah kiat-kiat nya:

 

Bersyukur Pada Diri Kamu

 

Bersyukur merupakan cara yang efektif dalam membangun percaya diri, jangan membandingkan setiap detail diri kamu dengan orang lain. Belajarlah untuk bersyukur dengan kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki. Setiap kelebihan yang kamu miliki belum tentu dimiliki orang lain dan kamu harus mengandalkannya agar lebih produktif.

 

Selalu Tersenyum

 

Dalam bersosialisasi pada karyawan lain, senyuman merupakan respon positif yang dapat menimbulkan rasa percaya diri satu sama lain dan mengurangi rasa canggung pada lingkungan kerja yang baru. Tersenyum juga dapat menyelesaikan masalah kecil yang menganggu pikiran kita ketika sedang bekerja.

 

Memperbaiki Kekurangan

 

Semuanya tidak dapat dirubah dengan sempurna, namun kamu dapat membuatnya menjadi lebih baik dari sebelumnya. Mengenali apa kekurangan kamu dan memperbaikinya juga dapat meningkatkan rasa percaya diri kamu dari luar maupun dalam.

 

Menunjukkan Kemampuan Kamu

 

Menunjukkan kemampuan disini bukan berarti menunjukkan secara arogan, namun kamu harus bisa mengandalkan kemampuan kamu untuk menghadapi setiap tugas atau masalah yang terjadi. Percaya lah pada diri kamu dan tutupi kekurangan kamu dengan kemampuan yang kamu miliki.

 

Berpikir Positif

 

Memiliki pola pikir yang positif dapat merubah kehidupan kamu secara drastis, dengan menerapkan cara berpikir yang positif juga dapat mengembangkan rasa percaya diri kamu dalam lingkungan kerja. Berpikir positif juga dapat membuat kamu lebih produktif dan membuat diri kamu enggan melibatkan diri kamu dengan setiap masalah yang ada. Cobalah untuk berpikir positif dan lihatlah perubahannya dalam diri kamu.

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Tanyakan Hal Ini Pada Diri Sendiri Sebelum Menerima Pekerjaan

Tanyakan Hal Ini Pada Diri Sendiri Sebelum Menerima Pekerjaan

Mencari pekerjaan bukanlah proses yang instan, memerlukan waktu yang tidak sebentar dan persaingan dengan banyak pencari kerja. Mendapat penawaran kerja di perusahaan yang kamu impikan tentu sangat membahagiakan. Namun kamu juga perlu pertimbangan sebelum mengatakan “ya”. Apakah kamu bisa berkembang di perusahaan pilihanmu nanti? Karenanya sebelum menerima tawaran kerja, tanyakan beberapa hal ini dulu pada diri sendiri.     Apakah aku bisa beradaptasi dengan kultur di perusahaan ini?   Setiap perusahaan mempunyai budaya kerja dan aturan yang berbeda-beda. Kamu perlu mencari tahu bagaimana budaya kantor di perusahaan tersebut supaya kamu bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat kerjamu nanti.     Apa saja rutinitas pekerjaanku nanti?   Kamu perlu tahu tugas dan tanggung jawab kamu di perusahaan. Kamu perlu mempertimbangkanya dengan melihat aspek kehidupan lain, seperti waktu bersama keluarga, jam istirahat, jarak tempuh, transportasi. Hal ini bertujuan agar kamu punya gambaran keseharianmu selama beberapa tahun kedepan.     Apa keuntungan yang bisa aku dapat dengan bekerja disini?   Meskipun kamu berpikiran pengalaman lebih penting dibandingkan materi tetapi saat bekerja kamu juga harus memikirkan gaji selama berkontribusi. Apakah gaji tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhanmu nantinya. Atau kalau kamu sudah pernah bekerja sebelumnya, kamu bisa bandingkan keuntungan yang kamu peroleh di perusahaan lama dan yang akan kamu terima.     Apakah aku bisa berkembang di perusahaan ini?   Sangat penting untuk mempertanyakan hal ini pada diri sendiri. Kamu harus tau apakah kamu punya kesempatan berkembang, dan jenjang karir yang menjanjikan. Tentu kamu tidak mau kan kalau terus-terusan di posisi yang sama saat kamu diterima?     Apakah pekerjaan ini sesuai dengan passionku?   Jangan biarkan kamu merasa bosan di tempat kerja nanti, apalagi cuma bertahan beberapa bulan karena kerjaan gak sesuai sama passion kamu.      Itu tadi 5 pertanyaan untuk diri sendiri sebelum kamu menerima tawaran pekerjaan. Jadi sebelum menerima tawaran kerja pikirkan dengan matang pekerjaan yang akan kamu terima, karena masa depan karirmu ada di tanganmu sendiri. Yuk temukan informasi dan tips-tips seputar karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang juga. 
Komentar