Pencari Karir Pencari Kandidat

Memanajemen Waktu antara Pekerjaan dan Keluarga

24 Maret 2021 20:03 2297 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Tidak bisa dipungkiri, sebagai pegawai tentu saja kita memiliki jadwal yang padat untuk bekerja, sehingga meluangkan untuk hal lain seperti keluarga dan teman sangat sulit. Tetapi walaupun sulit tentu saja kita tetap harus meluangkan waktu untuk mereka agar kehidupan sosial kita berjalan dengan baik. Berikut ini adalah tips memanajemen waktu antara pekerjaan dan keluarga :

 

  • Membuat Jadwal Kegiatan

 

Menerapkan jadwal pada kehidupan bukan hanya mengantisipasi kamu dalam membuang-buang waktu, namun kamu juga bisa membagi antara tugas dan keluarga di rumah. Pada dasarnya terbagi pada dua pilihan, yaitu membatasi jumlah kegiatan yang bisa dilakukan dalam satu hari atau menyelesaikan semua kegiatan dalam satu hari dengan cepat.

 

Kamu harus bisa menentukan tugas mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu, atau dengan kata lain selesaikan hal yang menjadi prioritas dan mengerjakan tugas yang kurang penting pada waktu akhir. Dalam jadwal kegiatan, kamu juga harus menentukan kegiatan mana yang penting untuk dikerjakan dan melupakan kegiatan yang kurang penting atau yang tidak ada hubungannya terhadap pekerjaan atau apapun.

 

  • Berani Mengatakan Tidak

 

Jika kamu mendapat tawaran kegiatan yang kurang penting dan kamu tidak ingin melakukannya, kamu harus berani untuk mengatakan tidak sebab kamu memiliki keluarga dirumah yang menunggu kepulangan kamu.

 

  • Belajar Untuk Multi-tasking

 

Mengerjakan dua hal sekaligus dapat mempersingkat tugas dan memperbanyak waktu luang kamu. Namun, kamu juga harus memperhatikan tugas yang kamu kerjakan secara bersamaan agar hasilnya sempurna dan bagus. Belajar multi-tasking juga membuat kita terbiasa dalam menyelesaikan pekerjaan berat dan rinngan sekaligus.

 

  • Jaga Kesehatan

 

Agar pekerjaan kamu tidak terhambat karena kamu sakit atau kelelahan. Kamu harus menjaga kesehatan tubuh kamu dengan menerapkan pola hidup sehat. Ada baiknya kamu berolahraga agar kondisi selalu tetap prima dan bisa membagi kegiatan antara pekerjaan yang melelahkan dan keluarga di rumah.

 

  • Meminta Dukungan

 

Kamu bisa meminta dukungan dari keluarga atau teman terdekat  untuk menyemangatimu agar bisa segera menyelesaikan pekerjaan dengan cepat sehingga kamu bisa kembali melakukan aktifitas lain yang bersama keluarga ataupun teman-temanmu.

 

 

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Nilai Pancasila Yang Di Terapkan Dalam Tempat Kerja

Nilai Pancasila Yang Di Terapkan Dalam Tempat Kerja

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila setiap tanggal 1 Oktober, harus dijadikan sebagai kesempatan untuk merefleksikan tentang pemaknaan nilai-nilai dan kesaktian Pancasila itu sendiri. Hal ini penting khususnya bagi generasi muda Indonesia, karena generasi muda Indonesia merupakan harapan suatu bangsa di masa mendatang. Berikut ini nilai pancasila yang bisa kamu terapkan dalam menggapai karir diri sendiri, simak ya! Ketuhanan Yang Maha Esa Mempraktekan prinsip sila ini yaitu adalah sebagai bentuk ibadah atau ikhtiar seperti selalu bersyukur atas setiap pekerjaan yang telah diamanahkan kepada kita & menjalankannya dengan ikhlas dan sepenuh hati.   Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab Bersikap adil, yaitu tidak membedakan sesama rekan kerja, saling tolong menolong & Memiliki sikap saling berbagi baik ilmu maupun hal-hal positif lainnya yang dapat meningkatkan pengembangan diri.   Persatuan Indonesia Tidak membedakan antara suku, ras, & agama, saling membantu & mendukung dalam menggapai karir yang diinginkan.    Kerakyatan Yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan Biasakan untuk bermusyawarah dalam menyelesaikan masalah & melaksanakan segala aturan maupun keputusan bersama dengan ikhlas dan bertanggung jawab.   Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia Seorang pemimpin harus berani memberikan pujian kepada karyawan yang berprestasi, dan teguran/nasihat kepada karyawan yang malas/kurang berprestasi & peduli terhadap seluruh anggota tim, dari level terendah sampai tertinggi   Itu dia nilai pancasila yang bisa di terapkan di tempat kerja. Yuk temukan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya!   
Komentar