Pencari Karir Pencari Kandidat

Mahasiswa Berinovasi Bersama Ciptakan Perubahan Untuk Negeri

24 Maret 2021 20:03 1972 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Menghubungkan dan memberdayakan anak muda di seluruh Indonesia dengan membangun Startup selama 54 jam bagi para Mahasiswa yang sejalan dengan salah satu dari 5 Program Prioritas Pemerintah RI 2020-2024: pemberdayaan pemuda menjadi kreatif, inovatif, mandiri dan berdaya saing serta menumbuhkan semangat kewirausahaan.

 

Jakarta, Indonesia, 21 September 2020 – Anak muda Indonesia adalah potensi yang besar bagi keberlangsungan bangsa ini, dari data tahun 2019 oleh World Economic Forum, 36% anak muda dan 88% Gen Z di Indonesia ingin menjadi Entrepreneur dan menjadikan persentase tertinggi di Asia Tenggara, sebanyak 34% anak muda Indonesia juga sudah memulai usahanya sendiri, namun rasio entrepreneur Indonesia yang sebesar 3,1% dari total populasi penduduk atau sekitar 8,06 juta orang, masih di bawah negara tetangga, seperti Singapura yang saat ini sudah mencapai angka 7%, dan Malaysia yang berada di level 5%. Padahal untuk menjadi negara maju dibutuhkan lebih dari 14% jumlah pelaku entrepreneur dari total populasi penduduknya.

 

KUMPUL sebagai wadah pembangun ekosistem entrepreneur di Indonesia melihat diperlukannya sebuah program pemberdayaan dan bimbingan berkualitas bagi para potensi muda yang punya semangat merealisasikan ide mereka untuk mengisi gap kewirausahaan di Indonesia, dan menciptakan entrepreneur baru, karenanya KUMPUL ingin mendukung semangat anak muda untuk menyalurkan semangat kewirausahaan mereka menjadi hasil nyata dan berkualitas melalui program yang bernama, Startup Weekend Indonesia Next Gen, sebuah program yang menghubungkan dan memberdayakan anak muda di seluruh Indonesia.

 

Startup Weekend Indonesia Next Gen yang merupakan program KUMPUL bersama mitra Techstars membuat program akan berlangsung selama 54 jam untuk membangun startup pada enam fokus sektor: kesehatan, populasi rentan, komunitas, bisnis, edukasi, dan hiburan. Startup Weekend Indonesia sendiri merupakan program giving-back dari akselerator asal US, Techstars sejak tahun 2007, menjadi Biggest entry point bagi entrlokalepreneurs untuk membangun startup, startup weekend telah diorganisir oleh komunitas dan hampir 70 ribu peserta di 120 negara di seluruh dunia setiap tahun. Di Indonesia, KUMPUL Bersama Tehcstarts sudah lebih dari 50 kali melakukan program ini bersama lebih dari 100 komunitas di seluruh Indonesia. Dukungan untuk Startup Weekend Indonesia merupakan salah satu cara terbaik untuk mendukung komunitas lokal dan terhubung dengan early stage businesses.

 

Kegiatan Startup Weekend Indonesia Next Gen akan diawali Orientation Day, dengan Opening Speech & Keynote oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Bapak Nadiem Makarim serta Menteri Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bapak Bambang Brodjonegoro. Serta akan dilakukan Panel Discussion dalam Orientation Day tersebut.

 

Startup Weekend Indonesia Next Gen dapat diikuti oleh ribuan orang yang berusia 18 - 25 tahun, diadakan oleh lebih dari 30 Universitas dan lebih dari 30 acara individu selama bulan September – Oktober 2020, selama 54 jam membentuk dan mewujudkan ide Startup yang didampingi oleh mentor – mentor terbaik di Indonesia. Hari pertama akan berbentuk pembentukan tim dan ide dari peserta, hari kedua akan berlangsung sesi dari pembicara, mentoring dan pembentukan startup, serta hari ketiga akan dilakukan pelatihan presentasi dan menunjukkan pekerjaan mereka kepada juri. Startup terbaik akan dipilih untuk Demo Day, serta 3 Startup terbaik akan mendapatkan mentoring selama 3 bulan.

 

Tentang KUMPUL

KUMPUL adalah penggerak ekosistem entrepreneurship dan startup di Indonesia yang mengkatalisasi pertumbuhan ekosistem ekonomi kreatif dan digital melalui program-program yang dijalankan bersama jaringan coworking dan komunitas di 24 kota. KUMPUL adalah mitra utama Techstar dan pemegang lisensi Startup Weekend Indonesia, serta mitra strategis dan koordinator Gerakan 1000 Startup Digital. www.kumpul.id

 

Tentang Techstars

Techstars adalah platform global untuk investasi dan inovasi. Para pendiri Techstars terhubung dengan pengusaha, pakar, mentor, alumni, investor, ketua komunitas, dan perusahaan untuk menumbuhkan perusahaan mereka. Techstars mengoperasikan tiga divisi: Program Startup Techstars, Program Akselerator Berbasis Mentor Techstars, dan Kemitraan Inovasi Korporat Techstars. Portofolio akselerator Techstars mencakup lebih dari 1.900 perusahaan dengan kapitalisasi pasar lebih dari $26 Miliar. www.techstars.com

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Tekanan Pekerjaan Adalah Pelajaran Berharga Untuk Generasi Milenial

Tekanan Pekerjaan Adalah Pelajaran Berharga Untuk Generasi Milenial

Menghadapi tekanan pekerjaan adalah pelajaran berharga untuk generasi milenial. Hal ini dikarenakan secara karakteristik generasi milenial memiliki keunikan tersendiri dalam hal pekerjaan. Mulai dari kebiasaan hidup bergantung dengan sosial media hingga selalu pergi hangout selepas pulang kerja. Seharusnya sadar bahwa tekanan pekerjaan adalah pelajaran berharga untuk generasi milenial. Berikut adalah alasan mengapa tekanan pekerjaan mampu menjadi pelajaran berharga   Mampu Menjadi Pribadi yang Kuat   Kamu harus menyadari sebagai entry level masih banyak yang harus dipelajari. Jika dianalogikan kamu sebagai lembaran kertas putih yang harus setiap saat dituangkan tinta. Artinya kamu sebagai individu yang belum memahami industri dan siap menjadi ekspertise dalam industri.   Jiwa yang Sabar Dalam Segala Hal   Kamu sangat cocok untuk mendapatkan tekanan pekerjaan. Fungsinya adalah untuk menjadikan kamu individu yang memiliki jiwa yang sabar. Jangan pernah melawan tekanan pekerjaan, ikutilah layaknya arus air mengalir. Tanpa tantangan, tidak akan terbentuk jiwa yang sabar.   Mampu Keluar Dari Zona Nyaman   Kamu akan merasakan sebuah proses keluar dari zona nyaman kamu. Sebenarnya proses tekanan pekerjaan merupakan therapy shocked  yang diberikan agar menjadi pribadi yang baru dan mampu menemukan ritme pekerjaan sesungguhnya.   Belajar Time Management   Kamu tentunya akan semakin lihai dalam menyusun waktu. Tekanan pekerjaan biasanya mengarah terhadap efektif dan efisiensi dalam penggunaan waktu. Dengan ini kamu mampu mengatur waktu dengan baik untuk memulai seluruh pekerjaan yang akan kamu kerjakan   Mengajak Kamu Berpikir Positif   Dalam menghadapi tekanan pekerjaan, alangkah baiknya kamu menghadapinya dengan memiliki pemikiran yang positif. Artinya kamu dapat menerimanya tanpa ada keluhan dan berpikiran negatif tentang sikap atasan kamu. Dengan selalu berpikir positif kamu bisa menerapkan dalam segala hal.   Mampu Beradaptasi dan Berkoordinasi   Dengan adanya tekanan pekerjaan kamu juga belajar dan mampu untuk beradaptasi sekaligus berkoordinasi dengan teman kerja. Apalagi sistem pekerjaan kamu saling berkaitan dengan divisi yang satu dengan divisi yang lainnya. Dengan ini kamu juga akan mampu menjalin hubungan baik dengan teman kerja.     
5 Alasan Freshgraduate Ingin Kerja Di Startup

5 Alasan Freshgraduate Ingin Kerja Di Startup

Setelah lulus kuliah dan wisuda, para fresh graduate sudah punya rencana ingin bekerja dimana. Buat kamu yang berencana akan bekerja, tentu kamu akan tiba pada pertanyaan, ingin bekerja dimana.  Sebagian ingin bekerja di perusahaan besar, namun sebagian lagi ingin bekerja di startup, walaupun bekerja di dunia startup memang sedang diminati oleh banyak fresh graduate mengingat bahwa saat ini perkembangan teknologi semakin pesat. Namun apa alasannya ingin bekerja di startup? Berikut ini ulasannya. Simak ya!   Suasana kerja yang menyenangkan Mengingat skala perusahaan startup yang masih kecil, rasa kekeluargaan di dalamnya akan terasa. Disamping itu suasana kantor juga membuat nyaman dengan design yang unik & tidak membosankan. Terkadang perusahaan startup menyediakan beberapa fasilitas yang sangat menarik lho. Mulai dari tempat bermain, tempat bersantai, sampai tempat olahraga & dijamin gak akan membuat bosan.   Jam kerja fleksibel Jam bekerja di startup hampir sama dengan perusahaan lainnya, 8-9 jam. Namun di startup kamu bisa memulai bekerja dengan jam yang kamu mau asalkan dengan kurun waktu 8-9 jam, bahkan kamu bisa bekerja dari rumah lho atau di luar kantor seperti cafe atau restaurant. Serukan?    Banyak pengalaman ilmu Startup biasanya adalah perusahaan yang masih terbilang seumur jagung. Kamu akan menemukan rekan kerja yang seumuran & anak muda lainnya yang open minded, berwawasan, & masih memiliki semangat yang tinggi dengan ide-ide yang masih baru dan cemerlang.    Mendapatkan inovator sejati Di startup biasanya kamu bisa menemukan sosok inovator seperti Co-Founder yang memulai bisnisnya sendiri dari nol, yang sudah pasti memiliki mental dan profesionalisme yang berbeda dibandingkan dengan orang-orang yang tidak pernah mencoba membuat sesuatu bisnis. Orang-orang seperti itu yang perlu kamu dekati untuk berguru kepadanya. Nah, itu dia alasannya yang bikin fresh graduate ingin bekerja di dunia startup. Yuk temukan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya! 
Komentar