Pencari Karir Pencari Kandidat

Kesalahan yang Harus Kamu Hindari Saat Work From Home

24 Maret 2021 20:03 5159 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Sudah hari keberapa kamu work from home? Apa aja nih kendalanya? Hmm pasti banyak diantara kamu yang mengalami kendala baik internal dari dalam diri maupun dari luar ya.

 

Karena jauh dari pengawasan kantor dan diharuskan bekerja remote dan cenderung fleksibel, kita jadi kesusahan mengendalikan diri. Work from home selain punya banyak kelebihan, nyatanya juga penuh tantangan.

 

Mulai dari kedisiplinan, manajemen waktu, gangguan dari orang rumah dll. Biar pekerjaan kamu nggak terganggu dan tetap memberikan performa yang maksimal, ada beberapa hal yang perlu kamu hindari saat bekerja di rumah.

 

Cari lowongan kerja di wilayah Kota Brebes? Temukan selengkapnya di sini.

 

 

1. Sulit dihubungi, jadi kurang responsif “maaf Pak, tadi aku disuruh beli air galon sama Ibu”

Hal yang jadi tantangan terbesar saat work from home adalah komunikasi, biasanya kalau kerja di kantor, kita bisa dengan mudah berinteraksi dengan rekan kerja lain, diskusi, briefing atau meeting.

 

Karena sekarang LDR-an, makanya teknologi digital harus kita manfaatkan biar pekerjaan bisa tetap berjalan lancar dan maksimal. Tapi kesalahan kita kadang jadi kurang responsif nih, saat dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas yang mendadak malah sulit dihubungi.

 

Jadi pastikan kamu selalu terkoneksi dengan internet untuk menjaga kelancaran komunikasi. Jangan terlalu sering meninggalkan ruang kerjamu ya, kalau mendesak bawa ponselmu biar nggak ketinggalan update pekerjaan.

 

2. Karena terlalu santai, pekerjaan nggak selesai. “Nanti aja ah ngerjainnya, Instagram-an dulu”

Yang juga harus kamu hindari saat work from home adalah kebiasaan menunda pekerjaan. Nah kamu harus punya manajemen waktu yang baik ya, kerjakan pekerjaan sesuai tugasmu setiap hari.

 

Jangan karena jauh dari pengawasan atasan, eh kerja malah semaunya. Harus tetap menjaga profesionalitas ya, ingat kamu punya tanggung jawab untuk menyelesaikan apa yang sudah menjadi kewajibanmu. Kamu harus bisa membagi waktu kerja dan kapan harus beristirahat.

 

Cari lowongan kerja di wilayah Kota Indramayu? Temukan selengkapnya di sini.

 

 

3. Work from home tapi nggak di Home  “ngerjain di cafe aja ah, biar cozy”

Tujuan dari work from home adalah menghindari pertemuan dengan banyak orang untuk mengantisipasi persebaran virus Corona (Covid-19). Jadi kamu harus tetap berada di rumah untuk menjaga kesehatan diri dan orang lain, bukan bepergian dan mengerjakan pekerjaan di keramaian.

 

Kebijakan yang sudah ditetapkan pemerintah dan perusahaan tempat kamu kerja harus dipatuhi, karena bagaimanapun juga hal ini untuk kebaikan diri sendiri dan saudara-saudara kita yang lain.

 

Jika memang pekerjaanmu mengharuskan untuk keluar rumah, tetap lindungi diri dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan desinfektan ya!

 

4. Mengerjakan pekerjaan di atas kasur, bawaanya pengen tidur “rebahan dulu ah, jam 2 nanti mulai lagi”

Bagi sebagian orang karena tidak ada tempat lain untuk bekerja, apalagi anak kos, mau nggak mau harus kerja di atas kasur. Tapi kerja di atas kasur berat lho godaanya, kamu harus bisa ngontrol diri buat nggak rebahan terus.

 

Apalagi ditemani smartphone dan earphone, duh malah keterusan dan kerjaan jadi terabaikan. Karena itu kendalikan diri kamu dengan beranggapan seperti kamu kerja di kantor, pakai pakaian yang rapi dan nyaman. Jangan lupa untuk memulai pagi dengan mandi biar saat bekerja kita selalu fresh dan semangat.

 

Itu tadi 4 hal yang harus kamu hindari saat harus bekerja di rumah (work from home). Selalu lindungi diri dan jaga kesehatan kamu ya Sahabat TopKarir!

 

Cari lowongan kerja di wilayah Bandung Barat? Temukan selengkapnya di sini.

 

Melihat kondisi yang tidak mengharuskan kita keluar rumah dan ngantor, ada alternatif seru untuk menambah penghasilan kamu dengan bekerja remote lho, yakni Freelance. Bekerja freelance nggak menuntut kamu untuk bertemu dan mengerjakan tugas di kantor, semua bisa dilakukan di rumah dan dengan jangka waktu project yang lebih pendek.

 

Yuk temukan lowongan kerja freelance yang sesuai dengan bidang keahlianmu di TopKarir Freelance. Temukan lowongan magang yang cocok buat kamu di sini. Dapatkan juga informasi lowongan kerja terupdate dan rencanakan karir hebatmu di TopKarir. Download aplikasinya gratis di App Store dan Play Store.

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Hal yang Harus Dihindari Agar Kamu Tidak Dibenci Dikantor

Hal yang Harus Dihindari Agar Kamu Tidak Dibenci Dikantor

Kamu pernah merasa dibenci oleh rekan lain dikantor? Padahal kamu sudah berusaha baik untuk menjalin hubungan yang baik dengan mereka. Mungkin saja ada penyebab lain yang membuat kamu dibenci lho, kenali apa saja kesalahan yang sudah kamu perbuat dikantor.   Dibenci rekan lain juga ada faktor lain, entah mereka merasa iri dengan prestasi kita atau hanya kita yang menjadi membuat kesalahan. Inilah beberapa penyebab yang harus kamu hindari.   Sifat Cuek Dikantor   Bersikap cuek dengan teman dikantor bukan merupakan sikap profesionalitas seorang pegawai, teman kantor adalah orang yang sering kamu temui. Jangan sampai mereka menganggap bahwa kamu adalah orang yang tidak mau bersosialisasi, sapalah ketika kamu bertemu beberapa rekan.   Suka Pamer   Sikap yang suka pamer ini membuat kamu dibenci oleh orang lain, jika kamu sering mepamerkan satu barang kepada rekan lain hal ini akan membuat mereka bahwa kamu merasa tidak selevel dengan mereka. Mempamerkan barang secara tidak langsung juga membuat orang lain tidak nyaman, seperti meletakkannya diatas meja kamu dan berharap mereka memperhatikannya.   Suka Bergosip   Hindarilah untuk terlibat dengan rekan yang sedang bergosip, makin lama kamu terlibat akan membuat kamu menjadi tukang gosip. Hal ini akan membuat rekan lain tidak nyaman ketika kamu mencampuri urusan pribadi mereka.   Bermuka Dua   Jangan sampai bersikap seperti ini, jika kamu memanfaatkan seseorang dengan bersikap baik didepannya dan memburuk-buruk sesuatu ketika dibelakangnya. Jika tercium oleh semua orang dikantor, jangan harap mereka menganggap keberadaanmu. Jadilah diri sendiri, katakan tidak jika tidak dan iya jika iya.   Pemalas dan Tidak Rapih   Penampilan juga menjadikan faktor mengapa kamu dibenci rekan dikantor, sifat yang pemalas juga mencerminkan cara kamu dalam bekerja. Jangan malas untuk membersihkan meja kantor dan merapikan diri agar orang lain merasa nyaman ketika berada disekitar kamu.   Bau Badan   Rekan lain merasa tidak nyaman ketika dekat denganmu? Pastikan kalau bau badan kamu tidak mengganggu orang disekitar kamu. Orang yang memilki bau badan akan selalu dihindari. Maka jangan lupa untuk mandi dengan bersih dan menggunakan pewangi yang tidak terlalu pekat.  
Komentar