KANDIDAT PERUSAHAAN

Kembangkan Bakatmu dan Manfaatkanlah

24 Maret 2021 20:03 5672 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Sahabat Topkarir, setiap orang dilahirkan dengan bakat alami masing-masing seperti bakat menulis, menari, dan bakat-bakat lainnya di berbagai bidang baik itu bidang seni, olahraga, dan bahkan di bidang IT. Namun, terkadang saat bekerja dengan pekerjaan yang tidak terkait dengan bakat alami mereka, bakat tersebut cenderung dipendam atau sedikit dilupakan.

 

Jangan biarkanlah hal itu terjadi. Kembangkanlah selalu bakat-bakat alami kamu. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan potensi bakat kamu itu.

 

  • Otodidak

Buat kamu yang sibuk banget dan waktu kamu selalu habis untuk bekerja, maka kamu bisa luangkan sedikit waktu kamu untuk melatih terus bakat kamu itu. Untuk kamu yang senang menulis, teruslah latih kemampuan menulis kamu dengan terus membuat artikel ataupun jenis tulisan lainnya di sela-sela waktu senggang kamu.

 

  • Kursus

Buat kamu yang ada sedikit waktu kosong dan uang yang lumayan berlebih, bisa mengikuti kursus atau pelatihan terkait dengan bakat kamu itu. Untuk kamu yang senang hal-hal yang berhubungan dengan IT, ikutilah kursus-kursus pemograman atau sejenis. Atau bagi kamu yang senang dengan bahasa asing, ikutilah kursus-kursus bahasa asing untuk semakin mengasah bakat kamu itu.

 

  • Magang

Buat kamu yang mungkin belum bekerja dan sedang mencari magang. Cobalah cari magang yang berkaitan dengan bakat kamu itu. Kamu suka masak, mungkin kamu bisa coba magang di sebuah restoran atau hotel untuk belajar dari ahlinya.

 

  • Kompetisi

Buat kamu yang punya bakat di bidang seni atau olahraga, cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mengasah bakat kamu itu yaitu mengikuti berbagai kompetisi olahraga ataupun seni. Tentu saja, semakin kamu sering mengikuti kompetisi, bakat kamu akan semakin berkembang dan akan mendapatkan kredibilitas tinggi saat kamu terus memenangi kompetisi atau kejuaraan tersebut. Tapi cara ini juga bisa diaplikasikan untuk kamu yang memiliki bakat di bidang lainnya.

 

Yakinlah tidak ada sesuatu yang sia-sia. Terus kembangkanlah bakat kamu itu, maka nantinya manfaatkanlah. Dengan bakat-bakat yang kamu miliki itu, kamu bisa memiliki pekerjaan sampingan seperti pengajar tari, freelancer programmer, kontributor di sebuah perusahaan media, dan masih banyak lagi kesempatan. Tidak hanya itu, dengan bakat kamu itu, kamu, tentu saja, menambah skill yang mungkin bisa mendukung pekerjaan kamu saat ini atau bahkan mungkin bisa jadi kesempatan untuk dipromosikan oleh boss kamu. Bayangkan jika kamu memiliki bakat berbicara dalam lebih dari satu bahasa asing, boss kamu pasti akan bangga dan mungkin akan selalu melibatkan kamu dalam setiap project kantor. Terakhir, bakat-bakat itu bisa jadi peluang kamu untuk membangun perusahaan kamu sendiri yang berawal dari sebuah bakat berharga kamu itu. Kamu bisa buka sanggar tari, bagi kamu yang hobi menari. Jadi, kembangkanlah bakatmu dan manfaatkanlah!

 

Oleh : Yudha Prawira

Komentar