Pencari Karir Pencari Kandidat

Kamu Lulusan Jurusan Hukum? Cari Tahu Pekerjaan yang Sesuai Disini!

24 Maret 2021 20:03 2869 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 2 KALI DIBAGIKAN

Lulusan hukum di Indonesia masih memiliki pandangan sempit mengenai arah karir yang akan dituju setelah lulus kuliah. Kamu pasti hanya rerpandangan lulusan hukum hanya bisa menjadi hakim, jaksa, pengacara di law firm, jurnalis hukum, hingga menjadi anggota dewan rakyat.  Kamu harus menyadari sebagai lulusan hukum ternyata kamu bisa menjadi seorang legal officer untuk perusahaan.

 

Legal officer memang terdengar asing untuk beberapa orang. Namun nyatanya profesi ini sudah menjadi trend di lulusan sarjana hukum. Lingkup pekerjaan yang dikerjakan legal officer di perusahaan sangat bergantung dengan kebijakan masing-masing perusahaan.

 

Ternyata legal officer memiliki peran yang sangat penting dan confidential dalam sebuah perusahaan. Perananan yang dipegang mulai dari mengurus dokumen, perizinan, hingga permasalahan hukum yang dialami perusahaan. Berikut adalah tugas dari legal officer yang perlu kamu ketahui

 

  • Penasehat Hukum Internal Perusahaan

 

Legal officer akan memberikan saran dan nasihat dalam menangani permasalahan perusahaan. Nasihat ini akan dijadikan pertimbangan pemimpin perusahaan dalam mengambil keputusan. Legal officer juga lebih mengetahui masalah hukum daripada pemimpin perusahaan.

 

  • Perumus Surat Perjanjian Kerja Sama

 

Legal officer biasanya juga mengurus surat perjanjian kerja sama antar perusahaan. Kalau perusahaan ingin membuat sebuah kerja sama tentunya harus ada surat perjanjian yang intinya untuk menyeimbangkan dan mencatat seluruh ketentuan kerja sama yang akan dijalin. Hal ini sangat penting karena legal officer harus memberikan kebijakan kerja sama yang dituangkan dalam bentuk pasal perjanjian kerja sama.

 

  • Mengurus Perijinan

 

Legal officer akan mengurus seluruh perijinan yang berhubungan dengan bisnis perusahaan. Mulai dari perijinan iklan hingga perijinan operasional kantor. Seluruh kegiatan yang berhubungan dengan perijinan legal officer memiliki hak penuh dalam menentukan kebijakan.

 

  • Jadi Wakil Perusahaan di Pengadilan

 

Legal officer akan bertindak menjadi advokat internal perusahaan kalau terjadi sengketa bisnis perusahaan di meja peradilan. Kamu akan membela dan mengajukan keberatan atas kasus yang ditimpa oleh perusahaan kamu. Kamu harus menjadi pemenang atas kasus perusahaan.

 

Nah, kamu semakin paham kan? Ternyata lulusan jurusan hukum tidak hanya menjadi pengacara di law firm, Sahabat TopKarir juga mampu menjadi legal officer untuk perusahan. Tertarik jadi legal officer? Yuk buruan cari pekerjaan impian kamu sebagai Legal Officer di www.topkarir.com  

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Profesi Ini Cocok Untuk Kamu Yang Susah Bangun Pagi

Profesi Ini Cocok Untuk Kamu Yang Susah Bangun Pagi

“Jangan bangun kesiangan, nanti rezeki hilang dipatok ayam” kalimat itu pasti pernah kamu  dengarkan? Pepatah ini merupakan anjuran agar orang tidak malas bangun pagi. Tapi tidak semua orang bisa bangun pagi. Bisa bangun pagi bukan kemampuan yang dimiliki semua orang. Karenanya, ada sebagian pekerja selalu saja telat datang kekantor, mungkin kamu salah satunya. Nah berikut ini beberapa profesi yang tidak mengharuskan diri untuk bangun pagi-pagi, yuk disimak ya!   Copywriter kamu yang merasa punya kreatifitas dan malas bangun pagi patut mempertimbangkan profesi sebagai Copywriter. Profesi yang bertugas untuk membuat iklan tersebut jarang harus datang ke kantor pagi-pagi. Karena itu, mereka bisa meneruskan tidur lebih lama dari pada kebanyakan pekerja kantoran. Meski jam kerjanya fleksibel, copywriter tak jarang harus bekerja hingga malam untuk mengumpulkan ide dan menawarkan sesuatu yang diterima klien.  Freelancer Kalau tidak mau bangun pagi, lebih baik kamu jadi Freelancer. Bekerja tanpa atasan langsung dan perusahaan tentu membuat kamu lebih bebas untuk menentukan waktu kerja. Pekerjaan Freelance bisa ditemukan di berbagai bidang, mulai dari media, periklanan, marketing, web, dan lain-lain. Walau bebas, salah satu dampak kurang menyenangkan dari pekerjaan ini adalah kebosanan ketika kamu harus bekerja sendirian setiap hari.   DJ Seperti diketahui, kebanyakan DJ akan bekerja saat malam. Bukan hanya di klub, beberapa DJ diminta untuk memainkan musik dalam pernikahan, acara perilisan, hingga pesta ulang tahun. Jika kamu tidak bisa bekerja hingga larut, kamu pun bisa memilih tawaran sesuai jadwal yang diinginkan.    Chef pastry Seorang Chef bisa saja bekerja dari pagi hingga malam. Namun chef khusus pastry tidak harus demikian. Biasanya chef pastry akan membuat adonan di malam hari sehingga paginya tersedia roti-roti yang segar. Seorang chef pastry umumnya dipekerjakan di hotel, restoran, toko roti, atau membuka bisnis sendiri. Apakah kamu tertarik?   Jurnalis Pekerjaan Jurnalis juga jarang butuh bangun terlalu pagi, namun jam kerja seorang jurnalis terkadang tidak bisa dipastikan. Beberapa waktu mungkin saja jurnalis harus bangun lebih pagi dan bekerja lebih lama dari kebanyakan orang. Untuk bisa bekerja di bidang ini, biasanya dibutuhkan kemampuan menulis dan pengetahuan terkait.    Itu dia profesi pekerjaan yang bisa kamu coba. Yuk temukan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya!
Komentar