Pencari Karir Pencari Kandidat

Hobi Menulis? Ini 7 Pilihan Karir yang Paling Cocok Buat Kamu

24 Maret 2021 20:03 3261 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 4 KALI DIBAGIKAN

Terbiasa menyusun kata-kata menjadi kalimat yang penuh makna? Atau sekedar menyuarakan isi hati ke dalam sebuah catatan? Wah, kamu punya bakat menjadi penulis hebat nih.

 

Bagi sebagian orang yang sulit mengutarakan pikiran secara lisan, menulis jadi pilihan yang membuat mereka lebih leluasa bercerita.

 

Buat kamu yang suka menulis, kamu punya banyak peluang menjajal beberapa profesi yang berhubungan dengan kepenulisan. Terlebih di era digital seperti sekarang, pekerjaan tulis menulis semakin beragam.

 

Nggak berhenti sebagai hobi, menulis bisa membawamu pada karir yang cemerlang. Karya-karyamu jangan cuma dijadikan koleksi pribadi, coba deh kumpulkan hasil tulisanmu menjadi portofolio yang menarik. Dan coba jajal beberapa pilihan karir berikut ini.

 

1. Jurnalis

Jurnalis adalah seorang yang bekerja menulis laporan secara objektif kemudian tulisannya itu dikirimkan dan dimuat di media massa seperti koran, televisi, majalah, atau internet.

 

Seorang jurnalis harus menyajikan informasi sesuai fakta yang terjadi di lapangan agar masyarakat bisa mengetahui permasalahan yang terjadi di sekelilingnya.

 

Sebagai seorang jurnalis, kamu harus peka terhadap situasi lingkungan kapanpun dan dimanapun dan rajin mengikuti perkembangan berita. Oh ya, kamu juga akan berhadapan dengan jadwal kerja yang fleksibel dan hectic, sebab berita bisa datang kapan aja.

 

Tapi, buat kamu yang punya passion sebagai jurnalis, tentu hal itu bukan jadi beban melainkan tantangan. Jangan sungkan belajar dari rekan-rekan jurnalis profesional ya, karena dari situ kamu bisa mendapat ilmu dan relasi yang luas.

 

Kamu lulusan SMA/MA? Lagi cari lowongan kerja di wilayah Surabaya? Temukan selengkapnya di sini. 

 

2. Blogger atau Reviewer

Jika kamu mau meraup penghasilan sebagai seorang blogger, kamu harus menulis di blog yang kamu punya dengan beragam pembahasan yang mampu mendatangkan banyak pembaca. Pendapatannya berasal dari iklan yang masuk untuk ditampilkan di halaman blog-mu.

 

Selain blogger kamu juga bisa merangkap sebagai online reviewer. Perkembangan teknologi digital yang semakin pesat membuat pekerjaan ini semakin dicari.

 

Tugas dari reviewer sendiri adalah menulis review jujur untuk keperluan periklanan. Yang menyenangkan, reviewer akan mendapatkan pengalaman mencoba produk klien mulai dari makanan, restoran, hotel dan penginapan, sampai jasa kecantikan.

 

3. Content Writer

Beberapa tahun belakangan ini pasti kamu sering banget lihat lowongan kerja content writer. Content writer sendiri tugasnya bertanggung jawab untuk merancang strategi konten lewat beragam media dengan tujuan mengenalkan dan mempromosikan produk.

 

Biasanya content writer akan mengerjakan konten di media sosial, membuat artikel, membuat deskripsi produk, membuat konten EDM sampai membantu strategi SEO.

 

Menjadi content writer juga nggak sulit kok, kamu cuma butuh waktu untuk mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, kemudian mengulasnya dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar serta gaya tulisan yang menarik.

 

Banyak juga content writer yang memilih kerja freelance agar bisa bekerja lebih fleksibel.

 

Kamu lulusan SMK/SMEA/MAK? Lagi cari lowongan kerja di wilayah Tangerang Selatan? Temukan selengkapnya di sini.

 

4. Script writer

Secara umum script writer adalah orang yang bertugas menulis naskah atau cerita dalam sebuah proses pembuatan video bercerita. Dalam proses penulisan naskah, penting untuk menuliskan detail gerakan, tindakan, ekspresi, dan dialog karakter dalam sebuah format screenplay.

 

Script writer akan bekerja bareng sutradara dan produser untuk menulis naskah film atau acara televisi. Sebagian memulai kariernya sebagai copywriter atau penulis untuk perusahaan produksi dengan tugas membuat storyboard. .

 

5. Novelis

Kalau hobimu menulis cerita fiksi dan punya ide yang imajinatif, nggak ada salahnya mencoba terjun sebagai novelis. Selain ide kreatif, kamu juga harus bisa mengembangkan alur cerita agar pembaca tertarik mengikuti tulisanmu dari awal sampai akhir.

 

Terlebih sekarang ada banyak jalan yang bisa kamu pilih demi menjadi novelis. Kamu bisa mengunggah hasil ceritamu di platform cerita online, nggak menutup kemungkinan ada penerbit yang melirik hasil karyamu.

 

6. Editor

Sebagai orang yang sudah terbiasa dengan tulisan, pasti kamu punya kemampuan memahami aturan ejaan yang baik dan benar. Di era digital sekarang ini, media-media online semakin menjamur, pastinya mereka juga membutuhkan editor. Atau kamu bisa coba menjadi editor di penerbit buku pilihanmu.

 

Kamu lulusan SMA/MA? Lagi cari lowongan kerja di wilayah Medan? Temukan selengkapnya di sini.

 

 

7. Penulis Buku Cerita Anak

Sejalan dengan kebutuhan belajar, keberadaan buku cerita anak semakin dicari-cari. Buku cerita masih menjadi media pembelajaran yang efektif untuk anak, karena dilengkapi dengan gambar yang menarik. Belakangan ini banyak penerbit yang mencari tulisan fabel (cerita fiksi binatang). 

 

Kalau kamu suka dengan anak-anak dan punya hobi menulis cerita fiksi untuk mengedukasi mereka, menjadi penulis buku cerita bisa jadi pilihan sempurna.

 

Nggak perlu membuat alur cerita yang rumit, ceritakan saja seputar persahabatan, cita-cita, nilai dan norma sosial yang mudah dipahami dengan menggunakan karakter binatang.

 

Itu tadi 7 profesi yang cocok banget buat kamu yang hobi menulis. Menjadi penulis memang gampang-gampang susah, tantangannya kamu harus bisa menarik minat pembaca, memberi inspirasi, informasi, mengembangkan imajinasi, bahkan daya kritis bagi pembacanya.

 

Untuk itu, diperlukan pemahaman teknik creative writing yang baik, teknik ini akan membuat tulisanmu menjadi lebih hidup, lebih bernilai, tidak monoton dan punya ciri khas. Kamu bisa belajar teknik creative writing dengan mudah di aplikasi belajar online TopEdu.

 

Selain creative writing materi belajar lain yang bisa mendukung skill kamu di dunia kerja juga banyak, lho. Yuk mulai pelatihanmu di TopEdu sekarang

 

Temukan lowongan magang yang cocok buat kamu di sini. Dapatkan juga informasi lowongan kerja terupdate dan rencanakan karir hebatmu di TopKarir. Download aplikasinya gratis di App Store dan Play Store.

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Tips memanfaatkan media sosial untuk mencari kerja

Tips memanfaatkan media sosial untuk mencari kerja

Saat ini, media sosial sudah melekat banget dengan kehidupan generasi millenial & Z. Saat ini sosial media bisa dimanfaatkan untuk mencari pekerjaan. Cara ini cukup fleksibel dan mudah kamu lakukan dimanapun kamu berada. Kamu juga perlu menciptakan profil baik pada media sosialmu agar perusahaan berminat merekrutmu. Nah berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam memanfaatkan media sosial. Yuk disimak ya!   Maksimalkan Linkedln Jadi, mulai sekarang perbaiki dan maksimalkan akun Linkedln kamu agar terlihat profesional dan bisa menarik perhatian perusahaan-perusahaan.   Menampilan karya di blog pribadi Kamu bisa menggunakan blog, untuk menampilkan karyamu dan bisa menjadi semacam portofolio online yang menunjukan minat kamu.   Gunakan fitur tagar Kamu bisa menemukan lowongan kerja dengan tagar seperti #lokerterbaru #jobsearch dan tagar lainnya yang berhubungan dengan karir untuk mendapatkan informasi.   Join dengan komunitas online Kamu bisa bergabung dengan komunitas online yang bisa kamu manfaatkan untuk menemukan pekerjaan yang cocok buat kamu.    Nah, beberapa cara ini dapat kamu coba untuk memanfaatkan media sosial agar lebih positif. Yuk temukan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya!      
Menjadikan Tantangan Karier Sebagai Peluang

Menjadikan Tantangan Karier Sebagai Peluang

Pernahkah mendapat tugas yang menurut Anda berat dan sulit untuk dilaksanakan? Atau, pernahkah Anda menghadapi problem pribadi atau problem dengan lingkungan, yang mengharuskan Anda mengerahkan segala kemampuan dan sumber daya yang ada? Tantangan, rintangan, hambatan atau apapun namanya tak dapat dipungkiri, merupakan salah satu obat pahit dalam perjalanan hidup manusia. Namun, kondisi merupakan pohon dengan buah paling manis dan bunga paling indah jika dapat dimanfaatkan bahkan ditaklukkan. Jika Anda membaca biografi orang-orang sukses, Anda akan tahu kalau mereka berhasil dalam karier, karena mereka mampu menaklukkan tantangan. Nah, apa yang harus Anda lakukan agar tantangan yang Anda hadapi menjadi peluang yang membuat Anda sukses? Inilah tipsnya; 1. Jadilah QI (baca: Key) PersonJadilah pribadi yang selalu memberikan hal terbaik dan solusi (kunci), entah itu di rumah, di kantor, di lingkungan sosial dan lain sebagainya. Hal ini menjadi dasar karena dengan menjadi individu kunci seperti ini keberadaan Anda akan selalu membuat lingkungan menjadi positif dan penuh warna. 2. Yakin pada diri sendiriAda pepatah 'tidak peduli seribu orang percaya terhadap diri Anda, tetapi jika tidak percaya terhadap diri sendiri maka tidak ada artinya'. Artinya, Anda harus selalu meyakini bahwa hal-hal yang baik akan datang setiap hari melalui berbagai cara. Anda juga bisa meningkatkan kepercayaan diri dengan memiliki citra diri positif, menerima kekurangan diri apa adanya dan menghargai sekecil apapun potensi yang dimiliki. 3. Berjiwa besarSetiap manusia memiliki kapasitas berbeda-beda. Setiap orang punya 'cawan yang penuh air' yang besarnya berbeda-beda. Jika musibah dan cobaan hidup lainnya diilustrasikan seperti garam, maka bagi orang yang memiliki cawan sebesar mangkuk akan kepahitan jika diberikan garam segenggam. Tetapi, bagi mereka yang memiliki cawan seluas sebuah danau maka garam segenggam tidaklah berarti apa-apa. Maka itu, terimalah semua masalah dengan besar hati, karena penerimaan seperti ini akan membuat langkah dan hati Anda ringan untuk menghadapinya. 4. Berdayakan kecerdasan AndaJika satu cara gagal membuat Anda menaklukkan tantangan, jangan menyerah. Teruslah mencari solusi terbaik, buka semua peluang kesempatan. Jangan pernah mengatakan “Tidak Mungkin” jika Anda belum pernah berupaya maksimal. Coba katakan “Mungkin!” maka semua peluang dan kesempatan akan datang menghampiri Anda tanpa diduga.Selamat mencoba, karena hasil akhir yang berkwalitas dimulai dengan implementasi yang berkwalitas (Quality Implementation /QI).   Sumber : http://life.viva.co.id/news/read/162276-menjadikan-tantangan-karier-sebagai-peluang
Komentar