Pencari Karir Pencari Kandidat

Gugup Saat Wawancara Kerja? Ikuti Tips Berikut Ini!

24 Maret 2021 20:03 3175 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 3 KALI DIBAGIKAN

Kamu pernah merasa gugup saat wawancara kerja Sahabat TopKarir? Tidak percaya diri saat wawancara kerja sangat membahayakan karena perusahaan akan ragu dengan kemampuan yang kamu miliki. Untuk itu sebelum melakukan proses wawancara kerja kamu perlu melakukan hal berikut ini agar kamu lebih percaya diri.

 

  1. Memprediksi Pertanyaan

Cobalah berlatih wawancara sebelum kamu benar-benar melakukan wawancara kerja. Carilah prediksi-prediksi pertanyaan wawancara kerja dan mintalah temanmu untuk berpura-pura menjadi HRD dan kamu menjawab pertanyaan tersebut. Berlatih wawancara dapat mengurangi kegugupanmu.

 

  1. Berpikir Positif

Saat ingin melakukan wawancara kerja biasanya kamu sudah memiliki perasaan takut dan berpikiran negative. Cobalah untuk tenangkan dirimu dan berpikir positif, pikirkanlah hal-hal yang menyenangkan dan anggaplah semua akan baik-baik saja. Mengurangi pikiran negatif dapat membantumu mengurangi rasa gugup loh Sahabat TopKarir!

 

  1. Cari Tahu Tentang Perusahaan

Agar kamu terlihat menguasai tentang perusahaan yang kamu tuju, pelajarilah sebelum memulai wawancara kerja. Pelajarilah profil perusahaannya, produknya, dan juga pelayanannya. Kemudian sesuaikan dengan kemampuanmu sendiri.

 

Semoga 3 tips mengatasi gugup saat wawancara kerja dapat mengatasi gugupmu ya Sahabat TopKarir. Dapatkan tips karir lainnya yang bermanfaat di www.topkarir.com.

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Tips Mengatasi Gugup Saat Presentasi  Sesuai Dengan Tipe Kepribadian

Tips Mengatasi Gugup Saat Presentasi Sesuai Dengan Tipe Kepribadian

Presentasi merupakan hal yang akan kamu temui dalam pekerjaan, saat ingin dipromosikan jabatan ataupun memberikan ide seputar pekerjaanmu. Saat presentasi, terkadang kita merasa gugup ketika pertama kali berada di hadapan orang banyak. Hal ini cukup menganggu penampilan kamu saat presentasi. Namun, ada cara bagaimana mengatasinya berdasarkan karater kamu. Ini dia :   Tipe Penghindar   Kamu selalu berusaha untuk menghindari melakukan presentasi, meskipun kamu tahu sudah dipilih sebagai pembicara saat presentasi. Kamu akan merasa takut dan memiliki kegelisahan yang cukup berlebihan. Inilah solusi untuk tipe penghindar :   Memperluas pergaulan dan berkomunikasi pada banyak orang beragam karakter. Kamu bisa memperoleh pengalaman, dan teman yang beragam yang dapat mendorong kamu agar lebih percaya diri. Meminta masukan dari orang yang berpengalaman, terkait masalah yang sedang kamu hadapi. Kamu bisa meminta tips bagaimana agar percaya diri saat presentasi Cobalah untuk mengikuti seminar-seminar motivasi maupun pengembangan diri. Membaca banyak buku seputar motivasi dan cerita sukses dari tokoh inspiratif.   Tipe Panik   Kamu biasanya sering terlihat panik bahkan sebelum dimulainya presentasi atau saat penyampaian materi pada presentasi. Kamu menunjukkan kepanikan dari ekspresi kamu, jantungmu akan berdegup kencang dan menghilangkan segala persiapan yang telah kamu lakukan sebelum presentasi. Dan kamu selalu merasa tegang ketika presentasi, bagaimana mengatasinya?   Tenangkan pikiran kamu dan menarik nafas dengan ritme yang teratur sebelum tampil. Lakukan sesering mungkin untuk menurunkan kecepatan detak jantung kamu, dan hembuskan nafas sebanyak mungkin yang bisa dilakukan. Konsentrasi pada materi kamu yang akan disampaikan pada peserta, selalu fokus pada penyampaian kamu agar berlangsung dengan lancar dan baik. Melakukan gerakan ringan seperti, peregangan sendi, otot tangan dan leher. Agar kamu merasa rileks dan tidak panik. Gunakanan bahasa tubuh di setiap penyampaian materi.   Tipe Khawatir   Jika kamu sering merasa khawatir sebelum atau saat berlangsung nya presentasi, kamu bisa mengatasi hal tersebut. Biasanya kamu merasa khawatir pada segi materi atau pada hal yang sepele, dan merasa takut jika presentasi kamu menjadi kacau. Bahkan kamu sering khawatir pada penampilan kamu, bagaimana mengatasinya?   Lakukan persiapan materi presentasi dengan teliti, sambil mendengarkan musik yang membuat kamu tenang. Belajar memperbaiki pada kesalahan kecil yang timbul, seperti salah kata, ejaan dan sebagainya. Pelajari teknik presentasi mengenai penyampaian materi dan komunikasi pada saat presentasi. Bersikap terbuka dan meminta orang lain untuk berdiskusi mengenai materi presentasi.
Komentar