KANDIDAT PERUSAHAAN

Contoh Daftar Riwayat Hidup Bagi yang Belum Pernah Bekerja

24 Maret 2021 20:03 24504 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Menyusun daftar riwayat hidup bagi mereka yang belum pernah bekerja, bisa menjadi sebuah pekerjaan yang rumit. Ditambah sangat kompetitifnya bursa kerja di masa sulit seperti pandemi saat ini.

 

Walau demikian, hal tersebut bukan sebuah halangan bagi kamu untuk bisa membuat daftar riwayat hidup yang menarik dan on point. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam menyusun riwayat hidup.

 

Dalam menulis daftar riwayat hidup yang perlu digaris-bawahi adalah penjelasan diri yang singkat dan jelas, kemampuan diri, latar belakang pendidikan, kemampuan dan pengalaman kerja. Selain itu, kamu juga harus mendeskripsikan diri tanpa memberi penilaian ke diri sendiri.

 

Agar daftar riwayat kerja kamu baik dan benar, pastikan jika kamu memahami deskripsi pekerjaan yang diinginkan. Dengan demikian kamu bisa menjelaskan tentang diri secara singkat serta menunjukkan kemampuan yang relevan.

 

Pada dasarnya, daftar riwayat hidup merupakan jendela bagi rekruter untuk melihat kemampuan diri kamu. Maka dari itu buat sepadat dan serapi mungkin, tanpa bertele-tele, apalagi sampai menyisipkan detail yang tidak relevan dengan posisi yang diinginkan.

 

Daftar riwayat hidup yang baik dan benar, tentu bisa mengantarkan kamu ke bangku hangat interview pekerjaan.

 

Isi Daftar Riwayat Hidup

Banyak perusahaan yang kini beralih menggunakan applicant tracking system (ATS) untuk memangkas kandidat yang melamar.

 

ATS yang merupakan sistem komputer, akan menyeleksi kandidat berdasarkan kompetensi dari kata kunci yang dicari perekrut. Maka dari itu konten atau isi dari daftar riwayat hidup merupakan sesuatu yang sangat penting untuk diperhatikan. 

 

1. Data diri

Dalam menjelaskan data diri, penting bagi kamu untuk selalu menggunakan bahasa yang efektif tanpa bertele-tele. Dengan menggunakan kata yang singkat dan jelas, kamu bisa lebih baik dalam menjabarkan tentang diri kamu ke pihak perekrut.

 

2. Latar belakang pendidikan

Banyak orang yang melampirkan latar pendidikan dari jenjang taman kanak-kanak hingga kuliah. Tentu hal tersebut tidak terlalu berguna bagi pihak perekrut. Untuk lebih baik, pastikan jika kamu hanya mencantumkan 2 pendidikan terakhir.

 

Baca Juga: Catat! 7 Hal yang Harus Dihindari saat Membuat Daftar Riwayat Hidup

 

3. Kemampuan

Pahami lagi kemampuan yang kamu miliki dan deskripsi pekerjaan. Cantumkan kemampuan yang dirasa bisa menunjang diri kamu sebagai kandidat. Jangan terlalu banyak menampilkan kemampuan yang tidak ada kaitannya dengan posisi yang kamu inginkan.

 

4. Pengalaman

Walau belum memiliki pengalaman kerja, kamu bisa mencantumkan pengalaman organisasi. Jangan hanya cantumkan jabatan, namun juga sertakan deskripsi pekerjaan kamu di jabatan tersebut. Dengan demikian, perekrut bisa tergambar lebih jelas tentang kompetensi kamu.

 

5. Penghargaan

Jangan lupa sertakan penghargaan yang pernah diraih. Dengan menunjukkan penghargaan tersebut, daftar riwayat hidup kamu bisa semakin terlihat menarik di mata perekrut. Jika sudah demikian, tentu kesempatan kamu untuk dipanggil interview bisa lebih besar.

 

Baca Juga: 10 Tips Membuat Surat lamaran Kerja yang Baik dan Benar Beserta Contoh

 

Contoh Daftar Riwayat Hidup Bagi yang Belum Pernah Bekerja

Sebelum kamu menyusun daftar riwayat hidup, yuk intip dulu contoh berikut ini.

 

Daftar Riwayat Hidup

 

Sarah Yuniar

sarah.yuniar2021@gmail.com

08775xxxxx

Jl. Ki Ahmad dalan

Jakarta Selatan, Jakarta 102020

 

Tentang Saya

Saya Sarah Yuniar, lulusan manajemen di Universitas ABCD pada tahun 2021. Pada tahun 2019, saya menjabat sebagai sekretaris umum di himpunan mahasiswa jurusan. Selama masa jabatan tersebut, saya mengatur segala urusan administrasi rumah tangga organisasi. Karena hal tersebut, saya memiliki minat untuk berkarir sebagai staff administrasi.



Pendidikan

2015-2021     Universitas ABCD

                      S1 Manajemen dengan IPK 3,16

2013-2015     SMAN 72 EFGH

 

Kemampuan

  • Menggunakan Microsoft Office
  • Manajemen Data
  • Manajemen Keuangan
  • Analisa Keuangan
  • Akunting



Pengalaman

  • Himpunan Mahasiswa Manajemen Universitas ABCD
  • Sekretaris Umum (2019-2020)

 

Sebagai sekretaris umum selama satu periode, saya bertugas untuk mengurusi segala hal yang berkaitan dengan urusan administrasi rumah tangga organisasi. Saat saya menjabat, saya bertanggung jawab untuk membuat laporan pertanggung-jawaban setiap kegiatan selama satu periode.

 

Penghargaan

2018 Lolos seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara tingkat Provinsi

2019 Mewakili Universitas ABCD dalam konferensi pemuda se-Indonesia

 

Temukan lowongan pekerjaan dan bangun karir impianmu di JatimCerdas.id. Intip juga tips dan informasi karir lainnya di sini.

Komentar