Cara Mengatasi Stres Saat Bekerja di Masa Pandemi Covid-19 | TopKarir.com

Cara Mengatasi Stres Saat Bekerja di Masa Pandemi Covid-19

Cara Mengatasi Stres Saat Bekerja di Masa Pandemi Covid-19 | TopKarir.com
24 MAR 2021 20:18 SEPUTAR KARIR 3235 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 3 KALI DIBAGIKAN

Pandemi Covid-19 membuat masyarakat cemas akan kondisi kesehatan, finansial, pekerjaan dan masa depan. Gangguan psikologis banyak dialami karena orang-orang jadi kesulitan merencanakan masa depan di tengah kondisi yang serba nggak pasti.

 

Dilansir CNN Indonesia, dokter spesialis kesehatan jiwa psikiater Nova Riyanti Yusuf mengatakan jika pandemi yang terjadi saat ini bisa membuat orang cemas, stres, depresi, sampai memicu tindakan bunuh diri. Ada beberapa faktor yang menyebabkan orang bunuh diri di tengah wabah corona dan isolasi selama pandemi adalah salah satu pemicunya.

 

Akibat banyak perusahaan yang mengalami masa sulit sebagai dampak pandemi Covid-19, tak ayal pekerja juga harus mengerahkan tenaga dan pikiran berkali-kali lipat untuk membantu mempertahankan perusahaannya. Kondisi ini juga semakin membuat mereka merasa tertekan, burnout sampai mengganggu kesehatan mental.

 

Untuk mencegah stres dan menjaga kesehatan mental di masa pandemi, kamu bisa melakukan beberapa cara ini, yuk disimak.

 

Menyaring informasi yang tersebar di media

Saat ini banyak informasi di media yang simpang siur sampai bisa mengakibatkan kepanikan, rasa cemas dan kekhawatiran berlebih. Oleh karena itu pilihlah sumber bacaan/tontonan yang kredibel dan berkualitas seperti Kemenkes, WHO atau CDC. Jangan biarkan diri kamu terombang-ambing akibat berita yang tidak pasti kebenarannya, akibatnya kamu jadi kesulitan mencari solusi atau bahkan mengambil tindakan yang salah.

 

Ekspresikan diri dengan bebas

Berbulan-bulan WHF juga mendorong rasa jenuh yang kemudian bisa mengakibatkan stres. Untuk menangkal rasa bosan selama karantina di rumah, kamu harus mengekspresikan diri sebebas mungkin. Bisa dengan cara mewarnai, menggambar, membuat barang-barang kerajinan, atau kalau kamu yang hobi bernyanyi dan menari bisa meluapkan ekspresi melalui musik dan gerakan.

 

Mengekspresikan diri nggak cuma dalam bentuk seni aja lho, kegiatan apapun yang bisa membuat senang dan bebas sampai menghasilkan relaksasi juga merupakan bentuk ekspresi diri. Seperti halnya berkebun, memasak, merapikan kamar, dsb. Yang terpenting, jangan berpikir hasilnya bagus atau tidak, ekspresikan saja apa yang membuatmu merasa senang dan rileks.

 

Menjaga komunikasi dengan orang lain

Orang-orang akan merasa semakin berjarak dengan adanya pembatasan sosial, komunikasi dan pertemuan secara langsung kini sulit dilakukan. Padahal interaksi dan obrolan ringan bersama orang lain bisa membantu kamu melepas stres. Karena itu, coba untuk tetap terhubung dengan rekan kerja, teman dan keluarga untuk saling bercerita atau sekedar bertegur sapa. Jika perlu, bicarakan perasaan dan masalah yang sedang dialami pada orang-orang yang kamu percaya bisa membantu.

 

Itu tadi beberapa cara untuk mengatasi stres bagi pekerja di masa pandemi covid-19. Temukan tips-tips dan informasi karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store ya!


  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.