Berani Memulai Bisnis Kreatif Sejak Muda | TopKarir.com

Berani Memulai Bisnis Kreatif Sejak Muda

Berani Memulai Bisnis Kreatif Sejak Muda | TopKarir.com
24 MAR 2021 20:15 PEMBEKALAN KARIR 422 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Data Himpunan Pengusaha Muda Indonesia mencatat hingga Mei 2020 jumlah pengusaha muda di tanah air ternyata jumlahnya hanya sekitar tiga persen dari total 260 juta penduduk. Angka ini tertinggal dibandingkan negara tetangga yang mencapai angka lima hingga 7 persen.

 

Memulai dan membawa sebuah bisnis agar stabil di berbagai situasi dan terus berkembang bukanlah perkara yang mudah. Ketakutan akan gagal membuat banyak anak muda mengurungkan cita-citanya membangun sebuah bisnis.

 

Padahal mereka mempunyai kreativitas yang tinggi sebagai modal sekaligus senjata untuk menghadapi berbagai tantangan, mulai dari persaingan merek, krisis akibat pandemi seperti saat ini, hingga daya beli masyarakat yang menurun.

 

Generasi muda punya semangat yang menggebu, rasa ingin tahu yang tinggi, dan kreativitas yang lahir dari perkembangan teknologi dan bebasnya arus informasi. Anak muda harus bisa melihat peluang besar di diri mereka dan berani memulai sebuah usaha.

 

APINDO UMKM AKADEMI 3 Maret 2021 kemarin kembali mengadakan webinar UMKM berjudul Memulai Bisnis Kreatif Sejak Muda, Mengapa Tidak? Narasumber yang hadir diantaranya Jason Surya Founder Tangkitchen.id dan Yasa Singgih CEO Men's Republic.

 

Yasa Singgih memulai bisnisnya sejak usia 15 tahun, ia termotivasi untuk membantu ekonomi keluarga dan ayahnya yang sedang sakit. Untuk membiayai uang sekolah dan kebutuhan pribadinya Yasa Singgih bekerja sebagai event organizer sampai akhirnya memberanikan diri berjualan kaos dengan modal 700 ribu.

 

Dari tahun 2012 Yasa sudah bisa menghidupi dirinya sendiri, bahkan saat SMA ia mampu meraup keuntungan 2 juta per bulan.

 

Dalam menjalankan usaha Yasa Singgih memegang nilai bahwa ketidaktahuan adalah kelebihan, saat kita tidak tau apa-apa kita jadi tidak takut apa-apa. Kadang kita perlu untuk menjadi orang bodoh untuk berani mengambil keputusan.

 

“Seringkali orang menganggap itu kekurangan, padahal ketidaktahuan itu kelebihan. Kita jadi melangkah lebih ringan karena kita nggak takut apa-apa” jelasnya.

 

Selain Yasa Singgih, Jason Surya pebisnis muda usia 13 tahun yang berhasil mendirikan restoran juga berbagi ceritanya.

 

Sebelum mendirikan Tang Kitchen, Jason memulai usahanya dengan membuka jasa titip untuk sekedar mencari pengalaman dan gambaran tentang dunia bisnis.

 

Titik poin terbesar Jason dalam berbisnis diakuinya ketika ia membuka merek Tang Kitchen. Pertemuannya dengan walikota Surabaya Ibu Sri Rismayanti membuka pandangan Jason bahwa dalam berbisnis ia juga harus memegang value untuk membantu sesama.

 

“Tujuan awal membuka Tang Kitchen untuk membantu tenaga medis, tetapi sekarang tujuannya untuk membantu semua orang, tidak ada exception” ujar Jason.

 

Di usianya sekarang Jason sudah mampu mempekerjakan sekitar 30 karyawan yang tersebar di 2 toko dan 1 central kitchen.

 

Webinar APINDO UMKM AKADEMI dengan tema Memulai Bisnis Kreatif Sejak Muda, Mengapa Tidak? dapat Anda saksikan siaran lengkapnya di sini.

 

APINDO UMKM AKADEMI rutin mengadakan webinar kewirausahaan gratis setiap hari Rabu dengan menghadirkan pembicara-pembicara inspiratif di dunia bisnis untuk berbagi pengalamannya.

 

Di episode-episode selanjutnya APINDO UMKM AKADEMI akan menghadirkan narasumber lain dan mengangkat tema yang tidak kalah menarik guna menambah wawasan pelaku UMKM untuk bisa maju dan naik kelas.

 

Daftarkan diri Anda di link berikut ini www.topkarir.com/kewirausahaan, dapatkan informasi eksklusif seputar webinar dan program UMKM lainnya yang bermanfaat untuk kemajuan bisnis Anda. Karena sekarang saatnya #UMKMNaikKelas.

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.