Belum Bekerja, Jadi Freelancer Juga Menghasilkan | TopKarir.com

Belum Bekerja, Jadi Freelancer Juga Menghasilkan

Belum Bekerja, Jadi Freelancer Juga Menghasilkan | TopKarir.com
03 SEP 2020 14:49 PEMBEKALAN KARIR 960 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Menurut catatan Badan Pusat Statistik Republik Indonesia saat ini tingkat pengangguran menyentuh angka 7,02 Juta orang dimana untuk saat ini posisi lulusan baru atau fresh graduated tingkat Strata 1 berada di peringkat keempah  dengan mencatat adanya 750 ribu fresh graduated per tahunnya. Hal tersebut tentunya sangat miris untuk seorang lulusan Strata 1 hanya berdiam diri tanpa menyalurkan keahlian dan ilmu yang diperoleh semasa bangku kuliah.

 

Banyak yang beranggapan bekerja itu harus menjalani rutinitas office hours. Di era economic sharing seperti ini seharusnya kamu sebagai fresh graduated mampu untuk menghasilkan uang tanpa harus meminta orang tua atau bekerja dalam masa office hours. Office hours work memang sangat perlu untuk kamu karena kamu akan banyak belajar hal baru, akan tetapi biasanya memerlukan proses yang cukup lama dan dapat membuat kemampuan daya pikir kamu menurun. Untuk itu kamu perlu memahami betapa bergunanya menjadi seorang freelancer sebelum menjadi karyawan office hours.

 

Menambah Skill Untuk Memperkaya CV Kamu

 

Saat ini sudah banyak iklan mengenai lamaran pekerjaan freelancer baik melalui sosial media maupun platform pencari pekerja lepas. Dimulai dari iklan tersebut kamu bisa mencoba untuk melamar dan membuktikan skill yang kamu miliki. Gunanya adalah untuk memperkaya CV kamu dan juga sebagai portfolio. Seperti yang dikatakan oleh Batara Surya, seorang freelancer komersial fotografer  mengaku bahwa menjadi freelancer itu mampu menambah skill secara bertahap dan banyak belajar dari kritik dan saran dari klien pengguna jasa.

 

Memperkaya Koneksi Dalam Dunia Kerja

 

Memperkaya koneksi dalam dunia kerja itu adalah salah satu hal yang patut kamu syukuri saat menjadi seorang freelancer. Pasalnya kita akan bertemu dengan banyak client baru. Mungkin di bulan ini kamu bisa mengerjakan project pemerintah dan di bulan yang akan datang kamu bisa mendapatkan perusahaan besar yang kamu idolakan.

 

Memperkaya Pengetahuan Baru

 

Sebagai pekerja lepas tentunya kita akan selalu belajar tentang hal baru. Hal ini sudah menjadi fakta bukan sekedar imajiner semata. Seperti dikutip dari pernyataan Azhari Hidayatsyah, Digital Marketer mengklaim bahwa dirinya selalu mendapatkan hal yang baru mulai dari  membahas politik hingga fashion.

 

Dari Freelancer Menjadi Karyawan Tetap

 

Fenomena pekerja lepas menjadi karyawan tetap bukanlah sebuah isapan jempol semata. Hal ini sudah terbukti nyata dikarenakan dengan adanya etika kerja yang baik. Perlu diingat mengerjakan setiap project  harus didasari dengan komitmen yang tinggi dan hasil yang maksimal. Dengan komitmen yang tinggi biasanya, perusahaan yang mengajak untuk bekerja freelance akan memberikan penawaran menarik yang berupa untuk bergabung menjadi karyawan tetap.

 

Jadi masih berpikir untuk selalu jadi freshgraduated “pengangguran”?

 


  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.