Pencari Karir Pencari Kandidat

Beasiswa S2 di Groningen University, Belanda

29 Juli 2021 12:07 2682 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 90 KALI DIBAGIKAN

Buat Anda yang mengimpikan melanjutkan studi S2 di Eropa, saat ini Belanda membuka kesempatan beasiswa yang disediakan Eric Bleumink Fund. Kandidat dari negara berkembang, seperti Indonesia, diberi kesempatan untuk mendaftar beasiswa melalui skema University of Groningen Talent Grant: Eric Bleumink Fund. Beasiswa ini terbuka untuk semua program gelar master (MSC/MA/LLM) di University of Groningen. Pelamar bisa memilih jurusan yang diinginkan sesuai jenjang studi tersebut.

 

Eric Bleumink Fund akan mendanai beasiswa di University of Groningen dengan durasi satu hingga dua tahun untuk program master. Beasiswa yang diberikan di antaranya meliputi biaya kuliah, biaya perjalanan internasional, biaya hidup, tunjangan buku, dan asuransi kesehatan.

 

 

Persyaratan Beasiswa

1. Telah diterima secara bersyarat atau tanpa syarat (unconditional) ke salah satu program master sebelum Februari. (Lihat: www.rug.nl/masters/alphabetical)
2. Memiliki capaian akademik yang sangat baik, sebaiknya dikonfirmasi dengan surat rekomendasi
3. Memiliki nilai bagus selama studi sarjana
4. Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik, sesuai dengan persyaratan penerimaan program pilihan
5. Bersedia untuk seluruh periode program dan dapat mengambil bagian dalam keseluruhan program
6. Memiliki kesehatan yang baik
7. Tidak memiliki cara lain untuk membiayai studi yang dimaksud  

Beasiswa diberikan dalam jumlah terbatas. Pelamar akan diseleksi oleh pihak universitas berdasarkan pertimbangan kriteria persyaratan di atas.

 

 

Pendaftaran Beasiswa

Pendaftaran beasiswa Eric Bleumink Fund (EBF) tidak dilakukan secara langsung oleh pelamar. Melainkan melalui proses nominasi yang dilakukan bagian penerimaan universitas serta fakultas. Agar bisa dipertimbangkan sebagai nominee beasiswa, pelamar harus mendaftar terlebih dahulu ke University of Groningen dan diterima secara bersyarat (kondisional) atau unconditional pada salah satu program studi sebelum Februari.

Pendaftaran ke universitas dilakukan melalui laman University of Groningen sebelum 1 Desember 2021.

Nantinya pelamar akan diseleksi dan dipilih sebagai nominee. Hanya mereka yang terpilih sebagai nominee saja yang akan memperoleh pemberitahuan. Kemudian para nominee diminta untuk mengirimkan surat motivasi EBF ke kantor penerimaan universitas dalam tenggat waktu satu minggu.

File nominasi tersebut yang nantinya dikirimkan langsung oleh pihak universitas ke Komite EBF.  

Terakhir Komite EBF akan menyeleksi para penerima beasiswa dan memberitahukan hasilnya kepada semua nominee.

 

Kontak:

[e] msd@rug.nl [w] https://www.rug.nl

 

 

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Belum Bekerja, Jadi Freelancer Juga Menghasilkan

Belum Bekerja, Jadi Freelancer Juga Menghasilkan

Menurut catatan Badan Pusat Statistik Republik Indonesia saat ini tingkat pengangguran menyentuh angka 7,02 Juta orang dimana untuk saat ini posisi lulusan baru atau fresh graduated tingkat Strata 1 berada di peringkat keempah  dengan mencatat adanya 750 ribu fresh graduated per tahunnya. Hal tersebut tentunya sangat miris untuk seorang lulusan Strata 1 hanya berdiam diri tanpa menyalurkan keahlian dan ilmu yang diperoleh semasa bangku kuliah.   Banyak yang beranggapan bekerja itu harus menjalani rutinitas office hours. Di era economic sharing seperti ini seharusnya kamu sebagai fresh graduated mampu untuk menghasilkan uang tanpa harus meminta orang tua atau bekerja dalam masa office hours. Office hours work memang sangat perlu untuk kamu karena kamu akan banyak belajar hal baru, akan tetapi biasanya memerlukan proses yang cukup lama dan dapat membuat kemampuan daya pikir kamu menurun. Untuk itu kamu perlu memahami betapa bergunanya menjadi seorang freelancer sebelum menjadi karyawan office hours.   Menambah Skill Untuk Memperkaya CV Kamu   Saat ini sudah banyak iklan mengenai lamaran pekerjaan freelancer baik melalui sosial media maupun platform pencari pekerja lepas. Dimulai dari iklan tersebut kamu bisa mencoba untuk melamar dan membuktikan skill yang kamu miliki. Gunanya adalah untuk memperkaya CV kamu dan juga sebagai portfolio. Seperti yang dikatakan oleh Batara Surya, seorang freelancer komersial fotografer  mengaku bahwa menjadi freelancer itu mampu menambah skill secara bertahap dan banyak belajar dari kritik dan saran dari klien pengguna jasa.   Memperkaya Koneksi Dalam Dunia Kerja   Memperkaya koneksi dalam dunia kerja itu adalah salah satu hal yang patut kamu syukuri saat menjadi seorang freelancer. Pasalnya kita akan bertemu dengan banyak client baru. Mungkin di bulan ini kamu bisa mengerjakan project pemerintah dan di bulan yang akan datang kamu bisa mendapatkan perusahaan besar yang kamu idolakan.   Memperkaya Pengetahuan Baru   Sebagai pekerja lepas tentunya kita akan selalu belajar tentang hal baru. Hal ini sudah menjadi fakta bukan sekedar imajiner semata. Seperti dikutip dari pernyataan Azhari Hidayatsyah, Digital Marketer mengklaim bahwa dirinya selalu mendapatkan hal yang baru mulai dari  membahas politik hingga fashion.   Dari Freelancer Menjadi Karyawan Tetap   Fenomena pekerja lepas menjadi karyawan tetap bukanlah sebuah isapan jempol semata. Hal ini sudah terbukti nyata dikarenakan dengan adanya etika kerja yang baik. Perlu diingat mengerjakan setiap project  harus didasari dengan komitmen yang tinggi dan hasil yang maksimal. Dengan komitmen yang tinggi biasanya, perusahaan yang mengajak untuk bekerja freelance akan memberikan penawaran menarik yang berupa untuk bergabung menjadi karyawan tetap.   Jadi masih berpikir untuk selalu jadi freshgraduated “pengangguran”?  
Membangun Citra Diri Positif

Membangun Citra Diri Positif

Membangun citra diri penting dilakukan oleh setiap orang dimanapun dia berada, termasuk di lingkungan kerja. Membangun citra diri positif di lingkungan kerja sangat penting karena hal ini tidak saja akan berpengaruh pada pergaulan Anda, namun juga pada pengembangan karir yang sedang Anda kejar.Lantas bagaimana cara membangun citra diri yang positif?ikuti beberapa tips dari kami berikut:   Bangun Kepercayaan Diri Kepercayaan diri akan memancarkan kesan positif dari diri Anda. Sebagai pribadi yang percaya diri, Anda seolah memiliki motivasi hidup baik dalam bekerja, dan bersosialisasi. Percaya diri pun akan membawa semangat pada Anda dalam menjalani berbagai aktifitas. Namun hati-hati untuk tidak menjadi terlalu percaya diri. Terlalu percaya diri justru dapat menunjukkan bahwa Anda terlalu ambisius dan sombong.     Berpikir Optimis Menjadi orang yang optimis akan membuat sekeliling Anda termotivasi dan merasakan energi positif dari Anda. Berpikir optimis secara tidak langsung akan berpengaruh pada pola pikir Anda untuk menjadi positif, dan tentunya akan memotovasi diri Anda dalam menapaki setiap aktifitas yang Anda kerjakan.      Lebih Banyak Memberi daripada Meminta Dalam hal ini, memberi tidak berkaitan dengan uang. Lebih banyak memberi yang dimaksudkan adalah memberikan bantuan atau suka menolong. Dengan sikap yang suka menolong tersebut, orang-orang sekitar Anda akan merasa nyaman untuk bekerja bersama Anda. Suka menolong menunjukkan bahwa Anda mandiri dan mampu bersosialisasi dengan baik, namun jika Anda terlalu banyak meminta pertolongan maka tentu saja akan menimbulkan pandangan yang berlawanan.   Dengan citra diri yang positif, Anda tentu akan mendapat berbagai keuntungan di lingkungan social Anda. Dan yang terpenting, citra diri yang positif akan membawa diri Anda menjadi pribadi yang positif dan terus berkembang. Mari membangun citra diri yang positif mulai dari sekarang. (CN/Dit)   Sumber : http://careernews.id/tips/view/999-Membangun-Citra-Diri-Positif-di-Lingkungan-Kerja
Komentar