KANDIDAT PERUSAHAAN

Apa itu CEO? Berikut Pengertian, Perbedaan, Tugas, Skill, dan Gajinya

14 September 2022 17:09 23047 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 7 KALI DIBAGIKAN

Untuk kamu sebagai karyawan mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah CEO, yang di mana CEO ini merupakan seorang pemimpin di sebuah perusahaan maka tidak heran banyak dari kamu yang ingin sekali untuk menduduki posisi tersebut di kemudian hari.

 

Namun untuk menjadi seorang CEO bukanlah hal yang mudah, Karena untuk bisa memegang jabatan tersebut kamu harus memerlukan berbagai skill yang mumpuni serta harus memiliki sikap yang profesional dalam mengelola perusahaan, Selain itu menjadi seorang CEO kamu juga harus bisa menginspirasi karyawan-karyawan yang ada di perusahaan agar bisa memberikan performa terbaik dalam bekerja.

 

Saat kamu menjadi seorang CEO kamu akan bertanggung jawab dalam membuat berbagai kebijakan serta menjaga kualitas kerja para karyawan, kita ambil contoh saja beberapa CEO di perusahaan besar seperti CEO Google yang mana selain memiliki prestasi yang banyak dia juga dikenal sebagai orang yang mampu menginspirasi ribuan karyawan dalam bekerja.

 

Untuk menjadi seorang CEO tentunya kamu harus mengenal lebih dalam mengenai apa itu ceo , serta mengerti apa saja tugas dan juga kewajibannya di perusahaan, bagi kamu yang ingin mengetahui pembahasan lebih lengkapnya mengenai CEO kamu bisa menyimaknya di bawah.

 

Pengertian CEO (Chief Executive Officer)

CEO adalah kependekan dari Chief Executive officer yang mana posisi ini merupakan posisi tertinggi dari sebuah perusahaan, CEO bertanggung jawab dalam membuat berbagai keputusan demi keberlangsungan perusahaan dan tidak hanya itu seorang CEO juga akan bertanggung jawab menangani operasional perusahaan.

 

Dengan banyaknya tanggung jawab yang besar tersebut maka tidak heran posisi CEO menjadi salah satu posisi yang sangat sulit untuk diduduki oleh orang-orang karena harus memiliki kualitas yang mumpuni, Selain itu fungsi lain dari CEO juga adalah sebagai wajah dari perusahaan itu sendiri.

 

CEO tidak hanya mengkomunikasikan berbagai kebijakan perusahaan kepada petinggi-petinggi perusahaan namun CEO juga memiliki peran untuk mengkomunikasikannya kepada masyarakat, maka tidak heran beberapa nama CEO terkenal cukup dikenal oleh kalangan masyarakat luas.

 

Semakin besar skala perusahaannya maka tanggung jawab yang harus dipegang oleh io akan bertambah besar pula serta nantinya sebagai CEO kita akan memutuskan keputusan yang berpengaruh terhadap perkembangan perusahaan dan juga kebijakan bisnis yang berjalan.

 

Perbedaan CEO, COO, CMO, CTO, dan CFO 

Di dalam perusahaan ada berbagai posisi puncak yang menduduki mulai dari CEO, COO, CMO dan CTO. bagi kamu yang ingin menjadi salah satu dari posisi puncak perusahaan tersebut kamu terlebih dahulu harus mengetahui apa saja perbedaannya dengan CEO agar nantinya kamu tidak memiliki salah persepsi dan juga tidak mengetahui apa saja tugas dari posisi-posisi tersebut.

 

CEO (Chief Executive Officer) 

CEO artinya orang yang bertanggung jawab untuk mengembangkan serta menilai strategi bisnis dari perusahaan dan juga orang yang menentukan profitabilitasnya, CEO memiliki peran penting dalam mengevaluasi kinerja departemen dan juga divisi yang ada pada perusahaan supaya memastikan semuanya sudah berjalan sesuai dengan fisik dan juga tujuan perusahaan.

 

CEO diangkat oleh dewan komisaris atau sekelompok orang yang ditunjuk untuk mengawasi kegiatan dari suatu perusahaan, dan untuk bisa memimpin perusahaan tersebut CEO diharapkan memiliki kemampuan dalam membuat keputusan yang cepat dan juga tepat agar bisa meminimalisir resiko bisnis serta bisa meningkatkan profit perusahaan.

 

COO (Chief Operating Officer) 

Posisi berikutnya adalah COO atau Chief Operating Officer, posisi ini sering juga disebut sebagai wakil direktur atau biasa juga disebut direktur operasional yang mana berperan dalam memimpin divisi operasional internal perusahaan.

 

Untuk tugasnya sendiri direktur operasional ini memiliki macam-macam tugas tergantung dari model bisnis suatu perusahaan yang dipimpinnya, misalnya ketika perusahaan distribusi ritel maka tugasnya adalah menangani lancarnya ketersediaan barang dagangan serta produktivitas karyawan yang nantinya akan dilaporkan langsung kepada CEO.

 

CMO (Chief Marketing Officer)

Berikutnya adalah CMO atau sering juga disebut sebagai direktur marketing, posisi ini akan bertugas memimpin divisi marketing dalam menangani berbagai hal mengenai pemasaran dalam perusahaan, atau singkatnya tugasnya adalah sama jualan dan juga customer, Tidak hanya itu, CMO juga meliputi kehumasan, riset pasar dan juga pencitraan perusahaan serta bertanggung jawab untuk menciptakan wajah perusahaan yang baik di mata masyarakat.

 

CTO (Chief Technology Officer)

Jabatan berikutnya adalah CTO, peran ini baru-baru muncul dalam beberapa tahun belakangan karena sehubungan dengan pesatnya perkembangan teknologi internet maka segala kegiatan perusahaan akan tergantung dengan teknologi. Biasanya peran ini akan banyak ditemui di beberapa perusahaan startup yang banyak berkecimpung di bidang internet dan juga teknologi aplikasi.

 

Adapun untuk tugasnya sendiri adalah untuk mengelola tim teknisi yang juga akan membantu dalam memastikan bahwa teknologi serta informasi dalam perusahaan berjalan dengan baik.

 

CFO (Chief Financial Officer)

Yang terakhir adalah CFO, peran ini nantinya akan sangat berkaitan dengan pengadaan pendanaan serta pembelanjaan dalam suatu perusahaan baik itu pembentukan anggaran serta pembuatan laporan keuangan, CFO juga bertanggung jawab pada penggajian karyawan termasuk dalam mengelola apabila perusahaan mengalami risiko terkait keuangan.

 

Itu dia beberapa perbedaan antara CEO dan posisi lain yang ada di sebuah perusahaan, namun untuk beberapa posisi di atas bisa saja dalam beberapa perusahaan namanya akan berbeda, dari pembahasan di atas sebenarnya ada berbagai tugas lain yang akan dilakukan oleh seorang CEO untuk tugas lebih lengkapnya yaitu sebagai berikut.

 

Tugas Seorang CEO

Dalam memimpin perusahaan seorang CEO akan dibebani oleh beberapa tugas yang harus dilakukan, untuk beberapa tugasnya diantaranya adalah :

 

  • Tugas yang pertama adalah menciptakan, mengkomunikasikan serta mengimplementasikan visi misi serta tujuan dari organisasi ataupun perusahaan kepada seluruh karyawan.
  • Memimpin perkembangan dan pengimplementasian strategi perusahaan.
  • Berkomunikasi dengan board of director untuk kemajuan perusahaan.
  • Melihat perkembangan operasional perusahaan.
  • Melihat potensi kerja sama dengan berbagai perusahaan lain yang memiliki tujuan yang sama.
  • Mewakili perusahaan dalam urusan-urusan kemasyarakatan serta menjalin komunikasi dengan berbagai pemangku kebijakan baik itu pemerintah pusat ataupun daerah. 
  • Menjalin hubungan baik dengan sesama CEO untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan serta reputasi perusahaan dan bisa mengembangkan kemampuan kepemimpinan.

Skill yang Harus dikuasai

Bagi kamu yang ingin menjadi seorang CEO di masa depan tentunya kamu harus menguasai beberapa skill berikut ini agar nantinya kamu bisa menjadi seorang CEO yang baik, berikut adalah beberapa skillnya.

 

  • Memiliki skill interpersonal yang baik
  • Memiliki skill analisis
  • Memiliki skill kepemimpinan atau leadership
  • Memiliki skill managerial
  • Memiliki skill public speaking

Cara menjadi seorang CEO

Setelah kamu mengetahui apa saja skill yang harus dikuasai serta perbedaan CEO dengan jabatan lain mungkin saat ini kamu bertanya-tanya bagaimana caranya untuk menjadi seorang CEO di perusahaan? Untuk menjadi CEO kamu tidak perlu khawatir karena disini kami akan memberikan pembahasan mengenai bagaimana cara menjadi CEO, berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu siapkan.

 

1. Pendidikan yang tinggi

Cara yang pertama untuk menjadi seorang CEO adalah kamu harus memiliki pengetahuan yang luas serta mendalam dan juga didukung dengan pendidikan yang tinggi, Salah satu syarat untuk menjadi CEO adalah berpendidikan tinggi beda halnya ketika kamu akan menjadi seorang founder dari perusahaan.

 

Oleh karena itu bagi kamu yang ingin menjadi CEO kamu harus memastikan bahwa diri kamu saat ini sudah memiliki pengetahuan yang luas terutama mengenai bisnis dan juga memiliki pendidikan tinggi untuk mendukung kemampuan kamu.

 

2. Perjalanan karier

Cara berikutnya untuk menjadi seorang CEO adalah memiliki perjalanan karir yang baik, seorang CEO tentunya orang yang memiliki pengalaman kerja yang baik serta memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah ataupun problem solving yang mempunyai.

 

Untuk bisa membuktikan hal tersebut tentunya kamu harus membuktikannya melalui hasil kerja kamu di berbagai posisi yang diduduki. Maka dengan hal tersebut tidak menutup kemungkinan kamu akan dipromosikan dan bisa menduduki jabatan lebih tinggi menjadi seorang CEO.

 

3. Karakter atau Kepribadian 

Selain dilihat dari hasil kerja serta perjalanan karir untuk menjadi seorang CEO tentunya kamu juga harus memiliki karakter ataupun kepribadian yang baik, kamu tidak harus menjadi orang lain agar bisa disukai namun kamu harus memiliki kepribadian yang tidak merugikan orang lain.

 

Kamu harus mengubah cara kamu dalam memperlakukan orang menjadi lebih baik lagi karena nantinya untuk menjadi CEO bukanlah hal yang mudah karena kamu akan mengurus banyak sekali karyawan di perusahaan oleh karena itu dengan membangun karakter serta kepribadian yang banyak disukai kamu bisa menjalankan berbagai langkah tersebut dan memperbesar peluang kamu untuk menjadi CEO.

 

Gaji CEO di Indonesia

Menjadi CEO tentunya akan mendapatkan berbagai tugas yang berat serta menanggung tanggung jawab yang banyak maka tidak heran gaji seorang CEO sangatlah besar, dikutip dari detik.com gaji CEO di Indonesia sendiri rata-rata gaji perbulannya yaitu sekitar Rp.29 juta perbulan. Dan tidak menutup kemungkinan lebih besar dari itu, bahkan CEO perusahaan-perusahaan besar seperti youtube ceo nya memiliki gaji yang fantastis bahkan hingga miliaran rupiah per bulannya.

 

Nah itu tadi pembahasan mengenai Apa itu CEO mulai dari pengertian, perbedaan, tugas, skill dan gajinya. Bagi kamu yang tertarik untuk menjadi seorang CEO kamu bisa dari sekarang membangun karir yang baik serta melatih beberapa skill yang sudah disebutkan di atas tadi.

 

Namun Jika kamu belum mendapatkan pekerjaan kamu bisa mencari lowongan pekerjaan terbaru dan terlengkap pada TopKarir, dapatkan juga informasi menarik lainnya seputar karir dan juga pekerjaan hanya di TipsKarir.

CEO
Komentar