KANDIDAT PERUSAHAAN

5 Tips Jitu Menjadi Barista Idaman

24 Maret 2021 20:03 4231 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Masih ingat nggak pas Pak Jokowi ikutan minum ‘kopi susu tetangga”? Iya, betul Bapak Presiden  ke-7 ini lagi giat dengan semangat rintisan UMKM dan menduniakan produk lokal. Dalam kunjungan, ke salah satu kedai UMKM tersebut Jokowi menyarankan ini ide bagus yang harus dikembangkan. Nah, tentunya dalam suksesnya rasa yang khas dan sesuai dengan selera pelanggan ada seorang barista yang tidak bisa dilupakan jasanya.

 

Kamu harus tau menjadi barista tidaklah mudah. Seorang barista harus paham dan mengetahui selera pelanggan. Untuk kamu yang memiliki passion karir menjadi barista, harus memahami 5 langkah ini biar kamu tidak dilupakan jasanya sebagai barista.

 

  • Tebar Senyum

 

Modal terbar senyum itulah yang diharuskan untuk profesi sebagai barista. Barista wajib untuk senyum karena senyum adalah bahasa universal untuk melebur suasana kaku. Kamu bisa jamin kalau saja bertemu barista yang tidak murah senyum, maka sudah dipstikan rasa kopi yang dibuat akan sangat berbeda rasanya.

 

  • Bertanya Hal Kecil

 

Sebagi seorang barista, kamu harus peduli dengan penikmat kopi yang datang. Kamu bisa bertanya hal kecil, seperti “gimana kabarnya bro?”. Pertanyaan ini tidak merugikan kamu, justru nilai ramah akan menjadikan kamu untuk tidak dilupakan jasanya sebagai barista.

 

  • Tanyakan Rasa Kopi Buatan Kamu

 

Kamu bisa menanyakan kepuasan rasa yang didapat oleh pembeli kopi. Tujuannya adalah untuk mendapatkan feed back dari konsumen. Dengan ini pelanggan juga akan merasa diperhatikan untuk kualitas rasa yang disajikan.

 

 

  • Bercerita Tentang Varian Kopi Kepada Pelanggan

 

Kamu pernah ingat dengan Film AADC2, dimana rangga diajak berbicara tentang kopi oleh barista. Teknik ini bisa dicoba untuk kamu yang ingin tidak dilupakan jasanya menjadi barista terkenal. Memberi informasi mengenai ragam kopi yang ada di lokal maupun dunia kepada pencinta kopi tiadak ada ada salahnya Sahabt TopKarir, justru konsumen kamu akan semakin percaya bahwa kamu memanglah ahli dalam urusan meracik kopi.

 

  • Point Terpenting: Ingat Nama Konsumen Setia

 

Kamu harus banget nih ingat nama konsumen setia kamu. Ketika dia memesan kopi di meja kamu, kamu harus menyapa dia dengan nama ya. Teknik ini tentunya teknik untuk menciptakan repeat order, karena pelanggan kamu merasa seperti ada keramahan rumah di kedai kopi tempat kamu bekerja.

 

Itulah tips menjadi barista yang tentunya tidak akan dilupakan jasanya. Selamat mencoba, semoga menjadi barista sukses!

 

 

 

 

Komentar