Pencari Karir Pencari Kandidat

5 Skill Wajib untuk Jadi Sales Representative yang Profesional

27 Juli 2021 23:07 2346 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Salah satu pekerjaan yang tak henti-hentinya dibutuhkan perusahaan adalah sales representative.

 

Singkatnya sales representative merupakan pekerjaan yang tugas utamanya menjual produk atau jasa kepada klien, mereka juga punya target meningkatkan angka penjualan.

 

Seperti pekerjaan lainnya, sales representative juga dituntut menguasai berbagai skill untuk mendukung kinerja agar maksimal dan sesuai harapan.

 

Kalau kamu berminat menjajakan karir di posisi ini, pahami dulu skill wajib yang harus dimiliki seorang sales representative berikut ini.

 

1. Tanpa menguasai product knowledge kamu akan kesulitan mengenalkan produkmu ke konsumen

Bagaimana mau menawarkan produk kalau kamu aja nggak paham produk yang kamu jual? Apa kelebihannya, bahan dasarnya, manfaatnya buat orang yang mengkonsumsi produkmu.

 

Sebagai sales representative kamu harus bisa membantu calon klien mengenal secara detail produk/jasa yang kamu tawarkan. Tujuannya agar klien yakin produkmu adalah jawaban dari yang mereka butuhkan.

 

Jelaskan setiap komponen yang ditawarkan dan jawab setiap pertanyaan klienmu dengan maksimal sampai mereka betul-betul paham.

 

2. Sudah pasti komunikasi jadi skill yang haram hukumnya buat dilupakan

Dalam pekerjaannya seorang sales akan bertemu dan berkomunikasi dengan banyak orang. Pesan yang kamu sampaikan harus bisa dicerna dengan mudah oleh calon klienmu.

 

Penyampaian pesan yang padat dan jelas ke klien berguna agar gak terjadi kesalahpahaman dan kebingungan.

 

Gak kalah penting perhatikan juga aspek intonasi, nada, pengucapan kata, sampai kecepatan.

 

Sales representative yang menawarkan produk/jasa dengan kecepatan bicara tinggi kemungkinan pesannya sulit diterima.

 

Bagi customer/klien bagaimana cara sales menyampaikan pesan dirasa lebih penting ketimbang apa yang disampaikan.

 

Bagaimana si sales mengkomunikasikan pesannya menentukan ketertarikan klien menyimak presentasimu sampai selesai.

 

3. Biar PDKT-nya lancar, kamu harus paham sifat sampai suasana hati klien dengan identifikasi karakter

Identifikasi karakter dinilai sebagai salah satu kunci penjualan yang sukses. Setiap klien/konsumen punya keunikannya masing-masing, dan kamu harus bisa menyesuaikannya.

 

Kamu harus cepat membaca sifat dan karakter seseorang agar bisa melakukan pendekatan dengan baik.

 

Berbeda karakter, berbeda juga cara pendekatannya. Kamu bisa melihat dari cara dia berbicara, tatapan mata, sampai gestur tubuh.

 

Skill ini akan sangat berguna untuk kerja sama jangka panjang. Pasalnya kalau klien aja merasa nyaman bicara sama kamu, kemungkinan besar mereka nggak keberatan melakukan pertemuan lagi di kemudian hari.

 

4. Selain jadi pembicara yang baik, jadilah pendengar yang baik

Komunikasi yang terjadi antara sales dan customer berjalan dua arah. Selain presentasi yang baik, kamu juga harus menjadi pendengar yang baik untuk customer/klienmu.

 

Dengarkan cerita dan keluhan mereka, dengan begitu kamu bisa mengidentifikasi apa yang sebenarnya mereka butuhkan.

 

Kamu harus tau kapan waktunya kamu berbicara dan kapan waktunya kamu mendengarkan. Buat klien merasa nyaman dan leluasa menceritakan kebutuhannya.

 

5. Penolakan dan keberatan pasti ada, karena itu kamu butuh skill objection handling

Penolakan sudah jadi makanan sehari-hari bagi seorang sales. Tapi sales representative yang profesional harus bisa mengatasi penolakan dan keberatan yang diberikan klien.

 

Lakukan negosiasi tanpa memaksa. Saat klien menolak tawaranmu kamu bisa memberi nilai lain sebagai pertimbangan.

 

Misalnya saat calon klien merasa keberatan dengan harga, kamu bisa ceritakan kelebihan produkmu di sisi lain, seperti material/bahannya, proses produksi yang ramah lingkungan, atau keawetan produk.

 

Kamu juga bisa melakukan evaluasi berdasarkan alasan penolakan/keberatan calon klienmu.

 

Itu tadi beberapa skill yang wajib dimiliki agar bisa menjadi sales representative yang sukses dan profesional.

 

Di era adaptasi, skill kerja harus terus berkembang, untuk membantumu memperluas skill, TopEdu punya berbagai pelatihan online bersertifikasi yang bisa kamu ikuti, temukan materi pelatihan yang #KamuBanget di sini.


Dapatkan juga informasi lowongan kerja terupdate dan rencanakan karir hebatmu di TopKarir. Download aplikasinya gratis di App Store dan Play Store ya!

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
4 Aplikasi Yang Bisa Membantu Dalam Penjualan

4 Aplikasi Yang Bisa Membantu Dalam Penjualan

Di era serba digital ini, tentunya peranan media sosial menjadi sangat penting. Berkat kehadiran berbagai media sosial yang dimanfaatkan untuk pemasaran brand bisnis, berbagai aplikasi bermunculan untuk membantu proses bisnis di media sosial. Empat aplikasi ini bisa membantu kamu untuk meningkat brand kamu, simak ulasan berikut ya.   Periscope Aplikasi ini diciptakan untuk mendukung bisnis di Twitter. Melalui aplikasi ini, kita bisa berbagi live video secara langsung melalui tweet. Brand terkenal sudah mulai menggunakan aplikasi ini untuk menginformasikan produk barunya.   SoundCloud Engga cuma menjadi aplikasi yang memfasilitasi pemutaran file audio, SoundCloud juga dapat merekam audio pendamping untuk kemudian di posting di blog. Aplikasi ini juga berhasil memfasilitasi file audio untuk bisnis bagi perusahaan terkenal seperti Red Bull.   Spotify Spotify menyediakan layanan file audio dengan pilihan layanan gratis maupun berbayar. Meskipun banyak digunakan untuk kebutuhan yang bersifat individu, namun beberapa brand besar seperti Reebok menggunakan Spotify untuk menyusun playlist mereka di media sosial.   Curator Aplikasi ini memungkinkan kita untuk menggabungkan tweet ke dalam koleksi file yang dapat di-embed. Tujuan penggunaan Curator yaitu menandai tentang cerita atau trending topic yang berkaitan dengan suatu brand bisnis tertentu.   Selain menggunakan empat aplikasi di atas, tentunya untuk memasarkan brand bisnis diperlukan kemampuan pemasaran digital yang baik juga ya Sahabat TopKarir. Temuka tips lainnya di aplikasi TopKarir, download apps nya ya!
Komentar