Pencari Karir Pencari Kandidat

5 Pilihan Aplikasi Video Call untuk Kelancaran Komunikasi saat Work From Home

24 Maret 2021 20:03 8100 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 3 KALI DIBAGIKAN

Melihat kondisi akibat wabah Corona yang kian masif, banyak perusahaan yang kini beralih menerapkan sistem work from home. Mungkin beberapa sudah pernah menerapkannya, namun tak sedikit yang baru memulainya untuk pertama kali. Salah satu tantangan berat yang harus dihadapi perusahaan adalah kesulitan komunikasi dan koordinasi antar lini perusahaan. Oleh karena itu, saatnya Anda memanfaatkan aplikasi yang memungkinkan untuk melakukan video call dengan banyak orang dalam waktu bersamaan. Berikut TopKarir berikan 6 opsi aplikasi penunjang komunikasi selama work from home.

 

Zoom

Zoom merupakan salah satu aplikasi komunikasi berbasis video. Aplikasi ini bisa digunakan untuk berbagai perangkat digital, desktop, sampai telepon dan sistem ruang. Aplikasi Zoom mendukung hasil gambar dan audio yang jernih dengan kualitas high definition atau HD. Zoom juga memungkinkan untuk melakukan video call hingga 1000 peserta dan 49 video di layar. Anda juga bisa mengatur jadwal virtual meeting melalui aplikasi ini.

 

Skype

Dengan menggunakan Skype, Anda bisa melakukan video conference dengan lebih dari lima orang. Selain fitur video call, Skype juga menawarkan fitur telepon dan chatting, Anda juga bisa menjadwalkan telepon dengan rekan dan karyawan melalui fitur schedule call. Jika Anda lebih banyak menggunakan laptop untuk bekerja sebaiknya aplikasi ini dipasang di laptop saja, agar Anda bisa mengerjakan pekerjaan sembari melakukan video call atau bertukar pesan.

 

Facebook Messenger

Bagi pengguna media sosial Facebook, Facebook Messenger tidak terdengar asing. Aplikasi ini gratis hanya perlu memiliki akun Facebook. Facebook Messenger mendukung komunikasi dalam bentuk video call, teks, dan suara. Aplikasi ini mampu mendukung voice chat sampai 50 pengguna, namun hanya untuk video call hanya bisa menampilkan maksimal 6 pengguna dalam waktu bersamaan.

 

DingTalk

Di China, negara awal kemunculan virus corona, DingTalk banyak digunakan perusahaan dan sekolah-sekolah untuk live streaming. DingTalk dan Alibaba Cloud juga membuka kantor online, platform sistem kerja yang lengkap untuk mendukung pekerjaan di luar kantor. Sistem ini membantu para pekerja untuk melakukan video conference, conference call dan live streaming yang dapat diikuti sampai 300 peserta, sehingga bisa mendukung perusahaan jika membutuhkan rapat grup dalam skala besar. DingTalk juga mendukung sistem kerja HR dengan fitur live attendance, report dan announcement.

 

Google Hangouts / Google Meet

Google Hangouts / Google Meet bisa digunakan untuk mendukung komunikasi saat harus bekerja dari rumah. Dilansir Software Advice,  Google Meet merupakan aplikasi video konferensi yang merupakan versi bisnis dari Google Hangouts. Aplikasi ini mendukung penggunaan video call sampai 30 pengguna dalam waktu bersamaan dengan kualitas high definition. Google Meet bisa menjadi salah satu alternatif berkomunikasi dan berkoordinasi dengan rekan kerja dalam jumlah yang banyak. Google Meet juga sudah terintegrasi dengan G Suite yang memungkinkan pengguna untuk bisa bergabung sesuai jadwal kalender atau undangan yang dikirim melalui email.

 

Temukan kandidat muda terbaik untuk bergabung di perusahaan Anda bersama TopKarir, hubungi kami di sini. Tips-tips seputar dunia HR lainnya bisa Anda temukan di Ruang HR TopKarir.

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
5 Tips Pompa Semangat Kerja Saat Berpuasa

5 Tips Pompa Semangat Kerja Saat Berpuasa

Bekerja di bulan puasa memang berbeda dibanding hari-hari biasa, kita harus menahan lapar dan dahaga sampai adzan Maghrib tiba. Terlebih buat kamu yang masih harus bekerja, baik yang bekerja dari rumah / work from home maupun yang berangkat ngantor, rasa haus dan lapar kadang bisa membuyarkan konsentrasi kerja alhasil rasa malas datang menggoda. Padahal puasa nggak bisa dijadikan alasan untuk bermalas-malasan, justru bekerja menjadi salah satu sumber pahala. Nah, buat kamu yang merasa lesu saat bekerja di waktu puasa, ikuti tips memompa semangat kerja di bawah ini yuk! Biar hasil kerja juga tetap maksimal.   Waktu tidur yang cukup Hindari begadang, selain dapat mengganggu kesehatan, waktu kerja juga bisa terganggu karena rasa kantuk yang nggak tertahan. Tidurlah lebih awal selama bulan puasa karena kamu akan bangun lebih pagi untuk menyiapkan dan makan sahur, jika sudah terbiasa, di bulan-bulan berikutnya waktu tidurmu bisa lebih teratur.    Jangan sampai melewatkan sahur Sahur akan menjadi pengganti sarapan kamu, dengan makan sahur energimu akan mampu bertahan sampai adzan Maghrib berkumandang. Saat bekerja kamu juga nggak akan cepat lemas dan mengantuk. Kamu bisa mengkonsumsi menu sahur yang mengandung karbohidrat, seperti nasi, pasta, roti ataupun oat agar kenyang lebih lama. Tambahkan juga dengan sumber protein lain seperti telur, keju atau daging rendah lemak agar kebutuhan energi tercukupi. Nggak lupa, imbangi dengan makan sayur dan buah untuk memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh.   Manfaatkan jam istirahat Kamu harus bisa memakai waktu jeda kerja untuk beristirahat, sekedar berkumpul dengan keluarga dengan bercerita, meregangkan badan atau tidur siang untuk mengembalikan energi setelah beribadah. Kalau tubuh dan pikiran sudah segar kamu jadi bisa kembali fokus bekerja.   Berinteraksi dengan rekan kerja Untuk sekedar menyegarkan pikiran sesekali menyapa rekan kerjamu juga nggak masalah. Terlebih buat kamu yang masih harus kerja di rumah, rasa bosan pasti sering menghampiri, karena itu jaga interaksi dengan lingkungan sosialmu juga. Obrolan ringan berisi informasi ataupun hiburan bisa jadi penyegar dikala rutinitas kerja yang melelahkan.   Berpikir positif dan niatkan untuk hal baik Biar puasa jadi lebih bermakna, lakukan pekerjaan dengan niat yang baik dan ikhlas. Berpuasa merupakan kewajiban umat Islam dan bekerja merupakan kewajiban manusia untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Jadi keduanya harus dilakukan beriringan dengan tujuan dan niat untuk mencapai ridho-Nya. Jika bekerja dengan semangat kebaikan di bulan Ramadan, bukan nggak mungkin Allah memberikan keberkahan dan nikmat yang berlipat.   Itu tadi 5 tips memompa semangat kerja di bulan puasa. Yuk temukan tips-tips dan informasi karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store!
Komentar