Pencari Karir Pencari Kandidat

5 Keuntungan Mengikuti Tes Minat & Bakat di TopKarir

24 Maret 2021 20:03 8970 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 2 KALI DIBAGIKAN

Bekerja jadi sebuah keharusan yang dilakukan untuk bisa memenuhi kebutuhan jangka pendek maupun jangka panjang. Setiap pekerjaan tentu memiliki tantangan dan kesulitan yang berbeda-beda bagi siapapun yang menjalaninya.

 

Dalam bekerja, seseorang pasti pernah merasakan stres, bosan, bahkan tertekan. Salah satu alasannya adalah kehilangan semangat dan motivasi. Tapi tenang, hal itu bisa kamu hindari jika pekerjaan yang ditekuni sudah sesuai dengan minat dan bakatmu.

 

Bekerja, belajar, dan melakukan aktivitas lain sesuai minat dan bakat akan membuat kamu lebih bersemangat dan menikmati setiap prosesnya. Selain itu, kamu akan lebih mudah mengoptimasi kemampuan untuk bekerja secara maksimal.

 

Pernah nggak sih bingung menentukan konsentrasi/jurusan studi? Saat dijalani merasa salah jurusan bahkan sampai menyerah di tengah jalan. Atau kesulitan menentukan bidang kerja setelah lulus kuliah?

 

TopKarir punya satu fitur yang bisa bantu kamu menemukan potensi dan bakat yang ada di diri kamu, yakni Tes Minat & Bakat. Berikut ini ada 5 keuntungan yang bisa kamu peroleh dengan mengikuti Tes Minat & Bakat dari TopKarir.

 

1. Menemukan pekerjaan yang tepat

Hasil dari Tes Minat & Bakat akan menjelaskan bidang kerja apa yang paling cocok buat kamu. Dengan begitu kamu akan lebih yakin menentukan bidang kerjamu nanti. Bekerja di bidang yang kamu banget akan membuat kamu nyaman dan bahagia menjalaninya.

 

2. Lebih mudah mengembangkan keahlian

Saat hasil Tes Minat & Bakat sudah keluar, kamu bisa fokus mengembangkan keahlian sesuai bidang yang menjadi potensi kamu.

 

Tanpa belajar dan berlatih, kemampuanmu hanya akan terus terpendam, jadi ikuti beragam pelatihan untuk mempertajam keahlian dan kompetensi guna bekal di dunia kerja nanti.

 

Kamu juga bisa mengikuti berbagai webinar gratis, masuk ke dalam komunitas, atau mengikuti program magang untuk memperdalam bidang yang menjadi potensi kamu.

 

3. Kerja jadi lebih menyenangkan

Bekerja sesuai minat & bakat akan lebih menyenangkan sebab tidak ada paksaan dari luar diri. Kamu akan bekerja dengan hati tanpa terbebani.

 

Sejatinya kerja bukan perkara gaji semata, bahagia nggak cuma dinilai dari seberapa banyak penghasilan kamu bukan? Termasuk juga ketika pekerjaan yang kamu pilih sekarang dilalui tanpa ada tekanan.

 

4. Kepercayaan diri dalam berkarir

Ketika sudah fokus di satu bidang yang menjadi minat & bakatmu dan berhasil mengembangkannya, kamu akan punya kepercayaan diri yang lebih besar lagi.

 

Saat menjawab pertanyaan interview “apa kelebihan kamu?” kamu bisa menjawab dengan berbagai pengalaman dan pengetahuan yang kamu punya di bidang yang sudah kamu dalami.

 

5. Nggak mudah menyerah

Jalan karir tak selamanya mulus, pasti ada hambatan dan tantangan yang menemui kamu. Dengan memiliki keyakinan dan kepercayaan diri yang tinggi dalam satu bidang akan membuat kamu menjadi pribadi yang nggak gampang nyerah.

 

Bahkan ketika dihadapkan pada permasalahan sesulit apapun, kamu akan berusaha bangkit dan memperbaikinya.

 

Semangatmu tinggi untuk mencapai tujuan karir, karena kamu sudah tau apa yang kamu mau dan apa saja usaha untuk mencapainya.

 

Buat kamu yang mau mencari tahu potensi diri lewat Tes Minat & Bakat di TopKarir caranya mudah. Ikuti langkahnya di bawah ini ya.

 

Cara Mengikuti Tes Minat & Bakat bagi Pengguna Baru

1. Daftarkan dirimu di TopKarir terlebih dahulu

Untuk bisa mengikuti Tes Minat & Bakat, kamu harus mendaftarkan diri di TopKarir terlebih dahulu, ya. 

Kamu bisa simak video di bawah ini untuk panduan cara mendaftarnya:

 

 

Atau kalau kamu lebih suka panduan dalam format tulisan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi TopKarir, klik "Akun" dan "Masuk Sekarang"
  2. Lengkapi data dirimu, seperti nama, email, dan password
  3. Lalu, pilih latar belakang yang sesuai dengan dirimu
  4. Kemudian kamu harus lengkapi informasi pribadi, seperti nama lengkap, email, no. handphone, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, dan media sosial
  5. Setelahnya kamu harus melengkapi informasi, seperti pendidikan, spesialisasi, dan keahlian
  6. Masukkan nomor KTP-mu
  7. Selamat, ya! Sekarang kamu sudah terdaftar di TopKarir

 

2. Cara mengikuti Tes Minat & Bakat

Langkah berikutnya adalah mengikuti Tes Minat & Bakat. 

Untuk kamu yang belum tahu caranya, silakan simak video di bawah ini untuk mengikuti Tes Minat & Bakat

 

 

Dan buat kamu yang lebih suka mengikuti panduan lewat tulisan, silahkan simak langkah-langkahnya di bawah ini, ya!

  1. Buka aplikasi TopKarir, lalu klik "Akun" pada menu bar di kanan bawah
  2. Lalu, pilih "Tes Minat & Bakat"
  3. Jangan lupa untuk menyalin nomor tiket dan kata sandi
  4. Lalu, masukkan nomor tiket dan kata sandi yang tadi sudah kamu salin, klik masuk
  5. Kemudian, lengkapi data diri kamu sesuai dengan kolom yang tersedia
  6. Isi semua pertanyaan dengan jawaban yang paling sesuai
  7. Setelah itu, kamu bisa melakukan pembayaran sebesar Rp10.000 melalui Go-Pay, OVO, BCA Virtual Account, atau Mandiri Virtual Account. Jangan ditunda lagi ya, per 1 Maret 2021 harga akan kembali normal jadi Rp30.000, loh!
  8. Selamat! Kamu sudah bisa melihat hasil Tes Minat & Bakat kamu

 

Tunggu apa lagi? Ayo, segera cari tahu apa minat dan bakatmu agar perjalanan karirmu semakin cemerlang. Klik tombol di bawah ini untuk mengikuti Tes Minat & Bakat sekarang!

 

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Tulis Kelebihanmu Sebelum Interview, Ini Manfaatnya

Tulis Kelebihanmu Sebelum Interview, Ini Manfaatnya

Sesi interview pasti selalu menjumpai pertanyaan untuk mendeskripsikan kelebihanmu dalam dunia kerja. Pertanyaan tersebut memang dibuat untuk mengetahui seberapa besar potensi kamu dan seberapa besar dapat digali lebih dalam. Pasalnya HRD akan menilai seberapa jauh keterlibatan dan peranan penting kamu dalam histori pekerjaan kamu sebelumnya. Untuk itu kamu perlu menuliskan kelebihan kamu sebelum interview.   Untuk Menghindari Keluarnya Kata “umm”   Dalam interview keluarnya kata “umm” memiliki arti bahwa kamu kurang jujur dalam menjawab pertanyaan. Selain itu kamu juga memiliki rasa percaya diri yang kurang. Sehingga hal ini perlu menjadi catatan pribadi kamu untuk berubah dalam rencana pekerjaan kamu selanjut   Mendeskripsikan Diri Apa Adanya   Dengan mendeskripsikan diri kamu secara jujur, maka kamu akan memiliki catatan sendiri akan nilai kejujuran. Selain itu kamu akan mampu mengontrol adanya bentuk kelemahan yang ada di diri kamu.   Menggali Potensi Baru   Dengan menuliskan kelebihan, kamu dapat menemukan serta menggali potensi baru yang ada dalam diri kamu. Potensi baru kamu pasti bisa menjadi soft skill yang terpendam dan menjadikan aset yang berharga untuk karir kamu di kemudian hari.   Menjadi Lebih Mengenali Diri Sendiri   Dalam menulis kelebihan kamu sebelum interview kerja, hal tersebut mampu membuat kamu lebih mengenali diri sendiri. Ini artinya kamu mampu intropeksi dan mengontrol diri kamu agar tidak berlebihan dan memiliki etika bekerja yang baik. Serta mampu menghargai atasan serta rekan kerja kamu tanpa memberikan streotype sebagai pesaing kerja.   Bisa Memulai Membuat Career Plan   Kamu memiliki kesempatan ekstra dan langka dalam menentukan career plan. Seluruh rencana karir ke depannya akan terlihat lebih tertata dan rapih. Kamu juga akan semakin mengerti bagaimana kamu dalam jangka waktu minimal 2 tahun ke depan. Dengan mengetahui seluruh kelebihan kamu maka kamu akan lebih paham kapasitas kamu dalam keterlibatan industri yang sedang kamu geluti ini.   So, Ceritakan dan tulis dengan seksama kelebihan dari diri kamu, karena itu semua adalah potensi emas Sahabat TopKarir.
Pekerjaan vs Karir, Emang Apa Bedanya?

Pekerjaan vs Karir, Emang Apa Bedanya?

Selama ini apa yang kamu pikirkan tentang karir dan pekerjaan? Keduanya terkesan memiliki makna yang sama ya. Tapi sebenarnya karir dan pekerjaan itu punya arti yang berbeda lho. Dalam buku berjudul Your Job Is Not Your Career!, Rene’ Suhardono juga menegaskan kalau karir dan pekerjaan punya makna yang jauh berbeda. Menurutnya, pekerjaan adalah sesuatu yang bukan milik kita, sedangkan karir adalah apa yang kita miliki.   Pekerjaan hanyalah alat atau sarana yang kita gunakan untuk mencapai apa yang kita kehendaki, mendapatkan uang secara rutin untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan sehari-hari. Pekerjaan adalah kesempatan yang diberikan oleh perusahaan agar kamu berkembang secara pribadi dan profesional. Intinya, pekerjaan itu bukan milik kamu, melainkan milik perusahaan untuk mencapai tujuan organisasi.   Berbeda dengan pekerjaan, karir punya makna yang lebih dalam. Karir adalah cita-cita, ambisi, dan tujuan hidup jangka panjang yang dimiliki seseorang dengan menekuni suatu bidang. Karir itu keseluruhan proses dalam hidup kamu, jadi pekerjaan itu cuma salah satu proses aja. Langkah awal seseorang dalam menjajakan karir ialah passion.   Karir yang dibangun berdasarkan passion akan lebih mudah dijalani, sebab kamu punya kecintaan, semangat dan akan terus menikmati setiap prosesnya.   Seseorang yang tidak fokus membangun karir cenderung bekerja apa adanya, datang ke kantor, bekerja 8 jam, lalu pulang. Setiap hari mengerjakan apa yang sudah diperintahkan oleh atasan atau apa yang sudah tertulis dalam perjanjian, dengan tujuan menerima gaji setiap bulannya. Intinya mereka sudah merasa aman dan cukup, yang terpenting kemauan dan kebutuhan hidupnya bisa terpenuhi.   Tapi kalau orang yang fokus berkarir cenderung punya keinginan belajar yang tinggi, penuh inisiatif dan berani mencoba hal-hal baru. Mereka rutin mengevaluasi kinerjanya, jika ia merasa tempatnya bekerja/belajar saat ini tidak bisa lagi membuatnya berkembang, ia akan mencari tempat baru untuk meningkatkan karirnya.    Karir akan membuat hidupmu lebih bermakna, apa yang kamu kerjakan dilalui karena kamu memang suka menjalaninya.   Kamu akan terus berusaha menambah dan mengasah kompetensi di bidang yang menjadi fokus kamu. Karena itu, karir bukan hanya memberi manfaat untuk kehidupanmu sekarang dan di masa depan, tapi juga bermanfaat untuk banyak orang. Kamu nggak akan segan berbagi pengalaman dan ilmu yang kamu punya ke orang lain. Dari situ kamu akan menemukan kebahagiaan dan makna dalam hidup.   Terus, emang salah ya kalau memilih fokus bekerja dibanding berkarir? Yang pastinya nggak dong. Bekerja adalah bagian dari perjalanan karir, lewat pekerjaan, kamu bisa mendapat pelajaran dan pengalaman untuk mulai meniti karir. Bisa jadi dari pekerjaan itu, karir kamu akan terbentuk, karena kesesuaian pekerjaan dengan passion, tujuan dan nilai yang kamu punya.   Jadi, ayo mulai bangun karirmu sekarang, temukan passionmu terlebih dulu, tentukan bidang yang mau kamu geluti, asah dan belajar untuk perkuat kompetensimu, temukan mentor dan lingkungan yang suportif dan positif. Baru deh kamu bisa terjun ke dunia kerja, meneruskan pendidikan, atau bahkan menjadi wirausahawan.   Selalu ingat mimpi, masa depan dan tujuan hidupmu, kehidupanmu semuanya adalah tentang kamu, jadi pastikan kamu menjalaninya dengan sepenuh hati ya.   Untuk mendukung karir kamu, TopKarir selalu siap sedia jadi teman perjalanan karir yang membantumu dari awal sampai meraih impian. Potensi dan bakat kamu bisa kamu cari tahu di Tes Minat Bakat, kamu juga bisa konsultasikan hasilnya bareng sama mentor hebat dan profesional di berbagai bidang lewat TopKarir Klinik, disitu kamu bakal chat-an langsung lho sama expert.   Buat mengasah skill dan membekali diri agar pondasi karir kamu makin kokoh, kamu bisa belajar dan ikut pelatihan online di TopEdu. Materi dan pembahasannya juga beragam, mulai dari bisnis & keuangan, teknologi, marketing, kreatif, hospitality, sampai personal skill. Kalau mau mulai bangun bisnis kamu juga bisa gabung APINDO UMKM Akademi, banyak mentor hebat yang sudah sukses dan berpengalaman sebagai wirausahawan, kamu juga bisa ikut pendampingan secara langsung. Atau kalau mau cari pekerjaan atau magang, TopKarir juga menyediakan ribuan lowongan pekerjaan dan magang terupdate dari perusahaan dalam dan luar negeri.
Komentar