Pencari Karir Pencari Kandidat

5 Cara Menjaga Tubuh Tetap Bugar Meski Seharian di Kantor

24 Maret 2021 20:03 2816 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Bekerja seharian dari pukul 8 hingga 5 sore memang dapat memberikan efek tidak baik untuk kesehatan. Terlebih lagi jika anda dipaksa untuk melakukan lembur karena pekerjaan kantor yang masih menumpuk. Selain itu, aktivitas anda di kantor didominasi oleh kegiatan duduk seharian yang tentu saja membuat organ sekitaran pinggul hingga punggung terasa begitu tidak nyaman. Anda tentu bertanya-tanya bagaimana caranya agar tubuh tetap merasa fit meski waktu anda seharian dihabiskan dikantor. Menurut sebuah studi, anda tidak perlu keluar dari pekerjaan yang saat ini tengah anda kerjakan agar tetap mendapat tubuh yang sehat.

Beberapa tips menjaga kondisi tubuh agar tetap fit meski seharian dikantor :

 

  1. Batasi Waktu Duduk

Duduk dalam waktu yang lama terlebih lagi seharian penuh, dapat meningkatkan resiko memburuknya kesehatan tubuh anda. Kebiasaan seperti ini, juga dapat meningkatkan resiko berbagai penyakit, seperti diabetes tipe 2 dan kanker. Untuk itu ada baiknya, jika sesekali cobalah berdiri dan bangkit atau lakukan kegiatan berjalan-jalan kecil. Peregangan singkat seperti ini dapat membantu tubuh anda mengistirahatkan bagian tubuh yang terus-menerus menekuk terutama saat anda duduk seharian di kantor.

 

  1. Ambilah Waktu Untuk Tidur Siang Singkat

Para peneliti dari Northwestern University dalam studinya menemukan jika tidur siang meskipun dalam waktu yang singkat setelah belajar dapat membantu anda menyerap dan menyimpan informasi yang baru saja anda pelajari. Para ahli dari Johns Hopkins Hospital Sleep Disorder Center juga menyatakan bahwa tidur siang dengan waktu yang singkat dapat meningktakan kewaspadaan yang lebih besar selama beberapa jam. Selain itu manfaat tidur siang juga dapat meningkatkan produktivitas, konsentrasi dan akurasi seseorang.

 

  1. Menyelipkan Sedikit Yoga

Lakukan sedikit yoga, tak perlu ruangan besar atau khusus untuk melakukannya. Cukup dengan lakukan pada kursi kerja anda selama 15 menit. Hal tersebut terbukti bermanfaat baik bagi tubuh anda, salah satunya membuat anda lebih tenang dan merasa lebih baik. Bukti ini juga didukung oleh riset yang dilakukan oleh Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine yang dituangkan dalam sebuah jurnal. Responden yang terlibat dalam penelitian tersebut melakukan beberapa pose yoga, seperti menekukan tubuh ke bagian depan, samping dan belakang. Lakukan gerakan tersebut masing-masing sebanyak 6 kali dengan bantuan napas penuh. Hasilnya? Secara signifikan dapat mengurangi stress dan menurunkan tekanan darah pada tubuh anda.

 

  1. Pelihara Tanaman hijau

Sempatkanlah untuk menaruh satu pot kecil tanaman hijau diruang kerja anda. Sebuah penelitian dari Texas  A&M menemukan bahwa orang yang menyimpan vas bunga berisikan tanaman hidup di meja kerjanya, atau memiliki ruang kantor dengan berbagai jenis tanaman hijau cenderung memiliki lebih banyak ide kreatif. Sebaliknya, mereka yang di ruang kerjanya sama sekali tidak memiliki tanaman hias cenderung memiliki ide kreatif lebih terbatas.

 

  1. Sediakan Makanan Ringan Sehat

Sebuah studi yang dituangkan dalam Jurnal Population Health Management menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi makanan tidak sehat dapat menyebabkan kemungkinan seseorang menjadi 66 persen kurang produktif. Maka dari itu, sediakan camilan sehat yang rendah kalori dimeja kerja anda seperti buah-buahan. Dan tentunya jangan lupa untuk menghindarai camilan manis yang mengandung banyak gula seperti coklat, permen dan lainnya, sebab hal tersebut justru mampu meningkatkan berat badan anda.

 

Pekerjaan anda di kantor adalah kewajiban yang harus anda jalani, hal tersebut terkadang membuat anda terbebani jika anda tidak fokus atau bahkan saat kondisi tubuh tidak fit maka malah stress yang datang menyerang anda. Namun dengan menerapkan tips diatas, tubuh anda akan senantiasa terbantu untuk menghadapi aktivitas seharian di kantor dengan tubuh yang lebih fit.


Sumber : 5 Cara Menjaga Tubuh Tetap Bugar Meski Seharian di Kantor - Bidanku.com http://bidanku.com/cara-menjaga-tubuh-tetap-bugar-meski-seharian-di-kantor#ixzz4GnyS7LuH

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Ini Cara Menjaga Nama Baik Sebagai Karyawan yang di Referensikan   

Ini Cara Menjaga Nama Baik Sebagai Karyawan yang di Referensikan  

  Dapat pekerjaan berdasarkan referensi dari keluarga,teman, maupun rekan kerja itu adalah anugerah buat kamu. Apalagi di jaman yang susah dalam mencari pekerjaan seperti ini. Untuk menjaga kualitas karyawannya perusahaan terkadang lebih mementingkan sistem referall. Sistem ini artinya perusahaan mencari karyawan baru berdasarkan saran dan rekomendasi dari karyawan internal, Untuk itu kamu sebagai karyawan yang direferensikan harus tahu cara menjaga nama baik. Sahabat TopKarir bisa memahami sekaligus mempraktekan cara dibawah ini ya.    Bekerja Sesuai Standar   Sebagai karyawan yang direferensikan kamu sudah seharusnya bekerja sesuai standar. Kamu tidak boleh menggunakan kerabat mapun saudara yang memiliki kedudukan tinggi sebagai tameng dalam pekerjaan. Bekerja sesuai standar dan ikutilah arahan atasan kamu. Jaga nama baik saudara atau kerabat yang telah membantu kamu dalam mencarikan pekerjaan.   Tidak Bertingkah Seenaknya   Sabat TopKarir harus pandai menjaga diri jika sebagai karyawan yang direferensikan. Seperti contoh, kamu harus hadir tepat waktu dan berpakaian rapih. Hal ini dikarenakan kamu menjadi pusat perhatian orang banyak di tempat bekerja. Segala gerakan tingkah laku kamu akan selalu dipantau rekan kerja termasuk atasan kamu.   Hormat dan Santun dengan Rekan Kerja   Sikap hormat dan santun dengan rekan kerja adalah point yang utama. Kamu harus bisa menghargai rekan kerja kamu. Kamu sebagai karyawan baru tentunya membutuhkan mereka dalam mengasah keahlian yang kamu miliki. Mereka sudah pasti sumber ilmu yang berharga untuk kamu.   Selalu Menghargai Waktu   Kamu harus selalu menghargai waktu di saat bekerja. Kamu harus mengerti kapan waktunya menghabiskan waktu bersama gadget, dan kapan untuk bekerja. Kamu harus sadar perusahaan membayar gaji kamu tentunya mengharapkan imbal balik yang sesuai dengan kinerja kamu.   Nah, sudah gampang dapat pekerjaan jadi kamu jangan sia-siakan kepercayaan yang diberikan untuk kamu ya. Tetap terus semangat bekerja Sahabat TopKarir.   
Komentar