KANDIDAT PERUSAHAAN

4 Fungsi Surat Keterangan Kerja Beserta Contohnya

09 Juni 2021 01:06 20326 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 6 KALI DIBAGIKAN

 Surat keterangan kerja adalah salah satu dokumen administrasi yang penting untuk para karyawan. Fungsi utama dari surat tersebut adalah sebagai bukti tertulis perihal pengalaman kerja bahwa benar ia pernah bekerja atau masih bekerja dan mengemban posisi tertentu di perusahaan itu. 

 

Surat ini dikeluarkan oleh bagian personalia yang memang memiliki wewenang atas untuk mengeluarkan tanda bukti kepegawaian dalam suatu perusahaan.

 

Jika Anda ingin membuat surat keterangan kerja, pahami dulu apa fungsinya dan bagaimana contoh surat yang benar? Berikut ulasan selengkapnya.

 

 

Fungsi Surat Keterangan Kerja

 

Sama halnya dengan dokumen administratif lainnya, surat keterangan ini juga memiliki fungsi penting tergantung pada kebutuhan setiap individu. Beberapa alasan perlunya dikeluarkan surat ini adalah di antaranya:

 

1. Untuk Berkas Administrasi Melamar Pekerjaan

 

Umumnya, perusahaan akan mengeluarkan surat keterangan kerja untuk karyawan yang sudah menempati posisi tingkat menengah atau setara supervisor.

 

Surat ini kemudian nantinya bisa digunakan sebagai kelengkapan administrasi untuk melamar di perusahaan lain. Surat keterangan kerja ini akan menjadi bukti tertulis yang menerangkan jabatan dan jenjang karier Anda dalam perusahaan tersebut.

 

2. Syarat menarik dana BPJS Kesehatan

Salah satu syarat administrasi yang harus dilengkapi untuk menarik dana BPJS Kesehatan adalah melampirkan surat keterangan bekerja dari perusahaan yang asli dan foto copynya.

 

Dengan melampirkan surat ini, Anda bisa tetap mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan meskipun sudah tidak bekerja di perusahaan tersebut.

 

3. Syarat Pengajuan Beasiswa

Biasanya beberapa beasiswa untuk studi lanjutan akan mengharuskan Anda memiliki pengalaman kerja terlebih dahulu. Jika salah satu persyaratannya adalah memiliki pengalaman bekerja, maka dibutuhkan surat keterangan bekerja dari perusahaan sebagai bukti tertulis yang harus dilampirkan.

 

4. Melakukan Pinjaman Bank 

Surat keterangan kerja yang masih aktif biasanya diperuntukkan sebagai persyaratan pendaftaran jaminan sosial, pajak hingga keperluan pinjaman bank. Pinjaman jangka panjang dari bank tentu membutuhkan bukti bahwa Anda benar bekerja pada perusahaan tersebut dan diproyeksikan mampu membayar pinjaman. 

 

Contoh Surat Keterangan Kerja

Pada dasarnya, surat keterangan kerja setiap perusahaan bisa berbeda-beda. Namun, dalam pembuatanya ada bagian yang sama dan digunakan sebagai standar dari pembuatan surat keterangan ini. Bagian surat yang perlu ada di surat keterangan ini mencangkup informasi:

  • Nama karyawan
  • Jabatan karyawan
  • Nomor KTP
  • Keterangan status jabatan dan lama bekerja masih aktif atau sudah tidak aktif
  • Tanda tangan
  • Cap perusahaan
  • Logo dan kop surat

 

Adapun contoh format penulisannya adalah sebagai berikut:

 

Kop surat

Hal:Surat Pengalaman Kerja

Dengan surat ini, kami dari (Nama perusahaan) menyatakan bahwa:

Nama:

Alamat: 

Jabatan

Dengan sebenar-benarnya telah bekerja pada perusahaan kami dalam kurun waktu…

Tanda tangan dan cap perusahaan

(*tambahkan gambar surat keterangan kerja)

 

Temukan berbagai info lowongan pekerjaan terbaru di TopKarir. Jangan lewatkan juga berbagai tips sukses untuk karir kamu di sini. Tingkatkan pengetahuan dan skill kerjamu agar jadi talenta terbaik dengan pelatihan online TopEdu.

Komentar