KANDIDAT PERUSAHAAN

4 Fungsi Manajemen yang Wajib Diketahui

12 April 2021 16:04 104723 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 13 KALI DIBAGIKAN

Sebenarnya apa saja sih fungsi manajemen? Secara umum terdapat 4 fungsi manajemen yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (actuating), dan pengendalian (controlling). 4 Fungsi tersebut penting dan saling tumpang tindih. Setiap fungsi menyatu satu sama lain & masing-masing mempengaruhi kinerja yang lain.

 

Seorang manajer yang baik tentu harus menguasai 4 fungsi tersebut agar penggunaan sumber daya manusia dalam suatu organisasi bekerja secara maksimal untuk mendapatkan kinerja yang tinggi. Untuk tahu info lebih lanjut mengenai 4 fungsi manajemen simak artikel dibawah ini.

  1. Perencanaan (planning)

Salah satu peran utama seorang manajer adalah membuat rencana untuk memenuhi tujuan dan sasaran perusahaan. Dalam tahap ini juga seorang manajer mengalokasikan sumber daya karyawan dan mendelegasikan tanggung jawab, serta menetapkan jadwal dan standar penyelesaian yang realistis. Perencanaan mengharuskan mereka yang berada dalam peran manajemen untuk terus memeriksa kemajuan tim dan mungkin membuat penyesuaian kecil jika diperlukan, sambil tetap mempertahankan gambaran yang jelas tentang tujuan dan sasaran perusahaan yang lebih besar.

 

Banyak dari fungsi perencanaan seseorang terdiri dari bekerja secara mandiri untuk menentukan tanggung jawab apa yang harus diberikan kepada karyawan mana dan menetapkan tingkat prioritas untuk tugas tertentu. Namun, jangan lupa komunikasi juga memegang peranan penting. Misalnya, manajer berurusan dengan perencanaan ketika mereka bertemu dengan pimpinan perusahaan untuk membahas tujuan jangka pendek dan jangka panjang, dan ketika mereka mengkomunikasikan proyek baru secara spesifik ke tim mereka untuk memastikan tujuan individu terpenuhi tepat waktu.

  1. Pengorganisasian (organizing)

Seiring dengan perencanaan, keterampilan organisasi manajer dapat membantu memastikan perusahaan berjalan dengan lancar. Mulai dari menetapkan proses dan struktur internal hingga mengetahui karyawan atau tim mana yang paling cocok untuk tugas tertentu, menjaga semua orang dan segala sesuatu terorganisir sepanjang operasi sehari-hari merupakan fungsi penting dari manajemen.

 

Organisasi bukan hanya tentang mendelegasikan tugas secara efisien dan memastikan karyawan memiliki apa yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan tugas mereka. Manajer juga harus dapat beradaptasi untuk menanggapi sebuah tantangan baru. Seperti sedikit menyesuaikan jadwal untuk proyek atau mengalokasikan kembali tugas dari satu tim ke tim lain. Atau, itu juga bisa berarti seorang manajer dapat secara signifikan mengubah struktur dan peran internal tim sebagai respons terhadap pertumbuhan perusahaan.

  1. Pengarahan (leading)

Manajer harus merasa nyaman dan percaya diri dalam memimpin tugas harian anggota tim. Kepemimpinan dan komunikasi yang kuat saat menetapkan tujuan. Kepemimpinan dapat dilihat dalam berbagai cara, termasuk mengetahui saat karyawan membutuhkan dorongan tambahan dan pujian untuk menangani konflik antara anggota tim secara adil dan tegas. Seringkali, manajer dapat berfungsi sebagai pemimpin bahkan dalam obrolan kecil dengan mencontohkan kualitas yang mendukung, mendorong, dan memotivasi.

  1. Pengendalian (controlling)

Untuk memastikan semua fungsi di atas bekerja menuju keberhasilan perusahaan, manajer harus secara konsisten memantau kinerja karyawan, kualitas kerja, dan efisiensi proyek yang telah diselesaikan. kontrol kualitas dalam manajemen adalah tentang memastikan tujuan akhir bisnis terpenuhi secara memadai, serta membuat perubahan yang diperlukan jika tidak mencapai tujuan akhir bisnis.


Selain perihal 4 Fungsi Manajemen yang Wajib Diketahui,  temukan tips karir lainnya dari NU Career. Jangan lupa kunjungi situs resmi NU Career di https://www.nucareer.id/ untuk mencari beragam lowongan pekerjaan terbaik.

Komentar