2020 Waktunya UMKM Naik Kelas Bersama APINDO UMKM AKADEMI | TopKarir.com

2020 Waktunya UMKM Naik Kelas Bersama APINDO UMKM AKADEMI

2020 Waktunya UMKM Naik Kelas Bersama APINDO UMKM AKADEMI  | TopKarir.com
23 DEC 2020 03:07 SEPUTAR KARIR 229 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Tahun 2020 merupakan tahun yang penuh tantangan bagi banyak orang di berbagai penjuru dunia. Covid-19 yang dengan cepat mewabah di hampir seluruh negara membuat denyut kehidupan masyarakat melambat. Kebijakan pembatasan sosial secara mendadak telah menghentikan aktivitas ekonomi, dampaknya permintaan menurun dan mengganggu rantai pasokan di seluruh dunia.

 

Di Indonesia sendiri, UMKM menjadi sektor yang paling terdampak, pendapatan mereka mengalami penurunan yang lebih besar dibanding segmen korporasi. Terlebih bagi usaha yang mengandalkan penjualan toko offline.

 

Kondisi inilah yang mendorong Asosiasi Pengusaha Indonesia melahirkan program APINDO UMKM AKADEMI sebagai wadah berbagi dan pendampingan bagi para pelaku UMKM. Dimulai dengan acara pembukaan pada tanggal 17 Juni 2020, setelahnya program webinar rutin diadakan setiap hari Rabu untuk membahas berbagai strategi bisnis yang sedang tren dan dibutuhkan pelaku usaha untuk menjawab tantangan perubahan.

 

Rabu, 16 Desember 2020 lalu, APINDO UMKM AKADEMI tiba di akhir episodenya dengan membahas tema Optimalisasi Peran Komunitas Dalam Pemberdayaan UMKM. Program APINDO UMKM AKADEMI telah berhasil merangkul 14.032 pegiat usaha dengan menyajikan 29 webinar kewirausahaan yang menghadirkan banyak pembicara-pembicara hebat di berbagai sektor bisnis. Beberapa diantaranya Andika Rinaldo Marketing Manager GrabKitchen, GrabMart, & GrabFood, Arto Biantoro Brand Activist & Founder Brand Adventure Indonesia, Dewi Meisari Co-Founder UKMIndonesia.id & Ketua Komite Bidang Kajian APINDO, Dodi Soufiadi Marketing Director Swasti Farm, Deasy Nurmalasari General Manager Karya Nusantara, dan masih banyak lagi.

 

Seperti pernyataan Menteri Koperasi dan UKM (MenKop UKM), Teten Masduki di awal acara pembukaan, APINDO UMKM AKADEMI diharapkan mampu menjadi jalan bagi para pelaku UMKM di Indonesia untuk naik kelas ke skala yang lebih besar. Meski rangkaian webinar APINDO UMKM AKADEMI sudah berakhir, upaya membawa harapan tersebut dalam wujud nyata terus berjalan melalui program pendampingan bagi para pelaku usaha kecil, mikro, dan menengah yang tersebar di Indonesia.

 

Bekerja sama dengan TopKarir Indonesia, seluruh rangkaian webinar kewirausahaan yang sudah berjalan dapat diakses kapanpun melalui laman www.topkarir.com/kewirausahaan. Bersama mengembalikan kekuatan ekonomi Indonesia, ini saatnya #UMKMNaikKelas.


  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.