Pencari Karir Pencari Kandidat

12 Cara Usir Kantuk Saat Bekerja

24 Maret 2021 20:03 3279 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Pekerjaan yang menumpuk di kantor sering membuat Anda merasa capai. Apalagi kalau Anda pulang malam dan masih harus membawa pekerjaan ke rumah.

Hati-hati, banyak karyawan akhirnya merasa ngantuk saat bekerja di kantor. Setelah makan siang biasanya Anda mulai mengantuk dan enggan bekerja. Bahkan beberapa karyawan bisa ketiduran di depan komputer saking ngantuknya.

Kopi atau minuman berenergi lainnya sering menjadi pilihan saat mata dan badan sudah mulai lelah. Padahal kafein pada kopi, jika terlalu banyak juga tak baik bagi tubuh Anda. Terlepas dari apakah kafein sehat atau berisiko, masih banyak cara alami lain untuk mengusir rasa kantuk saat bekerja.

Kevin Daum, salah seorang entrepreneur Amerika Serikat dengan penjualan dan pemasaran lebih dari US$ 1 miliar, mengungkap 12 cara mengusir kantuk tanpa kafein seperti dikutip dari inc.com, Kamis (30/5/2013):



1. Jalan-jalan ke luar

Cahaya lampu, monitor komputer, dan air conditioner (AC) bisa membuat Anda ngantuk. Jalan-jalan selama 15 menit di luar kantor bisa membantu Anda mendapat udara segar. Melihat pemandangan baru juga bisa membuat badan Anda lebih segar.



2. Berolahraga

Karyawan lain pasti menganggap Anda aneh saat Anda berolahraga di tengah kantor. Tapi menggenjot detak jantung lebih cepat akan memberikan oksigen lebih banyak untuk tubuh dan tubuh Anda. Cobalah jumping jack, lompat tali, atau sedikit yoga. Anda juga bisa lari-lari di tangga kantor Anda. Lakukan sampai Anda berkeringat.



3. Olah otak

Jika sulit menstimulus badan, pancing otak Anda bekerja. Mengisi Teka Teki silang (TTS) atau main Sudoku bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dicoba. Selain itu, Anda juga bisa adu cepat bekerja dengan karyawan lain.



4. Dinginkan kepala Anda

Sadarkan diri Anda sendiri. Minum air super dingin yang ditambahkan lemon tanpa gula. Makin diminum, Anda makin tak ngantuk. Cipratkan sedikit airnya ke muka Anda. Cara lain, cobalah letakan potongan es di pergelangan tangan atau di dahi Anda.



5. Ngemil

Sedikit ngemil juga bisa bikin Anda terjaga. Hindari makanan berat atau cemilan yang terlalu manis. Selain buah-buahan, makan rujak pedas juga bisa bikin Anda melek.



6. Pompa adrenalin

Tontonlah beberapa trailer film action atau horor, dalam beberapa menit saja, Anda sudah tak mengantuk lagi.



7. Ganti posisi tubuh Anda

Posisi duduk Anda juga bisa jadi pemicu rasa kantuk. Anda bisa menggantinya dengan duduk tegak sambil menyilangkan kaki, atau coba untuk berdiri sebentar kemudian duduk lagi.



8. Wangi-wangian

Simpan lotion atau parfum dengan wangi yang menyegarkan. Jika Anda mulai mengantuk, oleskan di pergelangan tangan atau di dekat hidung. Hindari wangi lavender, karena Anda akan lebih ngantuk dibuatnya.



9. Menari

Pakai headphone, dengarkan lagu favorit Anda dan menarilah sepuasnya selama 10 menit. Beberapa orang pasti menertawakan Anda, tapi rasa malu itu justru akan membantu mata Anda melek lagi.



10. Bercanda

Bercandalah dengan karyawan lain selama 5 menit. Tertawa bisa membantu tubuh Anda bergerak dan menghilangkan rasa kantuk. Jika Anda tak bisa bercanda, tonton video lucu dan tertawalah.



11. Belanja online

Pikirkan soal membeli hadiah untuk orang yang Anda sukai. Mencari hadiah lewat situs-situs belanja online akan membantu menyegarkan mata dan Anda tak mengantuk lagi.



12 Telepon ibu

Yang ini memang kedengaran aneh, tapi percakapan dengan ibu Anda akan membuat Anda terjaga. Mungkin karena ikatan emosional antara Anda dan ibu. Lagipula, baik juga bagi Anda untuk sering menghubungi orang tua. (Ndw)

 

 

Sumber : http://bisnis.liputan6.com/read/599560/12-cara-usir-kantuk-saat-bekerja

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Cara Menghadapi Rasa Kantuk Ketika Bekerja

Cara Menghadapi Rasa Kantuk Ketika Bekerja

Pernah memiliki waktu senggang saat bekerja dan merasa bosan karena tidak ada tugas lagi? Pastinya rasa kantuk akan melanda dan menunjukkan kalau kita terlihat tidak professional. Yang sudah pernah memasuki dunia kerja sebelumnya pasti pernah mengalaminya juga, bahkan sering mengalaminya.   Hal utama yang harus diketahui Sahabat TopKarir adalah penyebab mengapa kita mengantuk saat bekerja. Apakah kurangnya waktu tidur atau terlalu lelah, perbaikilah penyebabnya mulai sekarang. Mungkin ada juga beberapa faktor yang membuat kita mengantuk, lalu bagaimana cara menghadapi nya? Mari kita simak kiatnya :   Sempatkan Berolahraga   Membiasakan diri untuk berolahraga sebelum berangkat kerja dapat melawan rasa kantuk kita. Menurut penelitian di University of Georgia membuktikan, sorang pekerja yang sering mengantuk disebabkan oleh kurangnya kebiasaan untuk berolahraga. Berolahraga membantu sistem kardiovaskular bekerja lebih baik dalam mengangkut oksigen dan nutrisi keseluruh tubuh sehingga menjadi lebih segar.   Mencukupi Asupan Air   Kurangnya asupan air dapat membuat tubuh kekurangan cairan sehingga volume darah menjadi kental, dan membuat kerja jantung memompa darah keseluruh tubuh berkurang. Sehingga menjadi lemas dan mengantuk, biasakan untuk memenuhi asupan cairan ketika bekerja.   Sarapan yang Sehat   Sarapan sangat penting sebelum kita beraktivitas dalam memulai hari, agar tubuh tetap segar dan tidak lesu. Mulailah mengkonsumsi sarapan yang sehat yang banyak mengandung zat besi, biji-bijian, protein, dan vitamin. Agar tidak kekurangan energi dan mengantuk saat bekerja.   Merapikan Sekitar Lingkungan Kerja   Mulailah dengan merapikan meja kerja yang biasa kamu hadapi, menurut studi di Princeton University, kondisi meja yang kurang rapi atau berantakan akan membuat kita mengantuk. Dan menyulitkan kita untuk fokus dan membatasi otak untuk memproses informasi. Karena sulitnya konsentrasi dalam bekerja menyebabkan timbulnya rasa kantuk. Sebaiknya rapikan tempat kerja kamu sebelum pulang kerja.   Jadi Pekerja yang Lebih Realistis   Untuk meraih kesuksesan kita harus bekerja keras. Hal ini pula yang kadang membuat kita jadi harus meluangkan waktu ekstra untuk menyelesaikan pekerjaan. Tapi menurut profesor psikiater yang berasal dari New York University, hal tersebut justru membuat kita mengalami susah konsentrasi. Hal ini dapat berujung pada menurunnya energi saat bekerja dan akhirnya jadi lebih mudah ngantuk. Karena itu sebaiknya Anda menjadi pekerja yang lebih realistis termasuk saat ada rekan kerja Anda yang meminta bantuan. Sesekali beranikan diri untuk mengatakan tidak tentu tidak ada salahnya.    
Komentar