Pencari Karir Pencari Kandidat

UMKM Naik Kelas Menuju Indonesia Emas

26 September 2022 10:09 1037 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 3 KALI DIBAGIKAN

Wakil menteri perdagangan Republik Indonesia, Bapak Jerry Sambuaga mengatakan bahwa UMKM di Indonesia harus bisa beradaptasi dan mengembangkan diri agar bisa bertahan, terutama setelah masa pandemi covid-19, adaptasi yang harus dilakukan oleh para pelaku UMKM dapat dimulai dengan mengubah metode bisnis dan lebih memanfaatkan berbagai platform digital sebagai sarana penjualan agar bisa memperluas jaringan bisnis. Tidak hanya itu Ia juga menyebutkan bahwa di era digital seperti sekarang penting untuk umkm masuk pada ekosistem digital agar bisnis menjadi lebih efisien, serta pemasaran produk menjadi semakin luas dan bisa bersaing di era digitalisasi seperti sekarang. (Sumber: Republika.co.id, Jun 2022)

 

Dikutip dari kominfo.go.id, Johnny G Plate selaku ketua kominfo mengatakan bahwa dari sebanyak 64,2 juta UMKM yang ada, ternyata saat ini kontribusi terhadap PDB Indonesia lebih dari 60%, namun meskipun demikian menurut kementerian koperasi dan UKM, hanya ada baru sekitar 8 juta UMKM yang sudah digitalisasi dan bergabung pada platform marketplace, setelah bergabung dalam marketplace tersebut UMKM mendapat peningkatan yang cukup signifikan dari segi penjualan jika dibandingkan dengan belum digitalisasi.

 

Adapun untuk dukungan dari pemerintah sendiri dalam melakukan digitalisasi pada UMKM di Indonesia adalah memberikan beberapa dukungan yaitu berupa bantuan insentif fiskal dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN), dan juga pemerintah meluncurkan sebuah program gerakan nasional bangga buatan Indonesia (Gernas BBI). Untuk penjelasan lebih lengkapnya yaitu sebagai berikut.

 

Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)

Program pemulihan ekonomi nasional atau PEN merupakan salah satu dukungan dari pemerintah untuk para pelaku UMKM agar UMKM bisa memanfaatkan teknologi digital serta meningkatkan keterlibatan UMKM dalam pasar digital, program ini diharapkan pemerintah bisa membantu dan mendukung UMKM untuk menghadapi dampak pandemi covid-19.

 

Program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI)

Dukungan pemerintah berikutnya dalam mendigitalisasi UMKM yaitu dengan menyelenggarakan program gerakan nasional bangga buatan Indonesia, program ini bertujuan untuk mendorong digitalisasi bagi UMKM offline serta mendorong nasional branding produk UMKM unggulan pada berbagai marketplace, dan tidak hanya itu gerakan ini juga diharapkan bisa meningkatkan ekspor produk dari tiap UMKM di Indonesia.

 

Digitalisasi UMKM sendiri dapat meningkatkan efisiensi proses, konsistensi, dan kualitas bisnis. Ketiga hal tersebut bisa memberikan banyak benefit bagi bisnis, di antaranya:

 

  • Mendigitalisasi segala proses administrasi UMKM kedalam bentuk digital..
  • Meningkatkan dan memfasilitasi pertukaran informasi yang lebih baik.
  • Membantu dalam menyediakan layanan pelanggan di mana saja. 
  • Memudahkan kegiatan distribusi pekerjaan dan pengawasan.
  • Mengurangi biaya operasional.
  • Mencegah kesalahan manusia.
  • Manfaatkan analitik & data pengguna.
  • Meningkatkan kelangsungan pertumbuhan bisnis.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, UMKM menjadi salah satu andalan pemerintah untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045. (investor.id, 11 November 2021), Dengan jumlah UMKM yang sebanyak 64 juta tentu perekonomian domestik ditopang oleh UMKM dan memiliki kontribusi besar terhadap PDB Indonesia yaitu sebesar 61,97% dari total PDB nasional atau setara dengan Rp 8500 triliun lebih. Selain itu UMKM juga dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang besar yaitu sebesar 97% dari daya serap pekerja di dunia usaha (ekon.go.id, Juli 2021).

 

Untuk menjawab tantangan digitalisasi UMKM tersebut Blibli dan Komunitas Seller Blibli, TIKI Indonesia dan TopKarir saling berkolaborasi untuk mengadakan rangkaian roadshow  event UMKM pada beberapa kota di Indonesia, seperti: kota Bandung, Medan, dan Semarang.

 

Pelatihan roadshow UMKM kali ini akan hadir di kota Semarang, bagi kamu yang ingin mengikuti pelatihan ini kamu bisa mengikutinya secara gratis! 

 

Catat Tanggalnya : 

Hari/ Tanggal : Rabu, 28 September 2022

Lokasi : Makabana Coffee House Semarang

 

Kamu bisa memilih jadwal sesuai kebutuhan, karna pelatihan ini terbagi menjadi 2 sesi :

 

Sesi 1: Pukul 10.00 - 12.00 WIB

Sesi 2: Pukul 14.00 - 16.00 WIB

 

Link pendaftaran: bit.ly/Blibli-Semarang

 

Benefit :

  • Mendapatkan modal promosi senilai 5,4 Juta 
  • Gratis coffee break
  • Merchandise menarik bagi yang terpilih
  • Hadiah games seru
  • Dan masih banyak lainnya

Konfirmasi pendaftaran hubungi langsung konfirmasi ke nomor 0898 1555 275 (Dania)

 

Slot terbatas, daftar sekarang juga jangan sampai ketinggalan! Sampai jumpa di Semarang yaa!

Komentar