Pencari Karir Pencari Kandidat

Persiapkan 7 Hal Ini Sebelum Kamu Mencari Lowongan Kerja

18 Agustus 2022 17:08 920 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap orang membutuhkan pekerjaan, hal ini karena ketika seseorang bekerja tentunya mereka akan mendapatkan penghasilan setiap bulannya untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari, namun sebelum mendapatkan pekerjaan tentu saja setiap orang akan mencari lowongan kerja dan juga kadang mereka ditolak ketika melamar.

 

Dalam Mencari lowongan kerja tentunya kita akan memilih lowongan yang gampang untuk kita lamar, akan tetapi yang perlu kamu ketahui Untuk bisa mendapatkan lowongan pekerjaan yang memang sesuai seperti yang kita inginkan cukuplah sulit dan juga membutuhkan persiapan yang matang agar kamu nantinya bisa diterima.

 

Pada pembahasan kali ini kami akan memberikan beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelum kamu mencari kerja agar nantinya peluang kamu diterima pada pekerjaan impian kamu lebih besar, penasaran apa saja persiapannya kamu bisa menyimak pembahasannya di bawah.

 

7 Persiapan Sebelum Mencari Lowongan Kerja 

Bikin CV Menarik

Persiapan yang pertama adalah kamu harus membuat CV terlebih dahulu, usahakan ketika kamu membuat CV buat CV tersebut menarik untuk bisa dibaca oleh HRD agar nantinya ketika kamu mencari lowongan pekerjaan dan melamarnya HRD tertarik dengan CV yang kamu buat. CV yang menarik adalah CV yang mencakup skill serta pengalaman sesuai dengan posisi yang kamu lamar.

 

Cari Lowongan Kerja Sesuai Skill

Selanjutnya adalah kamu bisa mencari lowongan kerja sesuai dengan skill dan kemampuan, setelah berhasil membuat CV yang menarik dan juga up to date maka persiapan selanjutnya adalah kamu bisa mencari lowongan pekerjaan sesuai dengan skill yang kamu punya.

 

Supaya pencarian lowongan pekerjaan kamu lebih mudah kamu bisa menggunakan fitur pencarian pada mesin pencari ataupun juga platform lowongan kerja yang kamu pilih untuk mencari lowongan kerja contohnya seperti platform TopKarir.

 

Misalnya kamu bisa memfilter hasil pencarian dengan menampilkan lowongan kerja yang ada di sekitar wilayahmu dan juga kamu bisa mencari lowongan pekerjaan sesuai dengan skill dan pengalaman kamu dengan mengetikkan keyword tertentu.

 

Lamar Lowongan Kerja Melalui Banyak Platform 

Persiapan berikutnya adalah kamu bisa mendownload beberapa platform untuk melamar kerja contohnya seperti TopKarir yang menyediakan berbagai jenis lowongan kerja yang lengkap. Atau kamu bisa Cari lowongan kerja pada beberapa website lain yang menyediakannya contohnya seperti website Jabar jawara ataupun website jaknaker.

 

Selain itu ada banyak lagi platform yang menyediakan berbagai jenis lowongan kerja dan juga terkadang perusahaan membuka lowongan kerja melalui media sosial yang sering kamu gunakan contohnya seperti LinkedIn, Instagram, dan juga Twitter.

 

Siapkan kontak yang bisa dihubungi

Selanjutnya adalah kamu bisa mempersiapkan kontak yang bisa dihubungi, kontak ini nantinya akan berperan penting ketika kamu melamar suatu pekerjaan dan HRD akan menghubungi kamu melalui beberapa cara, oleh karena itu kamu bisa memastikan dan juga mempersiapkan kontak yang bisa dihubungi oleh mereka contohnya seperti nomor telepon ataupun email.

 

Siapkan Networking 

Hal yang perlu kamu siapkan berikutnya adalah koneksi dan juga relasi, untuk mendapatkan berbagai jenis lowongan pekerjaan tidak sedikit dari kita mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan tersebut dari teman ataupun kerabat kita yang bekerja, oleh karena itu penting bagi kamu untuk menyiapkan networking kamu dan juga membangunnya dari sekarang.

 

Pastikan kamu sudah menjalin hubungan baik dengan banyak orang baik itu secara online ataupun offline agar nantinya ketika kita memerlukan bantuan kita bisa bertanya pada mereka.

 

Tingkatkan Kemampuan

Saat kamu sudah melamar padahal lowongan pekerjaan di berbagai tempat dan kamu masih ditolak ada baiknya kamu harus meningkatkan kemampuan kamu terlebih dahulu sebelum nantinya melamar pekerjaan kembali, meningkatkan kemampuan dan juga skill menjadi salah satu persiapan yang harus kamu lakukan agar saat melamar pekerjaan kamu bisa dilirik oleh HRD.

 

Di sela-sela kamu mencari lowongan pekerjaan dan juga melamar pada berbagai lowongan kamu bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk mempelajari skill baru yang nantinya akan berguna ketika bekerja. dan juga kamu bisa menemukan banyak lowongan pekerjaan yang mensyaratkanmu untuk memiliki pengetahuan tentang software tertentu dan kamu bisa mempelajarinya terlebih dahulu sebelum melamar pada lowongan tersebut.

 

Lakukan Latihan Interview 

Persiapan yang terakhir sebelum kamu mencari lowongan pekerjaan adalah kamu bisa melakukan latihan interview terlebih dahulu, hal ini berguna ketika nantinya kamu sudah melamar pada lowongan pekerjaan dan mendapatkan panggilan interview Kamu sudah siap untuk melakukannya karena kita sudah mempersiapkannya jauh-jauh hari.

 

Kamu bisa mempersiapkan diri dengan mempelajari berbagai jenis pertanyaan mengenai interview dan juga bagaimana cara menjawabnya, serta kamu juga bisa menyiapkan beberapa cerita untuk menunjukkan skill dan juga pengalaman kamu nantinya ketika proses interview.

 

Bagaimana Apakah kamu sudah mempersiapkan beberapa hal di atas? Bagi kamu yang belum mempersiapkannya, ada baiknya sebelum mencari lowongan kerja kamu bisa mengikuti beberapa persiapan di atas agar nantinya ketika kamu melamar pekerjaan kamu bisa diterima dengan mudah.

 

Namun bagi kamu yang sudah menyiapkan beberapa persiapan tersebut, kamu bisa mencari lowongan kerja impian kamu melalui TopKarir, karena di sini kamu akan mendapatkan berbagai jenis lowongan pekerjaan yang sangat lengkap.

 

Dapatkan juga informasi menarik lainnya mengenai tips karir dan juga pekerjaan hanya di TipsKarir .

 

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Persiapkan 4 Hal ini sebelum Daftar CPNS

Persiapkan 4 Hal ini sebelum Daftar CPNS

Untuk lolos seleksi CPNS tentu tak mudah, terlebih lagi minat pendaftar yang sangat tinggi setiap tahunnya. Agar kamu tidak  kelabakan saat mengikuti proses seleksi, ada baiknya kamu melakukan persiapan dari jauh-jauh hari. Nah berikut ini tips yang bisa kamu lakukan, yuk disimak ya!   Mencari informasi pendaftaran Kamu harus up to date mengenai jadwal pendaftaran dan jadwal seleksi, pastikan kamu mengetahui jumlah formasi yang disediakan oleh setiap instansi.   Sesuaikan daftar dengan pendidikan    Pastikan kamu mendaftar instansi yang sesuai dengan pendidikan yang kamu tempuh.     Persiapkan berkas untuk administrasi Kamu harus mempersiapkan semua berkas-berkas yang dibutuhkan terutama berkas yang diminta oleh instansi yang kamu lamar dan pastikan semua berkasnya lengkap sudah lengkap.   Belajar Materi Tes CPNS Sebelum melakukan tes ada baiknya kamu juga bisa belajar terlebih dahulu mengenai soal-soal yang bakal diujikan. Kamu bisa membeli buku-buku Tes Kompetensi Dasar tersebut di toko buku terdekat di kotamu  . Itulah 4 hal penting yang harus kamu siapkan sebelum mendaftar CPNS. Tetap Semangat TopKarir! Yuk temukan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya! 
Komentar