Pencari Karir Pencari Kandidat

Pelajari Skill Ini Kalo Kamu Mau Jadi Freelancer Profesional

02 Desember 2022 16:12 1526 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

 

Agar bisa menjadi seorang freelancer profesional tentunya kita harus menguasai beberapa skill mulai dari skill komunikasi hingga membuat keputusan atau decision making.

 

Dengan menguasai skill komunikasi dalam beberapa bahasa tentunya akan meningkatkan peluang kita untuk mendapatkan client tidak hanya dari dalam negeri saja, namun client dari luar negeri juga akan berdatangan untuk menyewa jasa yang kamu berikan.

 

Untuk bisa menjadi seorang freelancer profesional kamu setidaknya harus menguasai beberapa skill yang akan kami bahasa di bawah ini, jadi mari simak hingga akhir.

 

Pelajari Skill Ini Kalo Kamu Mau Jadi Freelancer Profesional

Freelancer yang profesional tentunya akan lebih dipercaya oleh client dalam menangani projects projects yang besar dalam jangka waktu panjang. Oleh karena itu kuasai beberapa skill berikut ini agar kamu bisa menjadi seorang freelance profesional.

 

Komunikasi 

Skill pertama yang harus kamu kuasai agar bisa menjadi seorang freelancer profesional adalah skill komunikasi, skill komunikasi ini akan sangat berguna baik itu ketika Mengobrol Dengan Client atau dalam proses pengerjaannya projects yang membutuhkan koordinasi dengan client.

 

Untuk menjadi seorang freelancer yang profesional setidaknya kamu harus bisa menguasai skill komunikasi dalam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia, dan bahagia Inggris.

 

Kamu bisa melatih skill komunikasi ini dengan cara mengikuti course gratis atau belajar secara otodidak di internet, karena saat ini sudah banyak tips agar kamu bisa memiliki skill komunikasi yang baik.

 

Manajemen Waktu

Menjadi seorang freelancer profesional tentunya kamu wajib menguasai skill manajemen waktu, skill ini tentunya akan sangat terpakai oleh kamu baik itu dalam bekerja atau memanajemen kesibukan sehari-hari.

 

Dengan menguasai skill ini kamu akan bisa mengatur jam kerja sebagai freelance menjadi lebih teratur dan balance dengan kehidupan sehari-harimu. 

 

Kamu juga bisa memanfaatkan tools untuk memanajemen waktu contohnya dengan menggunakan Google Calendar atau Keep dan menuliskan to do list atau daftar pekerjaan freelance apa yang akan kamu kerjakan di Setiap jam atau harinya.

 

Negosiasi

Skill yang harus kamu kuasai berikutnya kalau mau jadi seorang freelance profesional adalah skill negosiasi, skill ini akan sangat berguna dan sering kamu lakukan terutama pada saat melakukan negosiasi harga jasa. 

 

Saat kamu memiliki skill ini maka dalam projects pemesanan jasa akan lebih mudah dan tidak mendapatkan halangan yang berarti. Selain digunakan pada saat proses negosiasi harga jasa, biasanya skill Negosiasi juga akan banyak digunakan pada saat kamu memasarkan jasamu pada client.

 

Peran skill negosiasi ini saat krusial dalam proses mendapatkan client, kalo kamu baik dalam negosiasi nya maka client pasti akan tertarik menyewa jasa yang disediakan. Sebaliknya jika skill negosiasi kamu buruk maka client tentunya tidak akan tertarik dan lebih memilih mencari jasa lain.

 

Cepat Adaptasi 

Menjadi seorang freelancer profesional tentunya dituntut untuk bisa cepat beradaptasi dalam segala kondisi, menjadi seorang freelance tentunya kita bisa saja melanjutkan project yang sudah dikerjakan oleh orang lain jadi jika kamu tidak bisa beradaptasi dengan baik di pekerjaan tersebut tentunya akan mengganggu jalannya pekerjaan tersebut.

 

Dengan memiliki skill adaptasi yang baik juga kamu bisa lebih cepat berbaur dengan lingkungan tempat kerja kamu dalam mengerjakan suatu project, karena seperti yang kita tahu seorang freelancer tidak akan menetap dalam satu lingkungan kerja saja, akan tetapi sering berpindah-pindah tempat pekerjaan.

 

Kamu akan mendapatkan banyak manfaat ketika skill sini sudah kamu kuasai, mulai dari Mendapatkan client lebih banyak, teman sesama freelancer, hingga lingkungan kerja yang baik.

 

Decision Making

Skill terakhir yang harus kamu kuasai jika ingin menjadi seorang freelancer profesional adalah skill decision making atau membuat keputusan, karena freelance cenderung bekerja sendiri dan tidak memiliki tim serta atasan. Maka segala bentuk keputusan harus bisa diambil sendiri oleh karena itu skill ini sangatlah penting dan wajib dikuasai oleh seorang freelance jika ingin menjadi freelancer profesional.

 

Selain berguna saat bekerja, skill ini juga akan berguna ketika kamu memilih client mana yang memang memberikan pekerjaan yang layak dan upah yang besar, jika kamu tidak memiliki skill ini bisa saja kamu malah akan tertipu dan tidak mendapatkan bayaran atas apa yang kamu kerjakan.

 

Skill decision making ini biasanya akan dimiliki setiap orang, karena sejatinya manusia tentunya memiliki kecurigaan akan segala sesuatu dan akan memilih pilihan mana yang terbaik, namun kamu juga bisa melatih skill ini dan lebih meningkatkannya dengan cara mengikuti berbagai komunitas dan organisasi, serta sering berinteraksi Dengan banyak orang di suatu acara tertentu.

 

Kesimpulan 

Menjadi seorang freelancer profesional tentunya bukan hal yang mudah, kamu harus bisa menguasai skill untuk menunjang kamu dalam bekerja. Adapun untuk beberapa skill yang harus dikuasai kamu bisa melatih skill skill yang sudah kami bahas diatas tadi.

 

Bagi kamu yang saat ini mencari informasi mengenai lowongan kerja freelance, kamu bisa mengunjungi TopKarir. Disini kamu bisa mendapatkan informasi mengenai berbagai lowongan kerja baik itu freelance, full time, hingga part time yang bisa membuat kamu mendapatkan pengalaman kerja lebih dan menjadi seorang profesional.

 

Selain itu kamu juga bisa membaca berbagai informasi menarik lainnya seputar dunia karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

Komentar