KANDIDAT PERUSAHAAN

Keahlian yang Wajib Dimiliki Seorang Staff Administrasi

24 Juni 2021 05:06 301266 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 89 KALI DIBAGIKAN

Staff administrasi adalah sebuah profesi yang umum dibutuhkan perusahaan dengan tugas mengorganisir dan memastikan kegiatan yang bersifat administratif atau ketatausahaan perusahaan berjalan dengan baik dan lancar.

 

Lebih spesifik lagi seorang admin erat dengan kegiatan surat menyurat, pencatatan, menyusun dan memasukkan data, pembukuan, mengatur agenda dan hal-hal lain yang sifatnya teknis demi mendukung pencapaian tujuan organisasi.

 

Jadi pegawai administrasi sebenarnya susah-susah gampang lho, kamu dituntut suka dengan ketelitian, detail dan kerapihan.

 

Karena kebutuhan akan staff administrasi sangat tinggi, peluang karir di bidang ini sangat menjanjikan pastinya. Banyak lowongan pekerjaan untuk posisi administrasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

 

Tapi, sebelum memutuskan untuk melamar kerja di posisi ini, kamu perlu tahu apa aja sih keahlian yang harus dimiliki seorang staff administrasi.

 

Lagi cari lowongan kerja di wilayah Cimahi? Temukan selengkapnya di sini.

 

Memahami fungsi microsoft office

Tugas seorang staff administrasi salah satunya mengorganisir dan memasukkan data-data perusahaan, untuk itu kamu wajib menguasai setidaknya dasar microsoft word, microsoft excel, microsoft power point.

 

Selain itu kamu juga harus up to date dengan perkembangan teknologi untuk menyeimbankan keterampilan dengan teknologi yang tersedia sekarang, jadi kamu sudah akrab dengan software dan tools kekinian.

 

Kemampuan komunikasi yang baik

Sebagai staff administrasi di kantor kamu akan berinteraksi dengan banyak orang, baik dari level karyawan sampai atasan.

 

Untuk berkoordinasi dengan banyak orang membutuhkan keterampilan komunikasi yang baik dan efektif agar pekerjaan semakin jelas dan terarah.

 

Selain itu nggak menutup kemungkinan kamu akan berhadapan dengan klien untuk memastikan agenda perusahaan.

 

Kemampuan menulis

Keahlian lainnya yang perlu kamu kuasai adalah menulis, kamu akan banyak berhadapan dengan kegiatan surat menyurat dan mencatat. Untuk itu diperlukan keahlian menulis yang baik.

 

Keahlian ini bisa kamu pelajari dengan membaca, memperbanyak referensi kosa kata sehingga pesan yang kamu sampaikan dapat dibaca dan dipahami dengan baik.

 

Manajemen waktu yang baik

Keahlian ini sebenarnya juga wajib dimiliki siapapun, mengatur waktu dengan baik akan meningkatkan efisiensi pekerjaan.

 

Menjadi staff admin memerlukan ketelitian dan kedisiplinan yang tinggi dalam mengatur waktu karena seringkali perusahaan membutuhkan data dalam waktu singkat.

 

Oleh karena itu kamu wajib menyusun skala prioritas untuk menentukan pekerjaan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

 

Lagi cari lowongan kerja di wilayah Bojonegoro? Temukan selengkapnya di sini.

 

Memperhatikan detail dan ketelitian

Staff administrasi itu wajib banget perfeksionis dalam hal kerapian data mengingat sedikit saja kesalahan akan berakibat fatal.

 

Misalnya kamu seorang staff administrasi keuangan yang diberi tugas menginput pengeluaran beban operasional, satu angka yang luput dari ketelitian akan berimbas besar bagi kondisi keuangan perusahaan.

 

Apalagi kalau dilakukan berulang-ulang tentu hal ini akan mengancam posisi kamu sebagai karyawan. Jangan sampai ketidaktelitian membuat kamu kehilangan pekerjaan ya!

 

Itu tadi 5 keahlian yang wajib dimiliki seorang staff administrasi. Yuk temukan tips-tips dan informasi seputar karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang ya.

Komentar