Pencari Karir Pencari Kandidat

Ini Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan Aktif atau Tidak

23 Juni 2021 12:06 33006 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 10 KALI DIBAGIKAN

Cek BPJS Ketenagakerjaanmu, aktif atau tidak ya? - Memasuki masa pandemi Covid-19, pemerintah telah banyak mengeluarkan bantuan, salah satunya seperti Bantuan Subsidi Upah (BSU) untuk para pekerja. 

 

Bantuan ini diberikan senilai Rp 2,4 juta yang akan disalurkan selama dua bulan kepada para pekerja. Adapun syarat untuk mendapatkan BSU adalah pekerja yang memiliki gaji di bawah 5 juta, WNI, terdaftar sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan terhitung pada Juni 2020, memiliki rekening dan bukan karyawan BUMN atau PNS.

 

Nah, supaya kamu bisa memastikan apakah termasuk salah seorang yang mendapatkan Bantuan Subsidi Upah karena BPJSnya masih aktif, berikut cara cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak yang bisa kamu ikuti. 

 

Baca juga: 6 Keuntungan Jadi Pegawai Kantoran

 

Cek melalui aplikasi BPJSTK Mobile

Langkah untuk cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak melalui BPJSTK Mobile adalah sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi BPJSTK Mobile di smartphone kamu kemudian registrasi untuk mendapatkan pin
  • Syarat registrasi di aplikasi BPJSTK Mobile antara lain Nomor KPJ (tertera di kartu BPJS Ketenagakerjaan), NIK e-KTP, dan tanggal lahir, dan nama
  • Setelah terdaftar dan login, peserta dapat mengetahui status kepesertaan BPJAMSOSTEK. Selanjutnya pilih "Kartu Digital".
  • Setelah muncul tampilan kartu digital BPJS Ketenagakerjaan, klik di tampilan tersebut
  • Bagian bawah kemudian akan memperlihatkan status kepesertaan BPJS TK (aktif/tidak aktif)

 

Baca juga: Mengenal Jenis Kompensasi untuk Karyawan

 

Cek melalui situs

Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan Kamu Masih Aktif atau Tidak melalui situs BPJSTKU, adalah:

  • Pertama, login dengan email dan password
  • Setelah masuk, kemudian pilih menu layanan
  • Jika belum registrasi, masuk ke website yang sama, lalu pilih menu registrasi
  • Selanjutnya, isi formulir sesuai dengan data nomor KPJ Aktif, nama, tanggal lahir, nomor e-KTP, nama ibu kandung, nomor ponsel, dan email
  • Setelah berhasil, Anda akan mendapatkan PIN yang dikirim melalui email dan SMS dari nomor ponsel yang didaftarkan
  • Gunakan PIN tersebut untuk melakukan log in

 

Baca juga: KEAHLIAN YANG WAJIB DIMILIKI SEORANG STAFF ADMINISTRASI

 

Cek melalui pesan singkat (SMS)

 

Mengecek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak juga bisa lewat SMS atau pesan singkat lho. Langkahnya adalah sebagai berikut:

Ketik DAFTAR (spasi)SALDO#Nomor KTP#NAMA#Tanggal lahir#Nomor peserta, lalu kirim ke 2757. Untuk tanggal lahir gunakan format hari, bulan dan tahun.

 

Temukan informasi lowongan kerja ter-update dan rencanakan karir hebatmu di TopKarir. Download aplikasinya gratis di App Store dan Play Store ya.

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Tips Anti Burnout Untuk Millennial

Tips Anti Burnout Untuk Millennial

Kalau kamu mulai merasa kelelahan baik mental maupun fisik akibat tekanan kerja yang berat, itu artinya kamu terkena burnout syndrome. Kondisi ini berakibat pada menurunnya performa kerja dan kesehatan. Kamu selalu merasa kelelahan meski melakukan pekerjaan kecil sekalipun. Millennial sangat rentan mengalami burnout syndrome, sebab harus memikirkan pekerjaan dan kehidupan pribadi dalam waktu bersamaan. Belum lagi jam kerja yang tidak menentu. Nah, untuk kamu yang merasa burnout, simak tips-tips berikut untuk mengatasinya.     Bekerjalah sesuai kemampuan tanpa tekanan   Sebaiknya setiap pekerjaan dilakukan dengan memperhatikan batas kemampuan. Kamu tidak perlu bekerja secara sempurna melainkan efektif. Jangan biarkan dirimu tertekan karena ambisi.     Perhatikan kondisi fisikmu dengan beristirahat   Jangan paksakan fisikmu ketika lelah dengan aktivitas kerja yang berat. Lebih baik beristirahat untuk mengembalikan konsentrasi dan energi dibanding harus memaksakan fisik bekerja terus tanpa henti. Yang ada kamu stres dan mudah emosi.     Sempatkan kumpul-kumpul bareng teman   Hangout bareng sahabat diluar jam kerja bisa bikin pikiranmu lebih fresh. Selain itu berbagi cerita akan membuat pikiranmu jadi lebih lega, siapa tau mereka bisa kasih solusi untuk masalah burnout-mu. Karena hidup bukan cuma soal kerja dan kerja, kamu harus menyeimbangkan dengan kehidupan sosial juga.     Buat agenda pekerjaan harian   Sebaiknya kamu mulai membuat rencana harian, pekerjaan apa yang harus kamu selesaikan. Dengan begitu pekerjaanmu bisa lebih terkontrol dan tidak keteteran jika ada pekerjaan dadakan.     Agendakan liburan   Setelah bergelut dengan kerjaan, tugas, deadline, ada baiknya kamu merencanakan liburan untuk mengembalikan pikiran dan melepas penat. Pekerjaan yang dilakukan saat kondisi lelah malah akan membuahkan hasil yang kurang maksimal. Jadi jangan ragu mengajukan cuti ya Sahabat TopKarir.   Itu dia 5 tips mengatasi burnout syndrome buat para millennial. Yuk temukan informasi dan tips-tips seputar karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang juga. 
Komentar