KANDIDAT PERUSAHAAN

Contoh Pertanyaan Wawancara untuk Posisi Staff Administrasi

29 Juni 2021 08:06 648944 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 194 KALI DIBAGIKAN

Siapa nih Sahabat TopKarir yang lagi cari kerja? Atau sudah menerima panggilan wawancara? Pekerjaan sebagai staf administrasi boleh lho dicoba sebagai batu loncatan untuk mengembangkan karir.

 

Staf administrasi bertugas mengorganisir hal-hal yang sifatnya administratif atau ketatausahaan untuk mendukung kegiatan operasional perusahaan.

 

Staf admin akan mengurus kegiatan surat menyurat, pencatatan, menyusun dan input data, pembukuan, mengatur agenda, menelepon dan hal-hal lain yang sifatnya teknis.

 

Sama seperti posisi kerja lain, sebelum dipilih menjadi karyawan, calon staf administrasi harus melewati beberapa tahapan terlebih dulu, salah satunya wawancara.

 

Interview/wawancara kerja umumnya dilakukan setelah kamu melewati tahapan awal seperti, seleksi berkas, tes potensi akademik maupun tes psikologi.

 

Supaya tahap wawancara kerja berjalan dengan baik, simak yuk beberapa contoh pertanyaan yang bisa kamu pelajari.

 

Ada lowongan kerja di SICEPAT EXPRESS INDONESIA, cek info selengkapnya dan lamar di sini.

 

Ceritakan Tentang Diri Anda

Pertanyaan ini umum diberikan di dalam sesi wawancara untuk posisi dan perusahaan manapun. Ketika mendapat pertanyaan ini, jawablah dengan menceritakan secara singkat tentang diri kamu.

 

Kuncinya, jawab dengan ringkas namun tetap informatif, yang terpenting jujur. Ceritakan profil singkat kamu, target dan tujuan kamu di masa depan.

 

Lalu, tambahkan kalimat di bagian akhir yang menjelaskan faktor yang mendorong kamu memilih perusahaan ini dan alasan kenapa kamu cocok untuk posisi staff administrasi di perusahaan tersebut.

 

Apa Kekurangan dan Kelebihan Anda?

Kenali apa yang menjadi kelebihan kamu terkait pekerjaan sebagai staff admin. Sebagai staff administrasi kamu wajib memiliki ketelitian yang tinggi, manajemen emosi dan waktu yang baik, serta kesabaran.

 

Selain skill wajib, prestasi dan sertifikasi yang bisa mendukung pekerjaan kamu sebagai staff admin juga bisa kamu ceritakan, seperti sertifikasi pelatihan Microsoft Excel, pelatihan Bahasa Inggris, dll.

 

Disamping kelebihan, setiap individu pasti punya kekurangan, kenali juga apa yang menjadi kekuranganmu. Saat mendapat pertanyaan ini, jawablah dengan jujur apa kelemahanmu, tapi lengkapi dengan kalimat yang menyatakan bahwa kamu punya cara dan berusaha untuk mengubah/memperbaikinya.

 

Misalnya, “kelemahan saya yakni pelupa, karenanya setiap hari saya selalu mencatat apa yang harus saya kerjakan dan menulis semua informasi yang saya dapat di dalam notes secara detail”.

 

Buat kamu lulusan SMA, piihan lowongan kerja buat kamu ada di TopKarir, temukan di sini.

 

1. Kenapa Kami Harus Memilih Anda?

Pertanyaan ini diajukan oleh perekrut dengan tujuan ingin memastikan bahwa kamu adalah kandidat yang tepat untuk perusahaan.

 

Pastikan jawabanmu bisa meyakinkan perekrut kalau kamu mampu berkontribusi dan memecahkan permasalahan yang ada di perusahaan.

 

2. Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Kami?

Untuk menjawab pertanyaan ini, sebelum menghadiri interview atau bahkan sebelum mengirim lamaran pekerjaan, pelajari dulu seluk beluk perusahaan.

 

Cek situs resmi milik perusahaan, ketahui perusahaan itu bergerak di bidang apa, visi dan misi serta latar belakang perusahaan. Kamu juga bisa bikin catatan kecil dan berlatih menjawab pertanyaan ini sebelum menghadiri sesi wawancara nanti.

 

Cari lowongan kerja di wilayah Denpasar? Temukan selengkapnya di sini.

 

3. Mengapa Anda Ingin Bekerja Sebagai Staff Administrasi di Perusahaan Ini?

Berikan alasan yang kuat ketika kamu menjawab pertanyaan ini. Hindari jawaban karena ingin menambah pengalaman. Jelaskan bahwa kamu punya kompetensi dan kemauan untuk bekerja sebagai staff administrasi dan berkontribusi untuk bersama mencapai tujuan perusahaan. 

 

Fokus untuk menjual keterampilan kamu yang bisa mendukung kegiatan dan tugas seorang staff administrasi. Jangan lupa hubungkan tujuan karir kamu dengan peluang yang diberikan oleh perusahaan.

 

4. Apa yang Anda Ketahui Tentang Administrasi?

Sebelumnya kamu juga harus sudah menguasai apa tugas dan tanggung jawab seorang staff administrasi secara umum. Juga keahlian yang perlu kamu miliki untuk bekerja di posisi tersebut. 

 

Itu tadi beberapa contoh pertanyaan wawancara kerja untuk posisi staff administrasi yang bisa kamu jadikan panduan. Di era New Normal ini persaingan kerja semakin ketat lho, dibutuhkan skill dan kemampuan yang terus berkembang untuk jadi yang terbaik. Cara praktis untuk mengasah kemampuanmu adalah dengan mengikuti pelatihan online di TopEdu, yuk mulai pelatihanmu sekarang!

 

Cari tahu tips-tips dan info seputar karir lainnya di aplikasi TopKarir. Temukan lowongan kerja ter-update dari perusahaan impianmu di siniDownload aplikasinya gratis di Play Store dan App Store ya.

 

Komentar